Sabtu, 04 Agustus 2012

Puasa, Jadi Gendut Atau Kurus ?

Kalo aku yang di tanya, pasti aku akan menjawab, " kurus donk..."


Ini sih jawaban berdasar pengalaman pribadiku. Di keluarga kami sudah jadi hal biasa bahwa puasa selama sebulan penuh memang akan membuat berat badan jadi turun beberapa kilo. Bagiku, ini malah sebuah nilai plus dari puasa ramadhan. Jika hari-hari biasa, menurunkan berat badan adalah hal yang teramat sulit bagiku, tapi dengan berpuasa di bulan ramadhan alhamdulillah, biasanya berat badanku bisa turun 2-3 kilo lho. Wuah..seneng banget deh rasanya...badan terasa jadi lebih ringan...:)



Selama puasa, kita tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Selama itu pula, tubuh akan mengambil cadangan lemak yang ada dibadan kita untuk digunakan sebagai energi saat kita beraktifitas di bulan puasa. Jika pola makan selama bulan puasa di jaga dengan baik, bisa di pastikan puasa memang bisa mengurangi berat badan.

Tapi bagaimana jika yang terjadi malah sebaliknya.. bagaimana kalo ada sebagian orang yang mengeluhkan bahwa selama puasa berat badan malah jadi naik...nah lo...yang salah puasanya atau pola makannya...?

Sebenarnya prinsip utamanya itu simpel banget. Jika asupan kalori  yang masuk ke tubuh melebihi apa yang kita keluarkan, di pastikan kita akan jadi gemuk. Begitupun sebaliknya. Jadi, kalo puasa tubuh malah makin gendut, mungkin karena apa yang kita makan memang porsinya tak sebanding dengan aktifitas yang kita lakukan. Puasa bukanlah alasan bagi kita untuk bermalas-malasan di siang hari. Tubuh sebaiknya tetap beraktifitas seperti biasa. Beberapa pakar kesehatan berpendapat, aktifitas yang kita lakukan saat berpuasa justru bisa berperan sebagai sarana detoksifikasi atau mengeluarkan zat-zat racun dalam tubuh.

Puasa yang di lakukan sesuai ajaran rosul, seperti berhenti makan sebelum kenyang, atau berbuka dengan makanan secukupnya, akan membuat tubuh semakin sehat. Tapi jika saat buka puasa malah di jadikan ajang balas dendam makan, ya jangan berharap kalo puasa bisa bikin kurus. Yang ada malah berat badan akan semakin naik kan ?

Beberapa kebiasan salah yang membuat tubuh semakin gendut saat puasa adalah :
  • Terlalu banyak makanan manis saat berbuka
  • Mengkonsumsi makanan berlemak atau goreng-gorengan secara berlebihan
  • Kurangnya asupan serat
  • Tidur setelah makan sahur
  • Malas berolahraga ataupun beraktifitas fisik
Nah, menjadi kurus atau gendut saat puasa semuanya tergantung pola makan kita masing-masing kan... Hayo mau pilih yang mana ?


85 komentar:

  1. pertama hahaha...mami sepertinya semua kebiasaan salah itu aku lakukan hihihi...alhasil biarpun puasa berat badan tetap. gak ada nurunnya. dan dihawatirkan habis lebaran malah melonjak..^_*

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeah...komentator pertama dapat hadiah bukber di rumah saya mbak....hehe

      hmm, kira-kira melonjak berapa kilo nih...:)

      Hapus
  2. iya nih baru 15 hari puasa aq dah tutun 3 kg...soale makanya dikit...,bisa ngurangi perut endut he..he..he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti sebulan turun 6 kilo donk...hihi...

      Hapus
  3. Alhamdulillah bun aku nurun beratnya 4 kg hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik donk aii...jadi langsing kan...?

