Rabu, 25 Juli 2012

I Love Sambal Terasi

Kami sekeluarga suka sekali dengan makanan pedas, apalagi yang namanya sambel. Segalam macam sambel kami doyan. Yang paling sering di bikin di rumah sih sambel terasi, sambel bawang dan sambel kecap. Sambel atau makanan pedas bagi kami sudah seperti sebuah keharusan. Rasanya akan sangat tersiksa kalo kami harus libur menyantap yang pedas-pedas....hehe

Karena hobi banget sama sambel, maka bahan-bahan untuk membuat sambel di jamin akan selalu tersedia di kulkas di dapurku. Cabe merah, cabe rawit, tomat dan terasi biasanya akan ku beli dalam jumlah agak banyak. Kusimpan rapi dalam kontainer-kontainer bumbu dan ku simpan di kulkas.

Meskipun pada dasarnya aku hobi makan segala sambel, namun saat melihat iklan sambel terasi ABC di tv aku nggak langsung tertarik lho. Aku pikir, kalo sambel buatan pabrikan besar begitu rasanya pasti nggak akan seenak sambel buatan sendiri di rumah. Jadi waktu itu, meskipun tiap hari  iklan itu wara-wiri tiap menit di tv, aku tetap belum kepengen membelinya. Aku masih setia membuat sambel terasi sendiri di rumah. Prinsip ku.." sambel buatanku pastinya lebih enak daripada sambal buatan orang lain.."....hehe...#emak-emak super PEDE#

Sampai suatu kali saat aku belanja di pasar, tukang sayur langgananku menawari aku sambel terasi ABC ini. Dia bilang katanya sambel terasi ABC itu enak. Aku nggak langsung percaya sih. Aku balik bertanya " beneran enak nih...?". Belum sempat di jawab oleh si tukang sayur langgananku itu, tiba-tiba di sebelahku ada seorang ibu yang juga lagi belanja langsung menimbrung ikutan ngobrol, bak seorang SPG yang lagi nawarin sebuah produk dia cuap-cuap di depanku...."eh, sambel terasi ABC ini enak lho mbak, saya nyoba sekali aja langsung ketagihan. Rasanya pas banget lho mbak, ....bener deh ini enak, dan nggak perlu ribet-ribet ngulek sendiri...."

Setelah mendengar cerita si ibu, aku jadi langsung penasaran deh. Yo wes lah, iseng-iseng aku beli tuh sambel terasi ABC tapi yang kemasan sachet. Sambel ini memang tersedia dalam 2  macam kemasan, ada sachet dan ada yang di toples kecil.



Pas udah di rumah, langsung deh aku cobain. Eh sempat kaget juga lho, ternyata sambel terasi ABC tuh memang enak...!. Langsung deh, aku minta suami untuk ikut nyobain...dan pendapat suamiku ternyata sama denganku. Dia juga setuju kalo sambel ini memang enak. Pedasnya, asinnya, manisnya pas banget deh, cocok dengan lidah kami. Semenjak itu, aku dan suami jadi ketagihan deh sama sambel terasi ABC....di luar dugaanku, ternyata zidane doyan juga...:)

Aku seneng deh ada produk semacam ini di pasaran. Thanks to PT Heinz ABC yang sudah menelurkan produk berkualitas seperti ini. Sekarang, kalo kepengen sambel nggak perlu repot-repot ngulek sendiri. Apalagi di bulan puasa seperti ini, kepengennya kan masak yang praktis-praktis, tinggal goreng ayam, ikan atau tahu tempe. Tambahkan lalapan sesuai selera, tinggal di colek-colek deh ke sambel terasi ABC. Sudah praktis, enak lagi..

Maaf bukannya mau promosi ya, hanya sekedar pendapat pribadi aja. Barangkali ada teman-teman yang juga penyuka sambel sepertiku. Sambel terasi ABC layak untuk di coba lho...

Eh iya, aku sebenarnya lagi sedikit berduka lho, koleksi foto-foto yang ada di memori hp raib semuanya gara-gara di delete nggak sengaja oleh Zidane. Padahal itu foto-foto penting dan berkesan. Pengen nangis sejadi-jadinya manakala sadar semua foto itu sudah lenyap tak bersisa...huhu.....
Mau marah ke Zidane kok nggak ada gunanya, lagian kan  puasa..jadi ya di tahan deh marahnya.

Akhirnya minta tolong ke suami deh, trus dia download software PC inspector smart recovery yang katanya bisa di pake untuk mengembalikan file yang sudah terhapus dari memori hp ataupun kamera. Tapi ternyata prosesnya lelet banget, seharian kemaren aja di utak-atik, eh baru 48 % file yang terdeteksi. Duh, nggak tahu deh berapa lama waktu yang akan di habiskan untuk mengembalikan semua file yang sudah terhapus itu.


Ya sudahlah, mungkin ini cobaan di bulan puasa ya...sabar-sabar....:)




102 komentar:

  1. huwahhhh sayyyya juga suka sambellll......tapi yang sedang, gak terlalu pedass banget....hmmm coba pakai aplikasi recovery bun. biasanya biar foto udah di delete tetap bisa dikembaliin lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku suka yang pedes banget zul....

      foto yang hilang alhamdulillah dah ketemu, tadi nyoba aplikasi pandora recovery, alhamdulillah sukses balik semua...hehe

      Hapus
  2. Masku juga suka bgt sambel ini tapi saya sendiri blm pernah nyobain, agak males gitu nyobainnya, tapi kok skrg jadi penasaran. *labil* hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ikut nyobain mbak...#ngomporin#

      Hapus
  3. Saya juga suka sambal terasi...enak gitu rasanya pieee...

    BalasHapus
  4. I love sambal petis. *khas surabaya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku belum pernah nyoba sambel petis...bagi donk...:D

      Hapus
  5. waaaa sambal yaa .. saya kurang suka pedas hehehe

    BalasHapus
  6. hehee, puasa postingannya makann mulu mi :P
    tapi aku juga suka sambel terasi, kalo yang merek itu belum pernah beli si, rat" dimasakin emak dirumah ..
    emang enak ya mi..
    wah, bisa dicoba nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih sra, biasalah kalo perut laper ya bawaannya pengen ngomongin makanan...hehe...#nggak denk#

      Hapus
  7. gk ada sambal serasa sayur kurang garam.... heheh.., sy penikmat sambal sejati..! *smile

    BalasHapus
  8. Beneran enak?? ikutan dialek mama zidane :p
    Belum pernah cobain, suka sambel bawang buatan ibu niar yang ajib pake tempe goreng sama tahu :D

    Itu hapenya di otak atik sapa tau balik lagi fotonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambel bawang aku juga suka lho...:)

      sekarang fotonya udah balik semua niar, tadi nyobain aplikasi jenis lain dan sukses....hehe

      Hapus
  9. Mami promosiiii hahaha
    Tapi kan ada pengawetnya, Mam...
    Semoga enaknya sambel terasi itu bisa menghapus kesedihan Mami kehilangan foto2 penting itu, Mam...
    Bagaimana kabarnya? Aku luama bersemedi tanpa hasil apa2, Mam hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, pasti ada pengawetnya, makanya harus di imbangi makanan lain semisal buah dan sayur kan...

      Hapus
  10. sambel terasi + lalapan + pepes ikan peda, waw.. paforitku...

    BalasHapus
  11. Hihi ini iklan ya mbak? :P
    Aku sih gak suka sambaalll... dalam bentuk apapun... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dija juga ga suka
      soalnya pedas

      Hapus
    2. una sehati nih sama dija....hehe

      Hapus
  12. sambal terasi ini sip banget ya kalod ibawa ke luar negeri Mbak
    soalnya kalo seminggu aja di luar negeri, pasti kangeeeeeeeeeeeen sama sambal

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak elsa, praktis,biarpun di luar negeri tetep bisa makan sambel terasi ya...:)

      Hapus
  13. Sabar- sabar besok foto -foto lagi :D
    Sambil makam sambal trasi dijamin rasa duka hilang..hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang sabar di sayang tuhan, sekarang foto2nya udah ketemu semua mas....hehe

      Hapus
  14. sampai 10 menit yang lalu sebelum baca postingan ini, saya belum tertari sama sambal ini mba. tapi sekarang jadi penasaran. besok beli ah... makasih reviewnya ya :)

    BalasHapus
  15. jadi lebih praktis ya mbak, tapi aku suka yg susah2 deh hehehe buat sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, kadang saya juga suka yang susah-susah lho mbak...

      Hapus
  16. promosi mode on hehehe ... btw sosok itu dulu tidak terlalu suka sambal dan cenderung menjauhinya dan lebih mendekati sang kecap. kini, setelah tinggal di rantau dan terbiasa dengan makanan khas sunda berupa lalaban, akhirnya sambal pun tidak terlalu dibenci, apalagi kalau sudah bersama makanan favoritnya, pecel lele ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. lalapan plus sambel itu memang bisa menggugah selera makan lho pak..

      Hapus
  17. jadi inget dikampung bhak yu..

    BalasHapus
  18. Hayoo Zidane kenapa fotonya dihapus sayang, wah efek kebanyakan makan sambel terasi nih anak hahaha..

    saya berdoa mbak semoga artikel ini dibaca PT Heinz agar mendapat penghargaan sambel terasi satu kontainer nanti.. biar puas deh makan sambel, sekalian traktir tuh orang se-Batam makan sambel terasi wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zidane memang tangannya kreatif banget uncle, saking kreatifnya sampai koleksi foto di memori card hp yang jumlahnya ratusan bisa lenyap tak berbekas...hehe

      kalo dapet satu kontainer nanti saya kirim ke uncle juga deh...mau kan...:)

      Hapus
    2. mampir ah... mau mencicipi sambel terasi di sini :p

      Hapus
  19. wah jadi ingin tuch sambal mbak

    BalasHapus
  20. emang enak bu sambal terasi hehehe

    BalasHapus
  21. hallo bundanya zidane..
    gimana kabarnya??
    maaf bru nongol lgi, modemnya lelet kalau dipake di kampung halamanku.. soalnya lgi mudik, libur kuliah..hehe


    Wah, kebetulan saya suka sekali sama sambel terasi, tpi belum pernah coba sambal terasi abc itu kaya apa.. kpan2 boleh nih dicoba..
    Ouh iya, mdh2an memori foto2nya kembali lgi ya. amiin
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kabar baik rizki...

      lagi pulang kampung to...salam untuk semua keluarga rizky ya...

      Hapus
  22. semoga files-nya kembali semuanya, mami zidane..
    sungguh, aku paham perasaan itu. soalnya pernah mengalami tapi tidak bisa direcovery :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mbak, alhamdulillah sekarang sudah bisa di recovery semuanya mbak

      Hapus
  23. mami aku juga suka sambel terasi. Tapi suami sukanya sambel tomat. Jadi biarpun sudah tersedia sambel ABC terasi di meja makan tetep aja harus ngulek lagi sambel tomat hehe..btw, tutorial recovery foto nya kasih tau donk mih..soalnya punya memori hp juga yang file nya ke delete

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngulek lagi nggak papa mbak, yang penting suami suka kan...hehe

      tentang recovery file yang udah ke delete, kemaren yang ngerjain suami semua sih mbak, aku nggak terlalu tahu soal itu. tapi mbak drie bisa search di google, ada banyak jenis-jenis aplikasi untuk mengembalikan file-file yang sudah di delete.

