Sabtu, 10 Maret 2012

Saat Harus Menelan Pil Pahit

Tak ada satu pun manusia di dunia ini yang menginginkan akan mengalami kepahitan dalam hidupnya. Ingin nya semua nya serba indah dan menyenangkan. Tapi, tentu tak semua orang di takdirkan untuk selalu bahagia bukan ? ada kalanya sebuah musibah yang tak pernah di inginkan tiba-tiba datang menghampiri kita ? lantas apa yang semestinya kita lakukan saat harus menghadapi sebuah keadaan yang bisa di sebut sebagai pil pahit ini.

gambar pinjem dari google

Yang pertama kita tanamkan di hati kita, bahwa memang seperti itulah kehidupan, semua hal di dunia ini sudah di ciptakan secara berpasang-pasangan, ada siang ada malam, ada pria dan wanita, ada tangis ada tawa, ada kebahagiaan ada kepahitan, keberadaan masing-masing sisi adalah untuk saling melengkapi, untuk mengajarkan manusia tentang hidup sesungguhnya. Begitupun saat kepahitan datang, tentu bukan tanpa alasan. Tuhan mengijinkan kita merasakan kepahitan agar kita bisa lebih sabar dan ikhlas menjalani hidup. Agar kita bisa jadi manusia yang kuat, tegar, yakini saja bahwa ini memang sebuah episode hidup yang mesti kita lewati. Akan ada kebahagiaan setelah kita melewati serangkaian kepahitan.

Yang kedua, pasrahkan diri pada yang kuasa, Tuhan adalah maha sebaik-baiknya pembuat rencana, Dia yang maha tahu apa yang terbaik buat hambanya. Ketika kita harus menelan pil pahit, nikmati saja, mungkin dengan begini kita jadi bisa berempati dengan sodara-sodara kita yang punya nasib lebih menyedihkan daripada kita. Anggap saja pil pahit yang kita telan adalah sebuah obat bagi jiwa kita agar menjadi bersih dari segala kotoran dan nafsu keduniawian. Berserah diri kepada Tuhan, semua manusia pasti pernah mengalami fase-fase yang tidak menyenangkan dalam hidupnya.

Yang ketiga, merenunglah sejenak. Pahami setiap langkah yang yang sudah kita lakukan, apakah selama ini kita berada di jalur yang lurus atau tidak . Kadang pil pahit datang saat kita sedang salah arah, dia datang untuk mengingatkan kita agar tak terus masuk ke jalan yang salah, perasaan sedih dan kecewa adalah wajar bagi setiap manusia, tapi jangan lantas membuat kita makin terpuruk dalam kesedihan dan kepahitan.

Yang terakhir, jalani kehidupan seperti biasa. Jangan berlama-lama larut dalam sedih. Bangkitkan semangat untuk menyongsong hari-hari mendatang yang insya alloh akan lebih baik lagi. Sebagai manusia jangan abaikan usaha dan doa.Jadikan pil pahit sebagai sebuah proses pembelajaran bagi kita agar bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi. Bukankah untuk terbebas dari sebuah penyakit memang ada banyak sekali pil-pil pahit yang harus kita telan. Yakini saja, akan ada episode kebahagian setelah kepahitan.


47 komentar:

  1. bener tuh bun, life must go on.. kita nggak boleh lama2 sedih,sakit hati,down,galau dan bla bla bla.. semunya sudah di atur yang kuasa tinggal dri pribadi qt saja sendri yang memaknai kehidupan indah itu seperti apa :)

    BalasHapus
  2. kalo pernah saya mendengar sebuah kajian, bahwa segala bentuk musibah dan kesenangan adalah sebuah ujian semata, apakah dengan kondisi yang ada kita semakin mendekat pada Nya ato justru lari menjauh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ujian dalam bentuk kesenangan sayangnya banyak manusia yang tak menyadarinya ya pak...

      Hapus
  3. Hehe.. betul mbak, pil pahit datang saat kita salah arah, untuk mengingatkan kita akan jalan yang lurus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi kalo udah dapet pil pahit, segera kembali ke jalan yang lurus ya...hehe

      Hapus
  4. Setuju Mi ..
    berserah sama Tuhan kadang yang susah,
    kebanyakan orang lebih suka mengandalkan dirinya sendiri :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kita semua termasuk golongan orang yang percaya dengan kekuatan Tuhan ya...

      Hapus
  5. Mempersiapkan hati dengan segala yang mungkin terjadi, itu yang seringkali terlupakan. Makasih udah berbagi tips nya. Senang membacanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul masbro, pil pahit bisa jadi tak kan terlalu pahit jika hati sudah di persiapkan untuk menghadapinya.

      Hapus
  6. Urip hamung sadermo nglakoni
    kudu nrimo opo kang wus ginaris ing perti

    BalasHapus
  7. Dalam hidup dan kehidupan kita, akan selalu datang tamu, baik kerabat, sahabat, relasi atau orang yang tak kita kenal sekalipun dengan aneka keperluan.

