Minggu, 12 Februari 2012

Tas kain vs kantong kresek

Di hari minggu pagi aku selalu punya jadwal rutin pergi ke pasar, untuk berbelanja sayur dan lauk pauk untuk keperluan beberapa hari ke depan. Setiap pergi belanja aku selalu berusaha membawa tas belanja sendiri dari rumah untuk menampung semua belanjaan ku di pasar nanti. Kenapa aku memilih membawa tas belanja sendiri....?

Yang pertama...aku mau sedikit berperan untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan donk agar sampah plastik yang terbuang tidak bertambah semakin banyak saja di lingkungan kita.
Yang kedua.....beberapa kali aku mendapati bahwa kantong kresek yang di pake di pasar oleh para pedagang ternyata memiliki bau yang sangat menyengat.....wah, ini jelas jelas bikin aku ilfil duluan.


 

gambar diambil dari sini


Kantong kresek hitam (atau warna lain ) dengan bau tajam dan sangat menyengat berarti juga mengandung bahan beracun kan...? 
Dan aku tak ingin bahan makanan yang ku beli di pasar juga terpapar racun berbahaya dari si kantong kresek.

Itulah 2 alasan kuat kenapa aku lebih memilih membawa tas belanja sendiri dari rumah.
Tas belanja yang selalu ku bawa ke pasar adalah tas serbaguna dari bahan kain dan kayaknya awet di pake bertahun-tahun.
Tas ini berukuran lumayan besar, sehingga muat banyak untuk membawa berbagai macam barang belanjaan.
Yang pasti tas kain ini lebih bersahabat dengan lingkungan kan....

Kembali ke soal kantong kresek ya,
Di pasar-pasar tradisional di batam aku sering lho menjumpai  kantong kresek berbau menyengat ternyata banyak sekali di gunakan oleh para pedagang.
Baik itu pedagang sayur, tukang ikan, tukang daging, tukang2 gorengan ataupun tukang buah.

Kantong kresek seperti itu adalah jenis kantong plastik yang sudah di daur ulang berpuluh-puluh kali sampe akhirnya menghasilkan bau khas yang sangat menyengat.
Ah, sayang sekali ya....apakah mereka nggak tahu ya kalo kantong plastik seperti itu kan beracun dan berbahaya, dan tidak di anjurkan untuk membungkus bahan makanan ataupun makanan jadi yang siap di konsumsi.

Mungkin saja para pedagang itu memang tak tahu menahu soal ini, atau mungkin sebenarnya mereka tahu. Namun karena harga kantong plastik ini jauh lebih murah di banding yang lain jadilah para pedagang masih saja nekad menngunakan nya sebagai pembungkus.

Kalo sudah seperti ini, jelas konsumen yang di rugikan donk. Zat kimia berbahaya yang ada di kantong kresek akan masuk ke dalam makanan yang kita makan dan lama kelamaan terakumulasi di dalam tubuh kita.
Efek jangka pendek mungkin tidak ada ya, tapi dalam jangka panjang hal ini di tengarai bisa menyebabkan kanker dan gangguan ginjal.

Mengerikan bukan..?
Yah, lagi-lagi memang kita sebagai konsumen yang harus lebih pandai mensiasati keadaan. Salah satunya ya dengan membawa sendiri tas belanja dari rumah. Aku yakin ini lebih aman ketimbang harus memakai kantong kresek beracun kan..?

Memang, tidak semua pedagang sih memakai jenis kantong yang berbau menyengat seperti itu, ada juga pedagang yang memakai kantong kresek jenis lain, yang tak berbau seperti kantong  yang kita dapat saat belanja di supermarket , ini tentu aman untuk membawa bahan makanan seperti sayur sayuran atau buah buahan.

Kantong plastik jenis apapun, baik itu beracun atau tidak memang  penggunaanya sebisa mungkin di kurangi ya. Karena sampah jenis ini sangat mencemari lingkungan, dan tidak bisa terurai dengan sendirinya di alam.
Yuk, kita jaga lingkungan kita dengan mengurangi penggunaan kantong plastik saat berbelanja. Dan waspada dengan kantong kresek beracun..!

Salam....





44 komentar:

  1. langkah yang sangat baik dalam mengurangi produksi sampah di lingkungan kita mba.. dua jempol untuk mba... keren postingannya, dan tepat benar langkahnya tuh...

    kami juga sedang menggalakkan sosialisasi ke masyarakat dan anak2 sekolah untuk sedapat mungkin mengurangi penggunaan kantong plastik, mba, misalnya dengan menolak kantong plastik jika membeli sebuah buku tulis, atau pulpen di toko buku, misalnya, pulpen baru atau buku tulis itu toh bisa langsung dimasukkan ke dalam tas, misalnya lho ...

    selamat berhari minggu mba.. :)

    BalasHapus
  2. kita memang suka mikir sisi praktisnya doang
    ga mikir jangka panjangnya, bu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul itu mas, tapi kalo demi kesehatan repot sedikit nggak papa juga kan...hehe...makasih ya atas kunjungannya.

      Hapus
  3. iya bun nyengat banget baunya. tapi sampai saat ini belum kefikiran buat bawa keranjang belanja sendiri. Padahal sampah plastik di rumah kian bertambah setiap hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, mulai besok mending bawa tas belanja sendiri ummi....memang sedikit merepotkan sih...tapi insya alloh jauh lebih aman daripada pake kantong kresek yang berbau tajam itu.

      Hapus
  4. di beberapa toko bahkan ada yang menerapkan kebijakan pembelian kantong plastik..maksudnya kalo kita pengen aktong plastik, kudu bayar nambah.. tuujuannya sih biar dibiasakan bawa sendiri. entah kantong kain, atau kantoong plastik bekas yang bersih..

    kalo saya sih, kemana-mana bawa tas gendong. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tas gendong malah muat lebih banyak ya gaphe....hehe..

      Hapus
  5. kantong plastik yg berbau tajam ini berarti di dapat bila belanja di supermarket atau di pasar tradisional??

    BalasHapus
    Balasan
    1. di pasar tradisional mbak narti,kalo di supermarket kayaknya kantong plastiknya kualitas yang bagus kok dan sama sekali nggak berbau apa-apa.

      Hapus
  6. kalau belanja diwarung sebelah biasanya aku nolak kresek males kebanyakan dirumah lebih baik belanjaannya aku pegang begitu saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, lebih bagus kok, demi mengurangi sampah plastik.

      Hapus
  7. sip mbak, pencinta lingkungan nih.. Selain tas yang udah berkali-kali di daur ulang.. bisa jadi itu juga tas kresek bekas pakai loh mbak. Karena di daerah saya tas kresek bekas juga laku. bukan untuk didaur ulang lagi loh, tapi langsung dipakai kembali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah lho, padahal kita nggak tau ya itu kresek bekas di pake bungkus apa...kalo saya lebih aman ya mending saya bawa tas dari rumah aja deh.

      Hapus
  8. assalamu'alaikum Mbak,
    Batam, saya belum pernah ke sana.
    Kantong kresek yang bau menyengat dan biasanya getas, karena kualitas rendah dan harganya yang sangat murah. SAngat disayangkan kalo penjual kue basah menggunakan kantong ini, paling tidak seharusnya minimal menggunakan plastik yang biasa digunakan untuk mbungkus gula, ato paling tidak jika menggunakan kresek, terlebih dahulu kuenya dibungkus dengan kertas pembungkus makanan yang berwarna coklat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam pak,
      Justru karena harganya murah ini lah pak, makanya semua pedagang rata-rata memakainya sebagai pembungkus. Padahal jenis kantong kresek seperti itu kan sangat beracun.

      Hapus
    2. pingin follow, tapi jaringan saya lemot. Follonya nggak keluar, kapan-kapan aja deh insya Alloh

      Hapus
    3. alhamdulillah, akhirnya bisa follow

      Hapus
    4. Alhamdulilah, terimakasih banyak Pak Ies

      Hapus
  9. Iya kalau yang item yang mambu itu biasanya dari ublek-ublekan sampah yang aneh aneh @_@

    Yaaa, itung itung bikin tubuh kebal sama racun :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh un, sing paling mambu yo sing ireng kuwi...wes jan mantep tenan ambune...hehe..

      Hapus
  10. seperti gaphe kami pun biasa pakai tas gendong,
    jadi belanjaan lgs masuk ke tas.
    cumaaa klo belanjannya ga muat semua di tas gendong yaaa terpaksa deh terima dikemas di tas plastik juga hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hobi pake tas gendhong juga ya mbak...hehe....yah pake kantong plastik nggak papa sih kalo terpaksa...tapi jangan mau kalo di kasih kantong plastik yang baunya menyengat ya mbak...beracun lho.

      Hapus
  11. iya ada kantong plastik kresek yang baunya ampun menyengat banget...aku jarang belanja ke pasar mbak....masak juga jarang hihihi.....tp kalaupun dapat kantong plastik biasanya ngga terlalu bau...klo utk beli kue aku lebih suka dibungkus pake kertas nasi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. jarang ke pasar to...kalo saya rutin setiap hari minggu, jadi sampe hapal dengan kantong yang bau atau yang enggak bau...kalo kantong yang nggak bau apa-apa sih kayaknya aman-aman aja tuh mbak. tapi kalo untuk kue basah memang sebaiknya pake kertas nasi atau daun ya...hehe...

      Hapus
  12. memang lebih aman bawa kantong sendiri ya mbak ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ibu dey....di jamin lebih aman dan lebih sehat, kita pun jadi nggak was-was lagi.

      Hapus
  13. Saya kadang-kadang aja mbak pake kantong kain krn sering kelupaan bawanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo budayakan pake tas kain mbak....agar sampah plastik nggak semakin banyak...iya kan..?

      Hapus
  14. kebanyakan yang masih pakai plastik kresek dikarenakan pembelinya tidak membawa kantong sendiri dari rumah, para pedagangnya pun tidak mau membuat pembelinya kecewa karena tidak menyediakan kantong kresek kepada pembelinya.
    nggak semua orang punya kepedulian terhadap lingkungan, semoga semua bisa memulai memperbaiki sebelum kerusakan yang lebih parah akan terjadi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener tuh her, siapa lagi sih yang akan peduli dengan kesehatan dan lingkungan kalo bukan diri kita sendiri......sayangi lingkungan, sayangi keluarga agar tak terpapar bahan berbahaya dari kantong kresek yang beracun.

      Hapus
  15. Hendaknya ketika kantong utk pelanggan itu terbuat dari bahan yang mudah larut atau hancur. karena biasanya kantong itu ketika habis berbelanja langsung dibuang alias cuma satu kali pake saja. Sehingga mengurangi tingkat sampah di Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mungkin sebaiknya kantong belanja terbuat dari kertas yang cukup kuat tapi gampang terurai di alam.

      Hapus
  16. salam kenal
    katong plastik berbahaya klo untuk membungkus makanan yang masih panas, banyak ku lht org beli bakso, mie dll dibungkus pakai plastik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak...memang sebaiknya makanan panas atau berminyak tidak di bungkus menggunakan plastik, karena zat-zat beracun dari plastik bisa dengan mudah bermigrasi ke dalam makanan....salam kenal juga pak...makasih kunjungannya.

      Hapus
  17. plastik ini pernah dibahas oleh salah seorang blogger. bukan beracun atau tidaknya, plastik sekarang malah ada yang katanya go green itu justru tidak baik, mudah lebur tapi plastik emang harus dikurangi.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho...yang go green malah nggak baik to..?.wah,kayaknya memang lebih aman pake tas kain aja ya...

      Hapus
  18. tapi tak bisa semuanya bawa kantong sndiri bukan? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih mas....tapi kalo saya sih sebisa mungkin saya berusaha mengurangi jumlah penggunaan kantong plastik.

      Hapus
  19. saya juga paling sebel mbak.. klo belanja dikasih kantong plastik kresek yang item... baunya ga nahan

    BalasHapus
  20. iya bun....sama...kayaknya mau di tolak kok gimanaaa gitu ya....makanya saya mending bawa kantong sendiri aja deh...hehe...

    BalasHapus
  21. sip sip
    membawa tas sendiri memang lebih save ya
    ramah lingkungan

    BalasHapus
  22. kadang kalo lg kepepet disejumlah supermarket jg disediakan tas kantong plastik yg bio-degradable yah mbak... tp emang bawa kantong sendiri lebih oke sih.. :-D

    BalasHapus
  23. pasti tuh mbak thia...lebih oke dan lebih aman.

    BalasHapus