Senin, 02 April 2012

Gigiku Copot Mami......

Masih ingat nggak...jaman kita kecil dan gigi susu kita tanggal untuk pertama kalinya...? apa yang kita rasakan saat itu, takut, nangis atau biasa aja...?

Proses tanggalnya gigi susu tak jarang menjadi sebuah momok menakutkan bagi sebagian anak-anak, termasuk aku waktu masih kecil dulu, bagaimana tidak, waktu aku kecil bapak ku termasuk orang yang sangat cerewet kalo udah menyangkut masalah per gigi an. Beliau tidak mau gigi anak-anaknya tumbuh tumpang tindih nggak beraturan, karena itu setiap kali mengetahui gigi anaknya ada yang mulai goyang, beliau akan menjadi orang yang paling  setia mengutak-atik gigi itu sampe si gigi bisa terlepas dengan sempurna. Proses pengutak-atikan gigi oleh bapakku itu sebenarnya sedikit membuat aku trauma setiap kali mengalami gigi tanggal....hehe....sampe sekarang aku sering berpikir, apakah satu saat nanti anakku akan mengalami ketakutan seperti aku dulu ya...?

Hingga satu waktu....di suatu sore tiba-tiba si ndut ku mengeluh giginya sakit. Awalnya aku sedikit heran, perasaan selama ini gigi zidane nggak ada yang berlubang ataupun gigis. Kemudian segera ku suruh dia membuka lebar-lebar mulutnya, aku cek satu persatu giginya, aku lihat baik-baik aja semuanya. Lantas ku tanya lagi bagian mana yang sakit. Zidane menunjuk ke gigi bawahnya yang ada di depan...eits, kok ada yang aneh ya.... gigi bawah yang di bilang sakit oleh zidane kok sepertinya agak naik ke atas dan agak miring...iseng-iseng ku pegang dan nggak ku sangka....ternyata gigi itu udah goyang alias udah mau tanggal...!

gigi bagian bawah zidane yang udah mulai goyang, tampak agak miring di banding gigi2 yang lain

Oooo....rupanya ini yang membuat zidane mengeluh sakit. Ini adalah kali pertama giginya mau tanggal, jadi wajar kalo zidane nggak ngeh soal ini, aku aja rada kaget, kok cepet banget ya giginya mulai tanggal, umur zidane aja belum genap 6 tahun. Tapi aku kemudian teringat cerita kakak iparku yang ada di jakarta, bahwa anaknya mulai tanggal gigi saat usianya masih 5 tahun an. Jadi aku pikir memang ini sudah saatnya gigi susu nya ganti dengan gigi dewasa.

Kemudian aku jelaskan ke zidane bahwa sakit giginya itu karena giginya mau copot. eh, di luar dugaanku, zidane malah menangis ketakutan, aduuh...rupanya dia belum mengerti maksud ucapanku. Ku jelaskan lagi,  bahwa setelah giginya terlepas akan tumbuh gigi baru yang lebih bagus. Aku juga katakan padanya bahwa semua teman-teman zidane yang lain pasti juga mengalami hal seperti ini, akhirnya zidane mengangguk-angguk dan berhenti menangis.

Setelah itu, menjelang makan malam, aku tawarkan zidane untuk makan, tapi dia tolak, dia bilang nggak mau makan takut giginya tambah sakit. Yo wes lah, ku biarkan saja,  nanti kalo laper kan pasti dia juga minta makan sendiri. Kemudian aku makan berdua dengan suami, sementara zidane hanya mencomot sebuah pisang molen yang ada di meja makan, lantas duduk bersama kami di meja makan. Baru saja dia menggigit pisang molen nya...tiba-tiba dia berteriak...."eh, gigi zidane copot...."

gigiku copot mami.......

Aku dan suami langsung kaget, masa sih secepat itu...baru beberapa jam yang lalu dia mengeluh sakit, masa udah langsung copot gitu. langsung ku lihat ke mulutnya...dan ternyata benar...! gigi zidane udah terlepas.....alhamdulillah, prosesnya cepat ya, mungkin sebenarnya gigi itu udah goyang dari kemaren-kemaren ya, hanya saja zidane nggak pernah menyadarinya.

Proses gigi tanggal adalah sebuah fase yang akan di alami setiap anak-anak seusia zidane. Ini sekaligus jadi jawaban atas kejadian beberapa waktu yang lalu, di mana aku pernah membuat postingan tentang gigi gemerutuk saat tidur, kata dokter yang ku temui, gigi gemerutuk yang di alami zidane di malam hari bisa jadi karena 2 faktor, yang pertama karena tubuh yang kelelahan dan yang kedua karena ada pergantian gigi susu ke gigi dewasa. Ternyata benar, setelah beberapa waktu lalu mengalami gigi gemerutuk, sekarang gigi zidane sudah mulai tanggal dan akan berganti dengan gigi dewasa.

Itulah sedikit cerita tentang tanggalnya gigi zidane untuk pertama kalinya.Ternyata proses nya tak menakutkan sama sekali kan. Jauh berbeda dengan pengalamanku waktu kecil dulu....hehe...


68 komentar:

  1. hihihihi.. bun gigi dek zidane yg copot lucu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...iya niz, kata zidane juga lucu...

      Hapus
  2. ihh,zidannya tambah lucu deh klo ompong:)

    pingin nyubit pipinya yang temben

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti saya wakilin cubit pipi zidane deh mbak...hehe...

      Hapus
  3. Zidane makin besar ya sekarang, ganti gigi susu artinya dah makin gede ya ^^

    BalasHapus
  4. Kalo aku gak pernah di paksain mbak, kalo lagi makan trus perasaan ada kerikilnya, waktu diambil eh.. ternyata giginya copot hehehe...

    Btw, tuh zidan fotonya dipaksa apa sukarela mbak hahahhaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha....sukarela donk, zidane kan memang suka di foto, apalagi kalo di bilang mau di pajang di blog, wah langsung semangat dia....hehe...

      Hapus
    2. wah Zidane berbakat jadi model tuh mba... ayo Zidane, dimulai dari nampang di blog mama ya... terus ntar lanjut ke ajang bergengsi lainnya... hehe...

      btw, gigi Zidane rapi dan putih deh, harus dijaga agar pergantian gigi susu ke gigi dewasa nantinya sempurna ya nak,,,, biar Zidane makin ganteng lho! :)

      Hapus
    3. hehe...model tingkat rt tuh mbak.....

      insya allah di jaga mbak, mudah2an gigi barunya juga lebih rapi.

      Hapus
  5. Saya juga pengen ketawa liat giginya jadi ada celah gitu. :)) setuju sama Budi. Itu fotonya sukarela ya Mama? ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...itu benar-benar sukarela loh ayu...zidane kan agak-agak narsis tuh...hihi...

      Hapus
  6. Anakku lamaaa giginya tanggal. Kalo sudah goyang nggak mau dia goyang2 sendiri.
    Eh, Zidane mau ya mbak disuruh pose? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak,zidane memang hobi di foto.

      Hapus
    2. Pose2nya mantap tuh mami Zidane :D

      Hapus
    3. hehehe....pengarah gayanya siapa ya....?

      Hapus
  7. Mangkannya dede jangan makan permen aja :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. zidane jarang makan permen kok om, makanya gigi zidane nggak keropos kan...?

      Hapus
  8. hihihi.....Zidane lucu giginya ompong
    tapi lebih baik tanggal dulu daripada blm tanggal tp udh tumbuh gigi baru

    soalnya Rafi tumbuh dulu gigi baru, jadi gigi lama hrs dicabut pdhl blm goyang

    BalasHapus
    Balasan
    1. rafi udah berani cabut gigi ya mbak, kalo zidane kayaknya susah deh kalo di ajak ke dokter gigi, untung gigi nya udah tanggal dengan sendirinya.

      Hapus
  9. Eh, hihi pas depan gitu.
    Dulu aku koleksi gigiku.
    Eh tapi pas kelas 5, ada yang copot malah masuk wastafel giginya, jadi gak semangat koleksi lagi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh beneran di koleksi tuh un....kayaknya unik juga ya koleksi gigi...punya zidane juga masih ku simpan nih, apa di jadiin koleksi aja ya....?

