Sabtu, 07 Januari 2012

Hidup tanpa hutang bagaikan malam tanpa bintang....

Tadi siang buka FB, ada status temen yang bikin ketawa, dia nulis gini, "Hidup tanpa hutang rasanya hampa, bagaikan malam tanpa bintang, bagaikan sayur tanpa garam...!"......hahay, sedikit lebay.....

Jadi mikir, adakah temen-temen di luar sana yang nggak pernah punya hutang dalam hidupnya....?
kalo aku.....huh, jangan di tanya deh....sudah pasti punya......haha....(hutang kok bangga ya....! )

Dulu, ada seorang temen yang pernah bilang gara-gara punya hutang itulah makanya bikin dia jadi semangat kerja, semangat cari duit, semangat nyicil utang.....dan akhirnya si hutang bisa di lunasi.
satu saat ketika hutang di kantornya lunas......eh dia malah kaget, yg biasanya gajinya dipotong, lha sekarang kok utuh......trus....malah jadi pengen ngutang lagi.....!.....hahaha



Buat sebagian orang, berhutang mungkin di anggap sesuatu yang memalukan dan mengerikan. Tapi mungkin ada juga sebagian orang lain yang menganggap bahwa berhutang itu sudah hal biasa.

Ada nasehat dari seorang konsultan keuangan, katanya boleh saja berhutang. Asal besarnya cicilan yg harus kita bayar setiap bulannya tidak lebih dari 30 % dari total penghasilan kita setiap bulannya.....naahh, ayo di hitung sekarang.....! berapa persen jumlah hutang kita.....?

eh...eh...lha kok banyak yah....hahaha.....liat aja coba....
beli rumah...bisanya kredit....artinya hutang
beli kendaraan (mobil/ motor ) juga kredit....artinya hutang juga kan..?
belanja pake kartu kredit.....hutang lagi...! gampang sekali kan menumpuk hutang.....yang nggak gampang adalah bayar utang nya.....hahaha....lho betul kan...?

Kadang kalo dipikir-pikir, hari gini ya, kadang kita berhutang sebenarnya gara-gara kena bujuk dan rayuan para sales marketing kan ya....?
Hahaha..maaf..bukannya mau cari kambing hitam nih....
buktinya.....waktu mau beli rumah....itu marketingnya ngerayu nya kan memang luar biasa dahsyat, jadilah kita tergoda ngambil kredit rumah....( hutang deh.....)
trus si marketing kartu kredit, tiap hari telpon terus, daaann lagi-lagi kita tergoda dan merasakan  enaknya belanja pake kartu kredit.....( hutang lagi nih....)

itulah hutang, seperti 2 sisi mata pisau saja, disatu sisi sering di anggap negatif tapi di lain sisi mungkin bisa jadi sebuah solusi  dari masalah keuangan kita....Jadi bagaimana menurut kamu.....
say yes to hutang..... or
say no to hutang.....
Terserah kamuuu doonkkkk......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar