Kamis, 16 Februari 2012

Petir

Aku tuh sering heran lho kalo ada orang yang dengan gampangnya mengatakan "sumpah, berani di samber geledek...! ".
Kok bisa ya sedemikian mudahnya berucap seperti itu....padahal buat aku ya, keberadaan geledek atau petir jelas sangat menakutkan lho.


gambar pinjam dari sini

Bagaimana tidak, kebetulan aku tinggal di daerah yang cukup sering di lewati petir.Bahkan pernah beberapa kali petir masuk ke dalam rumah dan muncul lewat stop kontak berbentuk percikan api di sertai suara keras dan sangat menggelegar. Sungguh sangat mengerikan, karena saat itu aku sedang berada tak jauh dari stop kontak itu.

Waktu pertama kali tinggal di sini aku belum begitu paham dengan karakteristik petir di sini. Jadi saat hari hujan  aku tak pernah melepaskan sambungan kabel di stop kontak. Akibatnya TV di rumah pun sudah 2 kali tersambar petir. Lampu di kamar dan di ruang tamu juga pernah kena petir juga. Jadi saat petir terjadi, posisi lampu memang sedang menyala.
Aku masih ingat saat itu aku dan zidane sedang berada di kamar, tiba2 saja petir datang dan meledakkan lampu di kamar....duh...lagi2 aku sangat ketakutan, karena suara yang di timbulkan oleh ledakan lampu sangat keras dan menyerupai ledakan petasan.

Semenjak itu lah aku jadi selalu dag dig dug saat ada petir. Aku sudah hapal dengan waktu-waktu di mana petir datang. Jadi saat hari gelap, mendung atau hujan dan dari jauh sudah terdengar bunyi gemuruh, aku akan langsung mencabut semua stop kontak di rumah, lampu-lampu juga langsung ku matikan.
Anakku rupanya juga hapal dengan kebiasaan ini....saat dia tahu hari akan hujan dia pasti langsung mengingatkan aku untuk mencabut semua stop kontak di rumah.

Aku tahu petir bisa sewaktu-waktu masuk ke rumah lewat arus listrik, karena itu aku selalu berjaga-jaga dengan memutus aliran listrik ke semua peralatan elektronik di ruamah.

Peristiwa petir masuk ke rumah ternyata bukan hanya terjadi di rumahku saja lho. Tetangga-tetangga di komplek aku tinggal rata-rata pernah mengalaminya juga. Saat TV di rumahku kena petir ternyata ada beberapa TV tetangga yang kena juga. Bahkan tetangga sebelah rumah persis, selain TV , AC nya pun ikut tersambar petir. Mengerikan sekali bukan....?

Aku sih cuma orang awam yang tak begitu mengerti kenapa daerah tempat aku tinggal sering sekali di lalui petir. Tapi kata seorang teman ini di karenakan tanah di sini banyak mengandung logam tertentu yang di sukai oleh petir.
Entahlah apakah dugaan itu benar atau salah. Yang pasti kehadiran petir yang sering di sini sangat membuat aku dan anakku ketakutan dan sedikit trauma.

Jadi kalo menurutku orang orang yang sering mengatakan " sumpah, berani di samber geledek..!", aku yakin mereka tidak pernah tahu bagaimana mengerikannya petir itu. Mereka juga pasti tak pernah mengalami kejadian petir masuk ke rumah mereka melalui stop kontak.

Meskipun ya, mungkin mereka berucap demikian hanya untuk bergurau atau karena ingin membuktikan pada orang lain bahwa dia benar...tapi buat aku nih....mendengar kata geledek atau petir aja aku sudah ngeri apalagi kalo sampe di pake-pake buat sumpah segala.

Petir mungkin hanya lah fenomena alam biasa yang sering terjadi di banyak tempat di muka bumi ini.
Namun, kehadirannya tak jarang juga menimbulkan korban jiwa. Semoga Alloh selalu melindungi aku dan keluargaku dari semua hal-hal yang tidak kami inginkan.




40 komentar:

  1. Hihihi, itu sumpah disamber gledek, ucapan jaman kapan ya... Jaman aku kecil ketoke wis ada.
    Rumah aku juga ada penangkal petirnya, tapi ga ngepek. Udah satu tivi dan satu DVD player rusak gara-gara petir :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho....penangkal petirnya nggak ngefek juga toh...wah...bener2 luar biasa ya petirnya...

      Hapus
    2. bukan cuma luar biasa petir itu mba...., tapi juga keramat deh tuh... hehe...

      iya serem banget membaca ceritamu itu mba...., di tempatku jarang sih ada petir, mudah2an jangan sampai deh... takuuut..!!

      Hapus
    3. @ mbak alaika : bener tuh mbak...betul2 keramat deh....dahsyat...aku aja bener-bener ketakutan mbak kalo ada petir datang.

      Hapus
  2. kalau ada petir kenceng nih mba, dinding kamar ku genter loh soalnya aku kan tinggal diketinggian jadi kagak ada peredam suara dr guncangan petir
    serem deh,kalau petir dulu aku sampai nangis kalau ada petir

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang serem banget tuh mas...rumah saya juga di dataran tinggi, jadi kerasa banget kalo ada petir.

      Hapus
  3. saya pernah hujan lebat, petir menggelegar dan saya berteduh di pinggir jalan... rasanya ga karuan... sereeemmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tuh bun....apalagi di pinggir jalan begitu, pasti makin serem deh

      Hapus
  4. kalau mendengar petir langsung deh tv,antena semuanyasaya cabut :) takut kesambar petir

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul tuh mbak lid....buat jaga-jaga siapa tau petirnya mampir ke antena...aku juga begitu kok mbak.

      Hapus
  5. masih da ya yang sumpah pake begituan.

    hati2 ya bun kalo ada petir

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lho ummi, saya denger sendiri orang sumpah pake bawa2 petir segala...padahal kan serem banget yah...

      Hapus
  6. di sini mah entah berapa modem yg jadi korban
    petir emang ganas :D
    makanya ga berani sumpah2 bilang sambar gledek

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, saya juga nggak berani deh sumpah bawa2 geledek segala...hehe..

      Hapus
  7. horor bener ya, mami zidane ..
    ga kebayang deh soalnya saya petir dikit aja udah dag dig dug derrr rasanya..
    take care always ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak risa, emang horor banget...wong petir di luar rumah aja udah ngeri, eh ini malah sempet masuk ke rumah juga petirnya...makin ngeri kan...?

      Hapus
  8. Yang kasian tu orang-orang yang tidak pernah sumpah, tapi disambar geledek, Bu. Petani ma pemain bola kan kadang begitu. Disambar di tempat kerjanya sampai hangus.

    BalasHapus
  9. seharusnya rumahnya dipasangin penangkal petir ya mbak, biar lebih aman lagi :)
    pernah saya lihat pohon kelapa yang kena petir sampai gosong terbelah, pohon saja yang tidak ada listriknya bisa kena, hati-hati ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul her, sebenarnya udah rencana pengen di kasih penangkal petir juga sih, soalnya petir di sini memang lumayan sering terjadi.

      Hapus
  10. Iya mbak, saya juga bingung kalo ada orang yang mau2nya bersumpah disambar geledek. Kalo benar2 disambar geledek, apa dikiranya bisa balik lagi dengan selamat, minimal sehat wal 'afiat? Ck ck ck.

    Aamiin, mudah2an Allah melindungi ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin, terimakasih atas kunjungannya ya mbak...

      Hapus
  11. mbak..ini sama ama keadaan kantor aku yang dulu....kan kantornya ada di dataran tinggi...kalo ada petir...bener2 menyeramkan.....pernah loch pas aku berdiri itu petir berasa kayak mau masuk dari pintu kaca.... TV, komputer, mesin fotocopy, PABX sering jadi korban petir itu....akhirnya bos pasang antena penangkal petir....agak lumayanlah...tp tetep kalo ada petir listrik dimatiin dari meterannya......

    BalasHapus
    Balasan
    1. ingin nimbrung disini ah...

      wah ngeri juga kalo begitu ya mba Nia... serem... aku belum pernah ngalami keadaa se mengerikan itu, mudah2an jangan sampai deh...

      baca postingan mama zidane, jadi bahan pembelajaran nih untuk lebih hati-hati... thanks infonya mba...

      Hapus
    2. @ mbak nia : memang tuh mbak, tempat2 di dataran tinggi biasanya sering di lewati petir... rumahku juga di dataran tinggi mbak.....makanya kerasa banget kalo ada petir.

      @ mbak alaika : sama-sama mba alaika...petir bisa terjadi di mana aja, yang penting selalu waspada dan berdoa, mudah2an Alloh selalu melindungi kita semua ya mbak..

      Hapus
  12. ngeri mi.... emang mami zidane tinggal di mana? aku liat petir dikejauhan saja langsung ngibrit matiin anten n stop kontak juga g deket2 elektronik deh....

    BalasHapus
  13. adik iparku meninggal krn disambar petir mbak... memang nggak bisa dianggap main2 apalagi pakai kata2 "sumpah".. hati2 lah ya.. Allah maha mendengar,,,

    ohya, dirumah dipasang penangkal petir kah mbak? aku pernah bincang2 sm seseorang yg sedang ambil s2, ambil tema tesis ttg petir, ya memang mnrt dia banyaknya petir ada kaitannya dgn kondisi geografisnya jg... dan ya, harus memutus aliran listrik kalo lg bnyk petir..

    semoga Allah selalu melindungi qta semua.. amin...

    BalasHapus
  14. di rumah belum ada penangkal petir sih mbak...sementara ini ya baru sebatas memutus aliran listrik aja setiap kali ada petir.

    BalasHapus
  15. Waa iya ya mbak? Kok berani bersumpah seperti itu. Kalau disamber beneran gimana. Dulu tv di kosku aja mati agra-gara kesamber. Apalagi manusia. Tapi gak punya tetangga mbak pasan. Jadi gak nyamber ke tetangga lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo cuma TV yang kesamber kita masih bisa berlega hati ya..tapi kalo manusia yang kesamber, wah pasti mengerikan sekali bukan..?

      Hapus
  16. hmm... semua perkataan bukan kah ada konsekuensinya? :D termasuk sumpah

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul itu, makanya kita di anjurkan untuk selalu bertutur kata yang baik-baik aja kan...

      Hapus
  17. saya juga bukan pasien yg penurut mam... udah di dalem ruangan banyak tanya, sampai apotek nolak antibiotik .... klo penyebabnya virus sih ga perlu antibiotik kan yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bunda kanaya, komen soal obat nya kok masuk ke artikel petir ya.....hehehe...nggak papa deh...hehe

      Hapus
  18. ternak ayam tetangga saya bisa dipastikan rugi berat kalo ada suara petir yang menggelegar...
    karena setiap ada suara petir,setidaknya 3 ekor ayam langsung kejang,jantungan kali yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haaaa....masa sih mas...baru tau nih kalo ayam bisa mati gara2 denger petir.

      Hapus
    2. iya mbak,karena kaget,terus pada kena serangan jantung mendadak gitu mbak...

      Hapus
  19. Dija takut kalo ada suara petir...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dija, besok kalo ada petir, ngumpet di bawah selimut aja ya...

      Hapus