      Hapus
  24. saya mah suka sambel terasi buatan sendiri. Saya blom nyoba yg instant gitu. Biasanya suka rada beda!
    btw..ini iklan ya? hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo buatan sendiri memang lebih pas ya mbak...

      ini bukan iklan kok, hanya share pengalaman pribadi aja...hehe

      Hapus
  25. Aku juga beli Mbak buat stok Ramadhan ini :) Suka rasanya, sama ya kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. praktis digunakan saat buka ataupun sahur ya mbak...:)

      Hapus
  26. Sambel terasi memang banyak yang dijual instant di pasaran, kalaw saya sih ngulek aja sendiri. Aseli natural dan sudah pasti pedes. Iyalah sambel

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo nggak pedes namanya bukan sambel ya pak....hehe

      Hapus
    2. Hueheheheheh betuuuuuuuuuuuuuuuuuul

      Hapus
  27. saya juga suka banget mba sambal terasi

    apa lagi sambel terasi yang digiling sendiri, pake ayam bakar

    maknyoss :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayam bakarnya bikin sambelnya jadi makin enak ya...

      Hapus
  28. hihihihi, kalau aku nggak terlalu suka makan sambel dan makanan yg pedas2, mbak..tapi suamiku sama anak2ku wuuuh, doyan bangeeet...
    dan kemaen pas suami tugas sebulanan di Kiev, solusinya dia bawa sambal terasi ABC ini mbak ke sana... :D katanya sih emang enak...aku gk nyobain...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambel ini emang cocok di bawa ke luar negeri ya mbak..

      Hapus
  29. saya Juga suka Terasi OMAH... apa lagi kedelai naik ,,, Terasi Jadi Solusi deh..Ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh, kok bisa, terasi kan nggak bisa dibikin jadi tempe to....hehe

      Hapus
  30. aku juga ketagihan sambel terasi ABC ini.. Rasanya pas semuanya ya... Udah gitu harganya juga lumejen terjangkau..:D

    BalasHapus
  31. wah jd pengen nyobain nih.. aku paling suka deh ama yg praktis2, ga pake ngulek, apalg klo rasanya enak.. :D

    BalasHapus
  32. sambel terasi memang mantap... hehe..
    I like it..

    BalasHapus
  33. sambel ABC itu emang enak.. sy juga suka..

    BalasHapus
  34. Sambal terasi emang mantaff, apa lg klo di tmbh la2p daun singkong hehehe...

    BalasHapus
  35. Sambal terasi, cocoknya sama kacang panjang wkwkwk...

    BalasHapus
  36. wah jadi inget waktu kecil, kalo malam lagi lapar, bikin sambal terasi, campur lalap. seep deh

    BalasHapus
  37. Mampir lagi sob. Nunggu postingan baru. :D

    BalasHapus
  38. Pagi-pagi liat sambil baca yang ginian jadi laper ne peruttt... :D
    Hadir selalu di sini, ijin share : MP3 Inspiatif Bag. XVIII, ditunggu commentnya Sob, Thanks, Salam bLogger

    BalasHapus
  39. aku malah lebih suka sambel mangga muda mba,soalnya rasa & aroma lebih dapat sensansi entah kenapa

    BalasHapus
  40. wahahaha, sama kaya saya nh mba :D
    pake makan tempe goreng

    BalasHapus
  41. sekarang demi kesehatan puasa makan sambel, tapi susahh abis hidup tanpa engkau. SAMBEL TERASI MAMA Terbaik Terbaik

    BalasHapus
  42. Oooh .. enak ya mbak? Kapan2 coba deh :)
    Affiq juga pernah eh sering (dulu) menghapus2 foto. Foto2 waktu Athifah baru lahir di HP dia hapus, padahal belum dippindahin ke komputer. Waktu ditanya kenapa dihapus. Dia jawab, "Saya tidak suka fotonya." Haduh ...

    BalasHapus
  43. sambel trasi memang sip.
    Saya suka sambal trasi tapi yang tak pedas, pokoknya asal ada sambelnya.
    Makanya saya lebih suka makan di resto yang ada sambal trasinya, bukan sambal non trasi seperti yang untuk seafood.

    Waktu kami bertugas di Nambia juga nyambel trasi sehingga tetangga yang orang sana buru2 tutup jendela rumahnya sambil ngoceh gak karuan he he he he.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  44. maaf...apa tu sambal terasi..KY tak tahu hihihi

    BalasHapus
  45. seni nya makan sambal terasi nimatnya ituloh..pas lagi nyocol nya hmm manyos..
    nice post mba..salam kenal ya :D

    BalasHapus
  46. sambel yah , umm saya juga spicy addict gan hehe
    sambel ijo tuh lumayan pedes :D
    sapa tau nti abc buat produk sambel ijo wkwk
    visit back yah :D

    BalasHapus
  47. wah sambal terasi itu sambal kesukaan saya sobat, saya bisa jadi besar ini karena tiap hari makan sambal terasi, sampai sekarang, kalau gak makan sambal terasi makan rasanya gak sempirna....hehe...
    ditunggu ya sob
    terima kasih

    BalasHapus
  48. sambal terasi di awal pembuatannya sangat gak aku suka karena bau gak enak, tapi setelah jadi eh malah minta tambah lagi hehe...:)

    BalasHapus
  49. mampir ke Lombok bun.. surganya masakan terasi.. :D

    BalasHapus
  50. Kita sehati mam. Tanpa direncana sma-sama bahas tentang makanan

    BalasHapus
  51. hadir lagi untuk baca-baca nih mba :))

    salam silaturrahim

    BalasHapus
  52. sambel membuat makanan menjadi lebih mantab ...
    Salam

    BalasHapus
  53. Kunjungan pagi sob. :D

    BalasHapus
  54. Saya juga penyuka sambel, dan makan jika tanpa rasa pedas bisa selera makan memudar. Tapi sambel terasi ABC ini belum pernah nyobain. Hahahaa..masih suka sambel hand made.

    Oia, ttg file yg hilang..saya pernah juga ngalaminya..fto tepatya. Padahal niat banget ngambil fotonya utk melengkapi postingan lomba...eh hilang dr acmera. Udah coba recovery tp hasilnya file corrupt. Akhirnya cari foto lain deh [meski tak sama persis dengan foto yg hilang]

    Happy Ramadhan Mbak:)

    BalasHapus
  55. wahaha, saya juga seorang pecinta sambal..
    jadi pengen nyoba sambal ABC #upss

    ~salam kenal

    BalasHapus
  56. jadi kepengin sambal terasi nih untuk berbuka nanti..hehe

    BalasHapus
  57. iya mam..
    sampai sekarang saya masih suka "ulekan" sendiri
    apalagi suami saya
    hehehe

    BalasHapus
  58. Sambal Terasi Sambal Kesukaanku, makyuss pool

    BalasHapus
  59. Aku lebih suka sambal terasi nya Finna,kalo abc terlalu manis menurutku

    BalasHapus
  60. Rasa pada Sambal terasi ABC ko lebih dominan manisy yaa.... enakan bikin sndiri....

    BalasHapus
  61. Ane sepakat sama anonim (2 April 2013), coba sambal terasi Finna deh, lebih mantap pedasnya. Dulu ane pake ABC, eh, begitu nyobain Finna, raasnya ga bakal pindah lagi dah....

    BalasHapus
  62. Ini dominan manis.. enakan indofood sambal terasi!! uda pernah coba ABC, finna food (Uleg) ttep indofood plg enak dilidah ku

    BalasHapus
  63. Kalo menurutku terlalu manis dan masih berasa pabrikannya. Agak mendingan yang Finna (uleg), masih berasa pabrikannya juga, sih, tapi gak sekental yang ABC

    BalasHapus
  64. Ak juga sukaa bangett... sempet ragu sblm nyoba,, tp berhubung ak g jago bikin sambel akhrnya nyobaa, n ketagihannnn,, jd g repot bikin sambel lgii hehehe

    BalasHapus