Sabtu, 21 April 2012

Umur Ideal Masuk Sekolah Dasar

Tak terasa, tahun ajaran baru akan segera berganti ya, anak-anak sekolah pun sudah mulai sibuk belajar untuk persiapan kenaikan kelas. Para orang tua yang memiliki anak yang duduk di TK b pun sudah bersiap-siap mencari sekolah dasar untuk si buah hati. Yah, setelah lulus dari TK b, jenjang pendidikan anak selanjutnya adalah SD. Seharusnya memang demikian ya, tapi bagaimana jika usia anak setelah lulus Tk ternyata belum mencukupi untuk bisa masuk SD...?

Nah, masalah ini lah yang sebenarnya sedang menggelayuti pikiranku beberapa bulan belakangan ini. Zidane sekarang usianya 5 tahun 9 bulan, bulan juli mendatang umurnya pas 6 tahun. Saat ini dia duduk di TK b, alhamdulillah sudah bisa membaca dengan lancar, menulis walaupun tulisan nya belum rapi, berhitung dan mengenal konsep penjumlahan ataupun pengurangan pun sudah bisa.

Seharusnya sih memang sudah bisa masuk SD. Tapi yang menjadi masalah bahwa banyak SD di Batam yang lumayan ketat untuk urusan usia anak saat masuk sekolah dasar.

Beberapa sekolah swasta favorit yang ada di dekat rumah ku mengharuskan umur anak minimal 6,4 th saat bulan juli nanti. Sementara untuk sekolah dasar negeri, umur anak harus 7 tahun. Melihat usia zidane jelas tak bisa kalo untuk masuk ke SD negeri . Kalo sekolah swasta kira-kira bisa nggak ya...?

umur zidane baru 5,9 tahun, tapi banyak yang bilang besar badannya sudah seperti anak kelas 2 SD

Akhirnya aku mencoba mencari tahu tentang sekolah swasta favorit yang ada di dekat rumahku.
Kebetulan di dekat rumah ada seorang tetangga yang mengajar di sana, namun begitu tahu bahwa umur Zidane bulan juli mendatang baru 6 pas, dia malah menasehatiku untuk tak buru-buru mendaftarkan zidane, karena umurnya jelas masih kurang dan dia menjamin tak mungkin bisa masuk ke sekolah itu.

Kemudian aku coba beralih ke sekolah lain, sekolah swasta favorit juga, dan lagi-lagi aku di buat kecewa karena pihak sekolah benar-benar tak bisa menerima murid yang usianya di bawah 6,4 th.

Aku benar-benar di buat bingung dengan hal ini, memang sih tak semua sekolah swasta menerapkan aturan ketat begini. Ada juga sih sekolah yang mau menerima anak yang usianya masih 5,5 tahun ataupun 6 tahun, tapi sekolah itu mutunya nggak terlalu bagus, kalo nekat menyekolahkan zidane ke sana kok rasanya nggak tega ya. Bukan nya aku mau sok....ya sebisa mungkin kan mencari sekolah yang mutu nya bagus kan....apalagi kalo untuk anak, orang tua di manapun pasti menginginkan yang terbaik untuk putra-putri nya kan...?

Seorang teman menyarankan ku untuk mendaftar lewat jalan belakang....tapi apakah memang harus begitu yah...? Ah, entahlah....aku sendiri masih bingung.

Kalo harus menunggu setahun lagi rasanya kok terlalu lama ya, tapi mau mendaftar di tahun ini kok juga nggak segampang dugaanku ya...

Sahabat pernah mengalami hal seperti ini...? kira-kira apa ya yang harus ku lakukan..?

Sekedar catatan : untuk urusan baca tulis ataupun berhitung, alhamdulillah zidane sudah lancar, tapi kadang aku merasa Zidane itu kemandirian nya  masih sangat kurang, masih malas-malasan, masih manja, dan belum mengerti tanggung jawabnya dalam hal belajar.

Untuk urusan belajar si mami harus merayu nya, membujuk-bujuknya dengan kesabaran yang ekstra. Zidane lebih suka bermain daripada belajar.....kadang ada kekhawatiran juga di hatiku, apakah zidane sudah benar-benar siap masuk SD, mengingat sifat nya yang masih kekanakan seperti itu...?

Benar-benar deh...jadi orang tua ternyata nggak gampang ya....?




83 komentar:

  1. wau..nama anakx keren lho, tp mgkn lbh keren klo pake Muhammad didepanx.., :)

    pilih sekolah hrs yg bermutu Bun..,mgkn msh ada sekolah yg bs diajak bernegosiasi lagian umur Zidane kan tnggl bbrp bulan lg 6 tahun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan nama depan nya juga muhammad kok....muhammad zidane radin daffa nama lengkapnya.

      terimakasih kunjungan nya ya...

      Hapus
  2. Xixixiixi... kalo aku yang jadi Zidane, aku minta disekolahin ke SD mbak hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo zidane sih memang maunya juga sekolah....tapi dia belum tahu aja tuh kalo masuk SD tanggung jawab belajarnya juga lebih besar daripada waktu TK.

      Hapus
  3. Badan Zidane bongsor banget ya :) kayaknye lebih gede ZIdane dari pade Nay...hihii

    Ikutan puyeng nih, maaf bun, kaga bisa bantu soalnye aye juga belon punye anak alias nikah :) moga segera mendapat solusi yang bae ya bun ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti nay ini imut donk....hehe...

      jangan puyeng ah nay....ntar aku di marahain babe nya nay lho...

      Hapus
  4. waha, ga usah takut Mi, Zidane badannya udah gede ini, ga bakal ada yang berani macem-macem temennya .. hehe
    Peace

    adekku yang kedua dulu begitu juga Mi, akhirnya dia masuk SD yang kurang bagus dulu setengah tahun, baru semester berikutnya pindah ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...meskipun badan nya gede...zidane itu masih suka nagis lho es...

      o..gitu ya..jadi akhirnya masuk SD yang bagus kan..?

      Hapus
    2. Oh gitu yah si Zidane .. hehe
      mungkin karena emang umurnya masih kecil,
      tapi menurutku kalo untuk pandangan pertama sih Zidane cukup meyakinkan untuk bikin temen2nya segen .. hehe

      iya, SD negeri yang bagus Mi

      Hapus
  5. Wah, kita sama-sama sedang disibukkan dengan urusan sekolah anak nih, Mi. Cuma bedanya, kalo anak saya baru mau masuk PAUD. Hehe... baru 3 tahun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak, tahun ajaran baru pasti membuat sebagian orang tua sibuk menentukan sekolah anak ya..

      Hapus
  6. Jadi anak sekolah sekarang nantinya kalo sudah SMU terasa lebih tua ya, hehehe..
    Beda sama jaman yg umur 5 thn sudah boleh sekolah, terkadang malah sudah lulus SMU pun terasa masih kepingin main saja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, her...peraturan masuk sekolah makin ribet aja ya...

      Hapus
    2. belum ngebandingin juga sih sama sekolah di negri lain :)
      yg terpenting peraturan baru itu bukanlah peraturan coba2 aja ya..

      Hapus
  7. kalau menurut saya, untuk tingkat SD masih bisa ditolerir untuk masalah mutu...sekarang tinggal bagaimana pendampingan orangtuanya....jadi gak masalah bu jika anaknya hanya bisa bersekolah di sekolah "biasa".

    Salam Zidane ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul juga ya,tapi kalo bisa sih kepingin nya yang bagus sekalian kan..salam....

      Hapus
  8. wah, aturan skrg emang rada ribet, dulu umur 6 taon bhkan kurang dikit udh bisa masuk SD :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya...memang lebih ribet di bandingkan jaman saya kecil dulu.

      Hapus
  9. kayaknya kalau masih usia Tk atau jelang masuk SD kebanyakan masih manja dan ngaleman, keponakan saya juga gitu. Bangun pagi susahnya minta ampun...mungkin asih masa transisi dr masa yg full utk bermain kemudain beralih pada ritme yg ada jadwal (tanggung jawab)

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti sama kayak zidane tuh mbak...setiap pagi emaknya musti teriak-teriak dulu setiap membangunkan...kalopun udah bangun, disuruh mandi juga leletnya minta ampuun....mungkin benar kata mbak ririe...anak-anak yang begitu karena masih berada di masa transisi dari balita ke usia sekolah ya...

      Hapus
  10. ternyata zidane masuk SD juga ya sama seperti Pascal. pascal juli nanti 6thn 4 bulan Allhamdulillah bisa masuk.
    kalau disini buleh masuk mbak kan juli nanti zidane genap 6thn. kalau kurang dari itu psikolog menyarankan menunda masuk SDnya walauoun si anak mampu tapi dari segi kematangan akan berbeda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo disini masalah usia anak lumayan ketat mbak, makanya saya masih bingung juga apakah bisa masuk SD atau tidak

      Hapus
  11. Melihat fotonya sepertinya memang tidak sesuai dengan umurnya.kalau hanya melihat bentuk fifiknya saja pastinya kecele yah...
    Semoga nantinya mendapatkan sekolah yang diinginkan aamiin.
    Anak saya baru berumur 3 tahun sahabat, masih di PAUD

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, memang selama ini banyak yg kecele kok...
      terimakasih kunjungannya ya

      Hapus
  12. ikut prosedur aja mbk.., lagian klo terlalu cepat jg gk baik tp klo terlambat jg ga baik.., prosedur yg ditetapkan oleh pihak sekolah itu sdh pasti dgn pertimbangan yg matang dgn memperhatikan segala Aspek.., jd klo mau amanx ikut prosedur aja.., *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, maunya sih seperti itu ya, makasih kunjungannya ya

      Hapus
  13. aku juga punya ponakan yg tahun ini masuk sekolah bun cuma anehnya dia ngk mau SD dia maunya sekolah SMA yg dkat sama rumahnya.. wahh lebih parah kan bun sakit kpla org tuanya buat jlsin ke dia hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, mau langsung masuk SMA ya, anak2 memang lucu ya

      Hapus
  14. wah kita sama ternyata, mbak. anakku juga pas mau masuk sd dengan umur 6 tahun kurang satu bulan ...
    *maaf ga bisa bantu jawab pertanyaannya. referensi ga memadai*
    just follow your heart, maybe?
    semoga yang terbaik untuk zidane ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya allah mbak, semoga bisa menentukan yang terbaik buat zidane

      Hapus
  15. cuma nyimak gk bisa ngsih pendapat alnya masih lebih muda nie , tkut gk sopan ma yg tua...d

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak papa, makasih kunjungannya ya

      Hapus
  16. Balasan
    1. monggo, silahkan, makasih sudah mampir

      Hapus
  17. takut slah kash pendapat xixi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. it's ok, makasih kunjungannya ya

      Hapus
  18. hebat euy udah bisa baca dan berhitung! Aku dulu umur tiga tahun udah ngebet banget pengen sekolah karena lihat sepupu-sepupu pada sekolah semua. Kebetulan tinggalnya berendengan, jadi sama tanteku aku dibikinin seragam merah putih sama pramuka trus tiap hari ikut nganter sepupu2ku sekolah...ngamuknya di mobil karena mereka semua turun aku-nya nggak hehe...Mungkiiiin dibawa santai aja kali yaaa? kalo emang belum boleh masuk SD coba diterusin aja tk-nya sambil terus diajarin juga di rumah..ntar pas masuk sekolah paling pintar deh hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih saran nya ya mbak, insya allah bisa jadi bahan pertimbangan buat saya mbak

      Hapus
  19. Waaaaaah. Padahal aku dulu masuk SD umur 6 tahun kok. :( Hmmm. Mungkin Zidane harus merantau. #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. zidane di batam itu ini udah merantau lho ayu....kami asli dari jawa kok...

      harus merantau kemana lagi donk...hehehe..

      Hapus
  20. Jadi orangtua bijak emang butuh perjuangan ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak,dan ternyata nggak gampang ya untuk bisa bijak...

      Hapus
  21. Seharusnya sudah bisa jika sudah tamat TK . Semoga aja nanti ada sekolah yang mau menerima.

    BalasHapus
  22. terinspirasi oleh zidane zidan pranciss yah hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. emaknya ngefans sama zinedine zidane.....hahaha...

      Hapus
  23. waktu Rafi mau masuk SD juga umurnya masih 5 thn 10 bln
    tadinya mau ditunda masuk SD nya tapi mungkin krn Rafi udh di TK 3 thn dia bosan dan pengen cepet2 msk SD sampai nangis2.
    jadilah aq daftarkan di swasta dan diterima
    tapi pas pendaftaran aq iseng masukin ke sekolah negeri
    dan gak disangka2 Rafi diterima pdhl aq gak masuk lwt belakang,kyknya panitianya salah menghitung usia rafi kalai ya..? bener2 keberuntungan
    jadinya yg swasta aq lepas dan msk ke SD negeri yg memang lumayan favorite juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti rejeki nya rafi tuh mbak....panitianya salah menghitung umur rafi ya....hihi....

      Hapus
  24. Zidane-nya sendiri mau gak masuk SD?
    Affiq dulu masuk SD juga seusia Zidane, dia lahir 9 Juli. Sebenarnya agak susah nyari SD tapi karena dia sudah bosan di TK jadi dimasukkan ke SD juga. Yang mau terima waktu itu SD Inpres, SD-nya sekarang.

    Sebenarnya seperti Zidane, dia sampai sekarang pun masih susah disuruh belajar (sekarang kelas 5) tapi sebenarnya dia bisa nangap pelajarannya.

    Jadi sekarang mami Zidane mengambil langkah apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zidane sendiri sih mau mbak, tapi saya sendiri masih bingung mbak, apakah jadi atau tidak mendaftarkan zidane sekolah, karena teman-teman TK zidane yang umurnya hampir sama, rata-rata juga orang tuanya masih bingung seperti saya.

      Hapus
  25. Balasan
    1. hehe...terimakasih sudah mampir ke sini ya..

      Hapus
  26. kata aku sih bu , mnding di masukin SD skrg itu juga kalo zidane nya bner2 pengen banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm...gimana ya...saya masih bingung nih...

      Hapus
  27. zaman sekarang mau masuk sekolah saja banyak aturannya ya,kalo waktu saya SD umur saya baru 6 tahun :D
    sedikit saran bu kalau menurut saya mendingan zidane di masukin kurusus dulu sambil nunggu umurnya memungkinkan untuk masuk SD

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga pernah kepikiran untuk masukkin kursus dulu, tapi nanti di pikirkan lagi deh apakah itu solusi terbaik atau bukan....terimakasih saran nya ya...

      Hapus
  28. Omah.. Gmn Tulisan saya mengenai Figur perempuan.. salah gak ya..hehe

    BalasHapus
  29. Ya begitulah, Mi, jadi orangtua itu repot, tapi senang. Bermain itu dunia yang paling menyenangkan buat anak daripada belajar. Tapi di situlah letak tantangannya, bagaimana membujuk anak agar belajar hehehe...
    Semangat, Mi.

    Oh iya, dek Zidane itu kayak ponakanku, badannya bongsor :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul wury, membujuk anak untuk belajar memang sesuatu hal yang penuh tantangan

      Hapus
  30. Waduh, dilema ya Mbak kalau gitu.heheh
    padahal secara kemampuan adek Zidane udah bisa masuk
    Semoga dimudahkan segala urusan dan jalannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, memang dilema....makasih kunjunga nya ya...

      Hapus
  31. Kalau mau masuk sekolah favorit ya sebaiknya tunggu sampai umurnya memenuhi syarat.
    Untuk menunggu tahun depan bisa di ikutikan kursus ini-itu kan. Misalnya TPA atau kursus musik.

    Saya juga heran, saya lahir tahun 1950, tapi kelas 1 SD kok tahun 1958 ya he he he he, apa administrasinya belum rapi jaman dulu itu.

    SD saya dulu kan hanya itu satu-satunya wong di kampung kok. Jadi gak ada pilihan SD favorit atau SD biasa2 saja.

    Alhamdulillah jadi jenderal juga.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti pakdhe masuk SD nya umur 8 tahun ya....hihi...paling gede di kelas donk...

      biarpun nggak sekolah di SD favorit tapi tetap bisa jadi jenderal ya pakdhe.....saya juga mau kalo zidane jadi jenderal besar seperti pakdhe nih....hehe...

      salam hangat untuk pakdhe dan keluarga...

      Hapus
  32. barengan sama Nai nih mau masuk SD ya.. Kl di Jkt, swasta antara umur 5,8 s/d 6 tahun.. Kalo di bawah itu gak terima atau hrs ada catatan dr psikolog dulu yg menyatakan si anak siap masuk sklh.. Kira2 di Batam ada yg spt itu gak bun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh, ada ya sekolah yang mengharuskan syarat seperti itu...? saya malah baru denger nih....di batam kayaknya nggak ada yang seperti itu, pokoknya kalo umurnya di bawah standar ya nggak di terima, meskipun bisa baca tulis.

      Hapus
  33. Bundaa...:)
    siang2 mampir dimari, sape tau ada postingan baru..hehehe
    miss yuu :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe....makasih ya nay udah nyempetin mampir kesini..

      Hapus
  34. wah badan zidan gede,tapi umunya masih kecil.
    lam kenal mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal balik mbak...makasih kunjungannya ya...

      Hapus
  35. Aku dulu masuk SD 5 tahun 6 bulan, dan SDku sekolahnya gak gitu bagus hihihi.
    Gak gampang ya jadi ortu?
    Wah harus siap siap nih wekeke

    BalasHapus
  36. wah, berarti masuk SD nya masih muda banget yo un....?

    BalasHapus
  37. iya bund....d'arin aja besok juni sudah 4 th
    belum tak masukkan TK, takut gak bisa masuk SD
    hehehe

    BalasHapus
  38. sama bun... anak saya malahan bulan 10 ini baru 6th. jadi kl masuk SD, dia masih umur 5th9bulan ya (bulan juli ya masuknya.
    Terlalu banyak peraturan ya bun.. saya juga bingung. Kl guru TK udah buat statement dia mampu masuk Sd. Aku testkan ke psikolog segala, katanya mampu masuk Sd.
    Lha tapi peraturan di sini harus min 6th pas... susah...

    BalasHapus
  39. terimakasih, masih juga dengan kepelikan usai. Anak saya gege .. pas 2 juni .. 6 tahun.. mau masuk sd di desanya sidoarjo. tapi katanya minim 6,5 th. itu pun dengan sedikit rasa kasihan ... hehehe .... mau saya tahan dirumah model homescholing, takut anaknya gak bisa cuek, dikatain temennya gak sekolah ... hadeeeh ... :)

    BalasHapus
  40. Selama malam Bunda, gimana keputusannya Zidane jadi dimasukin ke SD atau nunggu sampai usianya memenuhi syarat ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. zidane akhirnya masuk SD, meskipun waktu itu umurnya masih kurang. alhamdulillah dapat SD yang tidak terlalu ketat soal umur.

      Hapus
  41. semoga dek zidan menjadi anak yang sholih dan berguna untuk agama, nusa dan bangsa aamiin :)

    BalasHapus
  42. Sekarang giliran saya yang bingung Bun, anak saya 5 tahun 8 bulan.......apakah harus masuk SD?

    BalasHapus
  43. ada bunda yang bisa menerima siswa dengan Umur seperti anak bunda SD Islam Integral Luqman AlHakim batu aji, dibawah naungan Yayasan Hidayatullah, sekolahnya lumayan bagus dan termasuk yang terbesar di batu aji siswanya ada 1000 siswa lebih. batas usia minimal calon siswa 5,10 per juli. tapi sayang pendaftarannya udah tutup dari bulan Maret karena siswa barunya udah penuh.

    BalasHapus
  44. ada bunda yang bisa menerima siswa dengan Umur seperti anak bunda SD Islam Integral Luqman AlHakim batu aji, dibawah naungan Yayasan Hidayatullah, sekolahnya lumayan bagus dan termasuk yang terbesar di batu aji siswanya ada 1000 siswa lebih. batas usia minimal calon siswa 5,10 per juli. tapi sayang pendaftarannya udah tutup dari bulan Maret karena siswa barunya udah penuh.

    BalasHapus
  45. bunda...gmn perkembangan zidane?bljrny lancar?skrg dah mo kls 2 ya?
    Ni aku jg bingung, juli thn ini aghnia putriku umurny genap 6,2 thn. Masuk SD pa gak?guruny sih menyarankan tk lg. tp anakny pngen SD, secara tmn2 spermainan msuk SD smua...( tmn2ny usia 6,5 juli nanti. Meski usiany paling muda dibanding tmn2ny, tp anakku itu bongsor kyk zidane hehe). galau jdny....

    BalasHapus
  46. Mami Zidane....nyimak postingan n komen2 nya jd pengen nanya juga. Aq lg galau juga, anakku Quini Juli 2014 ini 5th,8 bln aq masukin SD atau TK lg ya? secara dia udh 3th di PG n TK. Bingung nih mi, aq udh survey ada bbrp sekolah sih yg bisa terima. tq
    Salam, Bunda Quini

    BalasHapus

Teman-Temanku