Kamis, 05 April 2012

Nikmatnya Asam Pedas

Asam pedas adalah nama sebuah masakan melayu yang cukup terkenal di kota batam. Masakan berbahan dasar ikan yang di campur dengan aneka macam bumbu dan rempah-rempah menjadi salah satu kuliner yang banyak di sukai warga melayu, warga pendatang ataupun para wisatawan yang datang ke kota batam.

Secara gografis, letak batam yang di kelilingi lautan, menjadikan khazanah kuliner batam banyak di dominasi oleh makanan laut, seperti halnya asam pedas ini. Asam pedas bisa di buat dari aneka macam ikan, misalnya ikan kakap, tongkol, patin, ataupun jenis seafood yang lain seperti cumi atau udang. Sebenarnya, asam pedas ini mirip dengan gulai namun tak menggunakan santan. Bumbu-bumbu yang di gunakan memang sama persis dengan bumbu gulai. Karena tak menggunakan santan, bisa di katakan asam pedas ini jauh lebih sehat daripada gulai. Rasanya, jangan di tanya, gurih, pedas, asam dan bikin nagih loh....



Kami sekeluarga mengenal menu ini sejak kami tinggal di batam. Meskipun kami berasal dari jawa, namun kami bisa langsung suka dengan citarasa asam pedas ini. Proses pembuatannya cukup mudah, tinggal cemplung-cemplung aja semua bahan-bahannya. Seorang tetangga yang asli melayu yang sudah mengajariku untuk membuat masakan ini. Tapi kalo lagi males masaknya, di batam juga banyak kok rumah makan/restoran yang menjualnya. Nah, jika penasaran dengan cara pembuatannya, berikut aku kasih bocoran resepnya :

Bahan-bahan :
500 gram ikan segar ( bisa ikan kakap, tenggiri, patin, atau cumi)
1 buah tomat di iris-iris
1 buah sereh di geprek
1 iris tipis lengkuas
2 buah daun salam
2 buah daun jeruk
1 lembar daun kunyit
5 biji asam jawa
Air secukupnya
gula, garam ,penyedap secukupnya.

Bumbu halus :
100 gram cabe merah
6 buah bawang merah
4 buah bawang putih
1 cm jahe
5 buah kemiri

Cara pembuatan :
Didihkan air dalam wajan, masukkan semua bumbu dan ikan
Masak sampe kuah mengental dan bumbu meresap
Angkat, sajikan selagi hangat.

Jika sahabat singgah ke batam, cobalah untuk mencicipi hidangan khas melayu ini. Ada banyak restoran di batam yang menyediakan menu ini. Namun jika belum sempat datang langsung ke batam, mungkin resep di atas bisa juga di coba dirumah, gampang kan..?



62 komentar:

  1. Kalo di rembang kayaknya mirip2 masakan "Mrico" ya mbak.

    Wah, aku jadi laper nih, mo makan dulu ah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah denger cerita tentang "mrico" ini dari temen, tapi saya belum pernah nyobain juga tuh....kayaknya sih memang sama-sama pedasnya.

      Hapus
  2. ahh, aku maunya dikirimi mami zidane ajaaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo nggak enak gimana hayo....?

      Hapus
  3. Mam, minta dong! Hehe
    makasih resepnya, Mam, boleh tuh dicoba, tapi sayangnya aku nggak bisa masak, kecuali masak tumis hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udah bisa masak tumis berarti bisa masak asam pedas juga donk, ini sama gampang nya dengan tumis kok, tinggal cemplung-cemplung doank...jadi deh.

      Hapus
  4. jadi lapar deh... Gue Pesan satu porsi ya mi..

    BalasHapus
  5. Hadeeuuu bikin ngiler dech Mbak :-)

    Jadi ingin nyobain :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. di palembang banyak ikan laut kan mbak, ayo resepnya di cobain di rumah....gampang kok.

      Hapus
  6. waaaah nanti aku minta buatin resep ini ama ibuku accch... pasti mantap masakan nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibunya pinter masak ya...?

      Hapus
    2. alhamdulillah mbak enak banget....
      aku jd lahap maemnya, makasih ya mbak :),
      ibuku lumayan klo masak mbak :)

      Hapus
    3. buka waruong aj

      Hapus
  7. Waaaah. Enak nih Mama. :D Saya sempet beli di kantin kantor, tapi pake ikan Kue namanya. Daging ikannya banyak. #halah

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang enak kan, pake ikan apa aja juga tetap enak kok.

      Hapus
  8. Wah, sepertinya lezat. Kebetulan saya senang sekali makanan, hehehe, tapi sayangnya saya tidak bisa masak.

    Salam kenal yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga, makasih kunjungannya ya...

      Hapus
  9. ikan patin aq kurang begitu suka
    tapi melihat foto ini jadi pengen nyoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di ganti dengan ikan yang lain kok mbak, misalnya : ikan kakap,tenggiri atau cumi.