    Ada dua tamu istimewa yang selalu menghampiri kita. Tamu ini datang tak diundang, pulang tak diantar. Datangnya tak memberi kabar duluan. Tamu istimewa itu adalah KESEDIHAN dan KEGEMBIRAAN. Mereka datang silih berganti dalam hidup dan kehidupan kita. Ketika kita sedang bergembira dan bercengkrama dengan orang-orang tercinta, tamu bernama kesedihan kadang sudah menunggu di ruang tamu. Demikian pula sdbaliknya

    Karena tamu itu adalah tamu istimewa maka kitapun harus menyambutnya secara istimewa pula.
    Jika yang datang adalah tamu yang bernama KESEDIHAN maka kita dudukkan pada kursi istimewa yang bermerek SABAR. Jika tamu istimewa yang datang adalah KEGEMBIRAAN maka kita tempatkan dia pada kursi yang bermerk SYUKUR.

    Dengan sikap penyambutan seperti itu Insya Allah kita tak akan terombang-ambing. Jika datang kesedihan kita tak akan marah, sedih berlebihan,mencari kambing hitam atau bahkan mungkin menyalahkan Tuhan. Sebaliknya jika kita mendapat kegembiraan kita juga tak lupa diri, lupa daratan, sombong, takabur atau melampiaskan kegembiraan dengan cara yang salah.

    Salam hangat dari Suroboyo

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali pakdhe,sabar dan bersyukur dengan apa yang kita jalani, insya allah hidup terasa lebih tentram.

      Salam hangat dari batam

      Hapus
    2. Pahit manis kehidupan..semoga bisa mebuat kita bersyukur dan ikhlas menjalaninnya #edisi bijak

      Hapus
    3. sip mbak ririe, pahit manis kehidupan akan membuat kita lebih bijak dalam menjalani hidup ini.

      Hapus
  8. Hmmm, sebuah renungan yang manis di pagi hari Mbak
    kebetulan saya membacanya selepas subuh..
    benar benar menyejukkan Mbak..
    terima kasih ya Mbak :)

    BalasHapus
  9. Sebuah pengingat yang indah Mbak :)

    Semoga kita menikmati setiap episode dengan penuh kesyukuran, tfs ya Mbak...

    BalasHapus
  10. bangkit, semangat songsong hari esok ya mbak

    BalasHapus
  11. Setuju sekali mbak.
    Setiap kesulitan pasti diiringi dengan kemudahan.
    Motivasi yang bagus mbak. Kita selalu perlu motivasi untuk memotivasi diri sendiri, mudah2an orang lain pun mendapatkan manfaat melalui motivasi yang dituangkan dalam blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk, saling memotivasi lewat blog

      Hapus
  12. kunjungan sob ..
    salam sukses selalu ..:)

    BalasHapus
  13. Semoga kita dikuatkan olehNYA dalam segala hal :)

    BalasHapus
  14. sepakat. . .. harus selalu semangat perubahan . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul susu segar, hari baru semangat baru

      Hapus
  15. Tiap kali ada masalah jangan pernah lupa utk bersyukur sekecil apapun nikmat yg sdh ada. Aku biasanya diam-diam ngeliatin suami lama2, bersyukur dijodohkan dgn laki2 seperti suami, masih diberi kehidupan bersama. Insya Allah tenang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, mensyukuri semua hal akan membuat hati lebih tenang

      Hapus
  16. selalu ada masa2 tidak menyenangkan.yang penting kita menyikapinya dengan bijaksana dan tetap tawakal pada Yang Kuasa akan hasil yang lebih baik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, yang penting masih selalu ingat dengan yang di atas

      Hapus
  17. dari pil pahit tsb, kita tahu apa yang harus kita lakukan kedepan & menjadi sebuah pelajaran yang tidak akan kita ulangin
    seperti sebuah pertanda dari sang pecipta

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul andy, jadikan pil pahit sebagai sebuah pembelajaran untuk melaju ke depan

      Hapus
  18. setuju...smoga setelah menelan pil pahit...akan datang kebahagian yachh....

    BalasHapus
  19. Sebuah ibarat yang bagus, Mam, untuk mengingatkan kita semua. Pil Pahit. Siapa yang suka minum pil pahit? Sebisa mungkin kita menghindari pil pahit tersebut, dengan cara tetap dalam koridor yang benar, jangan mudah tergoyah. Tetapi pil pahit itu terkadang harus kita rasakan, untuk pembelajaran hidup.
    Setuju dan terima kasih, Mam!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih wury, jadi jangan pernah takut dengan pil pahit ya....?

      Hapus
  20. pil pahit kehidupan berarti itu obat ya mbak

    BalasHapus