      Hapus
    2. Hihihi buat lucu lucuan aja Mam,
      aku dulu dipasang di atas was/lilin gitu. Lilinnya dibentuk gusi, trus ditancep-tancepin deh :D

      Hapus
    3. idenya kreatif banget tuh un, kayaknya aku bakalan ikut-ikutan una nih...hihi...

      Hapus
  10. kalo dulu aku sempat ngalami dicabut pake benang itu, mbak -_-"
    selamat tumbuh gigi ya buat zidane. semoga tumbuhnya bagus ga kayak aku, gigi kelinci :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. di cabut pake benang pasti sakit ya mbak....?

      gigi kelinci kan unik mbak, malah bisa jadi ciri khas seseorang loh...

      Hapus
  11. duh jadi deg2an nih mbak, pascal belum ada yg goyang giginya, moga2 dia gak ketakutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. pascal belum ada yang tanggal to mbak....?

      mudah2an sih gak ada ketakutan yang berlebihan ya mbak.

      Hapus
  12. Proses gigi tanggal memang selalu menakutkan saya, saat kecil dulu. Trus saya paling takut kalo dipaksa ke dokter gigi. Lha ada dokter gigi sambang sekolah SD saja saya lari, hehe.. Akibatnya, gigi saya gingsul haha.. Semoga adek Zidane nggak niru jejak saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...rupanya masbro ini waktu kecil takut sama dokter gigi ya....

      Hapus
  13. Horreeee. akhirnya copot juga tanpa proses berbelit ya Zidane.. udah dilakuin tuh prosesi lempar gigi yang tanggal ke atas genteng?

    Jagoan jangan cengeng dong ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gigi yang tanggal nggak di buang kok uncle, mau di simpan aja, di jadiin koleksi sama zidane....hehe...

      Hapus
    2. mantab.. sapa tahu 20 tahun ke depan bisa jadi barang antik.. bisa bernilai milyaran. tapi sing tuku sopo? hahahaha

      Hapus
    3. mungkin anak cucu nya zidane kelak tertarik untuk membeli nya uncle....hehhe...

      Hapus
  14. zidane jadi ompong dong
    hahag :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...mudah2an gigi barunya cepat tumbuh, biar nggak ompong terus.....

      Hapus
  15. hoho klo kata nenek aku klo gigi bawah patah harus dilempar ke genteng biar cepat tumbuh
    hahag :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terbukti atau nggak tuh...hehehe...

      Hapus
  16. duuh kok malah aku yg jadi ngilu yaakk...

    BalasHapus
  17. Kadang ada juga gigi anak yang "gigis", mungkin karena pengaruh kebanyak permen atau susu, tu gmn ya, Mami. apa bsknya jg tanggal sndiri terus berganti dg yg baru? soalnya si kecil bgtu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gigi yang gigis kata-orang-orang malah harus di cabut kayaknya pak, soalnya jarang bisa goyang kalo udah gigis begitu.

      Hapus
  18. waktu kecil dulu kalau gigiku udah mau copot langsung tak kasih tali terus tak tarik tuh... kalau yang copot yang bawah ntar dibuang diatas genteng katanya biar tumbuh... ha ha katanya sih itu mitos

    BalasHapus
    Balasan
    1. berani juga ya narik gigi pake benang...apa nggak sakit tuh mas....?

      Hapus
  19. hihihi Zidan untung yaa proses tanggalnya cepat dan gampang... ada loh anak2 yg goyangnya nggak seberapa terus gigi tetapnya udah nongol dibelakangnya..

    wah yg kayak gini harus dicabut paksa, kadang pake disuntik segala... aduuuh ngebujuknya sampe capek.. kasian.. hehe..

    semoga gigi Zidan tumbuh rapi ya.. amin.. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, alhamdulillah prosesnya cepat. Mbak thia apa kabar...lama nggak update blog nya, semoga sehat selalu ya mbak.

      Hapus
  20. Zidane udah makin gedhe neh...gigi tanggalnya juga mudah ya Mbak. Klau saya dulu di cabut tuh pake benang, berasa awang=awangen kalau ada gigi yg mau tanggal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. di cabut pake benang kayaknya serem banget ya mbak....hehe...

      Hapus
  21. Dilempar ke atas genteng nggak Mi? Kalo aku dulu gitu lho, hehehe... kemakan mitos nih aku :D
    Selamat ya buat dek ndut, selamat menyambut gigi baruuu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak di lempar kemana-mana wury, di simpen aja, mau di jadiin koleksi....hehe

      Hapus
  22. Ooo pergantian fase gigi seperti itu wajar ya sob. Ane dulu giginya ompong gara-gara keseringan makan permen sih sob.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, setiap anak usia 5-7 tahun biasanya akan mengalami hal ini.

      Hapus
  23. hihii...dede Zidan cekalang ompong tapi tenang de' bentar lagi juga numbuh lagi ^_^

    kalo dulu gigi nay mau patah ditarik pake benang ame aba, sempet takut siih tapi ternyata kaga seserem yg nay bayangin..hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh, aba nya nay berani juga ya tarik-tarik gigi pake benang...sama kayak bapak saya dulu tuh nay...hehe...

      Hapus
  24. hahahha, kok mendadak ingat masa lalu ya mam.. dulu dhe kalo cabut gigi susu sama oom yang bisa tenaga dalam gitu, jadi pake tangan nyabutnya.. di dorong, gk sakit udah beres.. tapi itu untuk bagian yang terjangkau oleh tangan saja, selebihnya dokter gigi yang membereskan.. semoga proses penggantian gigi susu zidan yang lain, sama cepatnya dengan yang ini.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, oom nya mbak dhe hebat juga ya cabut gigi pake tenaga dalam gitu, kira-kira lebih sakit ke dokter gigi atau di cabut sama oom nya nih mbak?

      Hapus
  25. waktu masih kecil biasanya gak mau dicabut sama orang tua, jadi digerakkan sendiri, jadi kita tau kapan harus berhenti goyang, nah kalau udah lepas disuruh dilempar diatas genteng...*gak tau alasannya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya biar cepat tumbuh gigi baru nya ya, hehehe

      Hapus
  26. aku juga sih mbak -_- takut bngrt pas awal gigi copot...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, memang agak menakutkan ya, saya dulu juga gitu

      Hapus
  27. jadi teringat anak saya yg bungsu, 3 bulan lalu gigi susunya mulai ada yg copot ,,, di menangis mungkin kaget ,,,, hehehe


    wilujeng ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ini pengalaman pertama, jadi masih nangis ya,

      Makasih kunjungannya ya

      Hapus
  28. Saya juga kaget waktu gigi pertama tanggal lho. Tapi gak sampai menangis. Waktu itu nteman2 bilkang potongan gigi itu harus dilempar ke atap rumah, gak tahu alasannya.

    Dalam mperkembangan selanjutnya, kalau gigi mau tanggal langsung di uklak-uklik agar cepat tanggal atau dikasih benanr dan ditarik..ha ha ha ha

    Pengalaman pertama memang menakjubkan ya jeng.

    Salam sayang dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pakdhe, semua yang serba pertama rasanya memang berkesan

      salam hangat untuk pakdhe dan keluarga di surabaya.

      Hapus
  29. kalo gigi yang tanggal dikoleksi boleh juga tuh. Saya juga suka ngoleksi barang seperti tali pusar ketiga anak saya tersimpan dengan rapi sampai sekarang.
    Gigi susu perlu diperhatikan tuh, jangan seperti keponakan saya karena takut akhirnya disusul sama gigi bawahnya, dan sekarang giginya nggak karu-karuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pak, semoga gigi anak saya nggak tumpuk-tumpuk gitu deh.

      Hapus
  30. Gigi susu Zidane bagus ya
    terawat sekali tampaknya
    rajin sikat gigi ya Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mbak, zidane termasuk gampang kalo di suruh sikat gigi.

      Hapus