Selasa, 14 Februari 2012

Bibit pohon dari pak walikota

Beberapa minggu terakhir ini warga di komplek perumahan ku sedang giat sekali menanam pohon. Entah itu di halaman rumahnya atau di pinggir jalan. Ini terjadi setelah beberapa waktu yang lalu komplek perumahan ku mendapat banyak sekali  sumbangan bibit pohon dari bapak walikota batam. Jadi, ceritanya di wilayah kami sedang ada program "gerakan menanam seratus ribu pohon".  Dan setiap warga di komplek ini  di anjurkan untuk menanam minimal 2 buah pohon di  lingkungan rumahnya.

Sebagai salah satu warga di komplek ini, aku pun ikut kebagian jatah untuk menanam 2 buah pohon di halaman rumahku. Aku juga sudah mendapatkan bibit pohon itu.



2 buah bibit pohon alpukat yang harus ku tanam


Aku sih sama sekali tak keberatan untuk menanamnya, hanya saja yang menjadi masalah sekarang adalah aku sudah tak punya lahan kosong untuk menanam bibit pohon alpukat ini.

Di halaman rumahku hanya ada secuil taman dan itupun sudah ku tanami dengan 2 buah pohon eliana.


2 buah pohon eliana ku

2 buah pohon eliana ku saja sudah lumayan besar dan cukup memakan lahan, jadi sangat tidak mungkin kalo di tempat itu juga ku tanami dengan pohon alpukat. 

Akhirnya sampe hari ini 2 bibit pohon alpukat masih tergeletak dengan manis di pojok halaman.Si nyonya rumah masih kebingungan mencari lahan.....hehe... 
Aku sebenarnya sangat berminat untuk berkebun dan menanam pohon, tapi sekali lagi karena keterbatasan lahan, jadilah hobi berkebunku ini memang tak bisa sepenuhnya tersalurkan.

Selain keterbatasan lahan, cuaca panas di batam juga  menjadi salah satu hambatan saat aku berkebun. Berkali-kali aku mencoba menanam tanaman hias di dalam pot, tapi nyatanya selalu tak kuat menahan panasnya cuaca batam , dan biasanya selalu berakhir dengan layu dan matinya si pohon.

Beruntung pohon eliana itu cukup tangguh melawan panas, meski tak setiap hari ku siram alhamdulilah bisa tumbuh subur dan besar seperti gambar di atas.

Keberadaan pohon besar di komplek rumahku memang masih belum banyak, maklum ini adalah komplek baru, jadi memang lingkungannya masih sangat gersang dan panas. Tidak semua tanaman mampu hidup di lingkungan yang panas seperti di komplek ini. Dengan adanya gerakan menanam seratus ribu pohon ini sebenarnya sangat bermanfaat untuk menangkal panasnya udara di sini.

Semoga ke depannya pohon-pohon yang di tanam di komplek ini mampu mengubah suasana gersang dan panas menjadi sejuk dan teduh.
Menanam pohon di sekitar rumah juga termasuk dalam kegiatan menjaga dan melestarikan lingkungan hidup lho.

Sobat, sudah ada berapa pohon yang tumbuh di halaman rumah kalian ?

Yuk, berlomba menanam pohon...!




35 komentar:

  1. di tandur nang pot ae..bude...ben ra ngentek ngenteke lahan...kan sayang klo bibitnya mati...wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe....kalo di tanam di pot ntar gedenya lama tuh fan....

      Hapus
  2. kalau di kampung ibuku di wonogiri, dikasih bibit pohon mangga, jadi lebih berasa ketika panen tiba, untuk di jakarta sepertinya tidak ada, masalahnya lahan di tiap rumah terkadang sudah tidak ada. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, memang keterbatasan lahan kadang jadi kendala untuk menanam pohon ya....

      Hapus
    2. ada sebagian orang yang menjadikan pohon sebagai rumah singgah, salut buat mereka :)

      Hapus
  3. aku gak dikasih bibit pohon.kalau sudah panen aku dikirimi ya buahnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke deh mbak lid...doakan biar pohonnya cepet besar dan cepet berbuah ya...hehehe...

      Hapus
  4. Kalo halaman rumahku di Lombok, jangan ditanya lagi udah tanam berapa coz udah seperti taman nasional he he he. Mulai rambutan, 6 pohon mangga, 3 pohon sawo, 5 pohon kedondong. lengkap deh...maklum saya lahir dan besar di desa, rumahku dekat kebun lagi he he

    BalasHapus
  5. Eliana? Baru dengar lho...
    Aku ga dapat bibit. Hihihi...
    Di rumah aku udah ada pohon beringin besarrr~

    BalasHapus
    Balasan
    1. pohon beringin besar...? eh awas ada penunggunya lho un.....hihi....

      Hapus
  6. Saleum,
    Kalau didepan rumahku sudah sangat banyak mbak, ada jenis bunga2an, ada jenis tumbuhan berbuah dan juga ada tumbuhan utk obat buat jaga2..... adem rasanya jika dipagi hari kita melakukan gerakan ringan diantara tumbuhan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..koleksi tanamannya lengkap sekali tuh bang....pasti juga bikin rumah jadi sejuk dan teduh ya.

      Hapus
  7. wah sayang sekali ya bibit pohonnya ga di tanam ya krn keterbatasan lahan.padahal bagus sekali untuk penghijauan :).sebaiknya bibitnya di berikan ke orang lain yang memang mampu untuk menanam dan merawatnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya semua tetangga di komplek ini udah kebagian semua tuh mbak...nah, makin bingung kan mo di kasih ke siapa.

      Hapus
  8. your post is nice.. :)
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kunjungannya ya, insya alloh saya segera lakukan kunjungan balik.

      Hapus
  9. postingan yang sangat menarik :)
    sangat bermanfaat.. ^_^
    keep posting yaa..

    ingin barang bekas lebih bermanfaat ?
    kunjungi website kami, dan mari kita beramal bersama.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya...segera tentu akan saya kunjungi balik.

      Hapus
  10. Mbak... nanti kalo udah berbuah, panggil aku yaaa
    Hehehehee kita bikin es alpukat
    hahahahaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke deh....sabar menunggu panggilan ku ya mbak....hehe....

      Hapus
  11. asyik... sebentar lagi makin teduh ya Tante

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an ya dija....rumah dija udah teduh belum..?..yuk tanam pohon yang banyak.

      Hapus
  12. wahh... asiknya dapat bibit buah alpukat. bisa dimakan buahnya banyak manfaatnya bagi kesehatan.

    salam kenal dari embung, silahkan mampir ke blog saya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga embung....pasti saya akan mampir ke blog embung juga...makasih kunjungannya.

      Hapus
  13. jadi teringat tanaman di rumah yg enggak keurus... huhuhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh...kasian tanamannya...bunda sibuk terus ya...hayo gantian kanaya yang bantu ngurusin tanaman bunda...hehe...

      Hapus
  14. mba, kalo masih bingung, ayo kirim kesini aja bibit pohonnya jika masih bingung dan belum menemukan lahan untuk menanamnya. hehe..

    let's go green mba... aku juga senang berkebun, tapi saya di sini cuma ngekost, yang kumiliki hanya sebuah kamar dan garasi, jelas ga mungkin untuk menanam pohon, hiihi....

    met siang mba... have a great day ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di kirim ke aceh kira2 ongkos kirimnya mahal nggak ya.....hahahaha....

      Met siang juga mba alaika...

      Hapus
  15. Trus pohon alpukatnya jadi ditanam dimana, Bu? Andai saja sudah berbuah, pasti sy bantuin nanam. Nanam buahnya di gelas blender. Hehehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum saya tanam mas febri...hehe...eh kalo nanam buah di dalam blender emang bisa tumbuh ya....hehehe..

      Hapus
    2. Bisa tumbuh vitamin dalam badan, Bu. Hehehehe.

      Hapus
  16. Waah pohon alpukat kan gede banget mbak.. hehe... kayaknya lebih pas ditanam di taman perumahan ya... tapi buahnya milik bersama hehe... :-D

    Eliana nya cantik... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah...ide bagus tuh mbak thia....memang cocoknya di lahan yang luas ya...kalo di taman kecil saya bisa sih..tapi paling2 malah kerdil dan nggak bisa berbuah deh....hehe...

      Hapus
  17. Asyik juga dapat pembagian bibit ya mbak, lahannya kan ada :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lahannya ada sih mbak....tapi sempit...hehe..

      Hapus