      Hapus
  10. dirumah biasa makan begini, tapi sayang saya ngak makan ikan T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sayang sekali ya nggak suka ikan, alergi atau memang nggak suka...?

      Hapus
  11. Aku suka ikan Mami..
    Tapi di goreng tho..

    Kalo Asam pedas, ga suka pedes hhe..

    Mami..pa kabar..
    Aku baru mampir sini lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah,kabar baik mbak....

      nggak suka pedes ya mbak,...? kalo aku malah nggak bisa makan kalo nggak ada yang pedes-pedes mbak..hehhe...

      Hapus
  12. Wah belum pernah coba, hihi...
    Laperrr...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikinnnya gampang kok un....di cobain resepnya di rumah sama ibu...

      Hapus
  13. Walau ngiler tapi aku ga suka #lah hehe

    BalasHapus
  14. Ngiler aku liatnya.. Mana belum sarapan lagi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, kalo lagi laper liat gambar makanan pasti jadi makin laper ya

      Hapus
  15. Aduh jadi laper, aku suka banget ikan-ikan yg dimasak kuah seperti ini, apalagi kalo pedes waaah bisa nambah, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikan bagus loh mbak untuk ibu hamil, monggo resepnya dicoba dirumah

      Hapus
  16. aaaaaaaaaaaa.....
    bikin ngiler nih tante.....
    mau langsung praktek ahh...

    salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal balik, makasih kunjungannya ya

      Hapus
  17. Bahan dasarnya ikan laut ya mbak? waduh ora doyan saya.. barter dengan rempeyek aja ya, biar saya join ama Zidane nanti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul uncle, bahan dasarnya dari ikan laut, tapi bisa diganti dengan cumi atau daging kok,

      wah, rempeyeknya lagi nggak ada uncle, yang bikin lagi males nih, hehe

      Hapus
  18. baru pertama kali liat halaman pertama aja udah bikin ngiler te. Suruh ibu mbikin ah.. salam kenal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, salam kenal juga, makasih kunjungannya ya

      Hapus
  19. wah kaya hampir sama kaya makanan betawi mba,beda'a cuma di ikan'a aja soalnya kalau betawi biasanya pakai bandeng
    tapi rasanya aku yakin sama,soalnya aku udah pernah coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. o ya, saya malah belum pernah nyoba masakan betawi tuh

      Hapus
  20. Kalau di tempat saya namanya garang Asem Mbak, lomboknya di biarin utuh terus pas makan di gerus jd berasa lebih seger rasa pedasnya. Kalau sdh di masakin GArangAsem bisa ke balik deh makannya, nasinya sedikit nah ikannya yg buanyakkk...#rakus

    BalasHapus
    Balasan
    1. lomboknya pake lombok rawit ya mbak rie, wah pasti mantep banget tuh pedesnya, saya juga doyan banget sama cabe mbak

      Hapus
  21. aihh mi ..
    ngiler banget .. haha
    kalo asemnya pas yakin jadi enak banget dah ..
    hehe

    Lumayan ada resepnya, siapa tau mau kpan2 mau coba bikin sendiri..
    tapi, kapan-kapan kirimin dong Mi ke Jakarta :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. asem sama pedesnya memang harus pas biar makin mantep

      btw, ongkos kirim ke jakarta mahal nggak ya ? hehehe

      Hapus
  22. pengen pengen pengen....bikin laper laper laperrrrr ajach...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...makasih atas kunjungannya ya...

      Hapus
  23. Huaaaa....jadi laperrr :( kirimin ke Jakarta dong bun ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. nay aja yang main ke batam.....hehe...

      Hapus
  24. nikmat, apalagi kalau pas makan hujan begini nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak,apalagi kalo pas lagi laper juga, makin mantep deh...hehe...

      Hapus
  25. Balasan
    1. pasti belum makan ya....terimakasih kunjungannya ya

      Hapus
  26. wah, postinganmu bikin ngiler dan laper deh mba... padahal aku kan baru makan malam jam 8 tadi... membaca postingan ini aku jadi lapeeer.... ayo tanggung jawab nih mba... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makan lagi donk mbak....nggak papa, sekali kali makan malamnya dobel....hehehe...

      Hapus
  27. mmmmmm
    boleh ni resep di print out untuk mama...
    jg ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan, makasih kunjungannya ya

      Hapus
  28. Kalau di sulawesi itu kyknya ikan palumara deh. asam asam pedas gitu sedapp banget...

    BalasHapus
  29. waaah terima kasih resepnya Mbak...
    aku tadi ke pasar dan beli ikan patin
    bingung mau diapain

    ketemu resep disini, langsung pingin coba aaah

    BalasHapus
  30. Kalo pedas Dija gak mau...

    :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dija makan bakso aja ya, pasti suka kan ?

      Hapus