      Hapus
  4. puasa kurang gerak itu yang bikin makanan tidak terbakar, hanya kenyang saja. .:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, biarpun puasa jangan lupa olahraga ya...:)

      Hapus
  5. Wah, kalo aku sih gag pernah nimbang-nimbang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting tetep sehat ya....:)

      Hapus
  6. Beberapa kebiasan salah yang membuat tubuh semakin gendut saat puasa adalah :

    Terlalu banyak makanan manis saat berbuka
    Mengkonsumsi makanan berlemak atau goreng-gorengan secara berlebihan
    Malas berolahraga ataupun beraktifitas fisik


    sepertinya point ini harus saya praktekkan....hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah lho...izul pasti tambah ndut ya...

      Hapus
  7. wah kesindir nih saya. :D
    saya tambah ndut karena jika makan berbuka porsinya sangat banyak. dan minumannya pun beraneka dari kopi, teh dan jus .

    BalasHapus
    Balasan
    1. maap...nggak bermaksud nyindir mas djangkaru nih....hehe..:)

      Hapus
  8. Kalo saya biasanya turun jg tapi paling hanya 2kg, ini aja udah turun 1kg tapi diwanti2 sama dokter berat badan gk boleh turun/naik drastis, serba salah ya? hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena mbak asty lagi hamil jadi turunnya nggak boleh kebanyakan kali ya...:)

      Hapus
  9. Nyesek ya kalo abis bulan puasa malah tambah gendut ..
    haha
    bener tuh, mau puasa kayak gimana kalo pola makanannya salah juga bisa gendut" juga .. hihihi
    untung mami jadi tambah kurus ya .. he

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul esra, yang harus di perhatikan adalah pola makan, dan aktifitas fisik harus tetap di lakukan...:)

      Hapus
  10. Tergantung pola makan yang sobat sebutkan tadi. Tapi banyak juga yang menjadi ideal. Yang gemuk makin langsing. Yang kurus tambah berisi.

    BalasHapus
  11. wah kalau saya termasuk yg stabil neh berat badannya, meskipun pola makan berubah...jarang bisa makan dua kali pas Ramadhan gini..sahurnya sering males. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga sering males sahur mbak....:)

      Hapus
  12. kalau aku tetap, gak kurus gak gemuk..hehehe

    BalasHapus
  13. kasi tau ga eaaaa ....xixi
    msh up and down ni mi...piyeeee

    BalasHapus
  14. saya turun 4 kg soalnya jatah tidur sangat berkurang. Kalo makan sih sewajarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tidur memang bikin berat badan turun pak...

      Hapus
  15. wah dibulan ramadhan kali ini saya udah turun 4 kg...tapi saya sangat senang kog bisa berkurang berat badan..heheee

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah semuanya masuk.
    dari nomer 1 sampai 5.
    :D

    jadi Puasa merupakan ajang penggemukan badan :p
    gegegegege..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...awas jangan kegemukan...

      Hapus
  17. Kalo saya sih biasa aja . . . Gak tambah gendut juga gak tambah kurus. Hehehe

    BalasHapus
  18. klo aq sich pengennya agk kurusan dikit....

    BalasHapus
  19. aq tambh gemukan cz tiap hari di masakin istri yang enak-enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. asiik...istrinya jago masak ya...

      Hapus
  20. Alhamdulillah berat saya turun mbak, malah sampai 7 kg. Tapi itu krn memang sengaja diet lemak, gorengan, dan protein tinggi. Lagi gak cocok dengan semua makanan itu. Tiba2 sj ada reaksi alergi, badan gatal2 dan bentol2, juga sudah mulai ada gejala sam urat. Alhamdulillah. Seandainya cocok2 saja waah.

    Tapi puasa2 kemarin turun juga sih sekitar 1-2 kg. Habis lebaran biasanya kembali lagi hehehe. Kali ini turunnya banyak sekali. Akhirnya berat saya nyampe juga di kepala 4, kirain tdk bakal tercapai :)Alhamdulillah, berkah juga sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turun 7 kg? Hebat..gmn tuh? Sy kalo suruh ninggalin gorengan, berattt

      Hapus
    2. mbak niar turun 7 kg..? wuah...jadi langsing donk mbak...

      Hapus
  21. Seperti ramadhan lalu, sy biasanya turun 3 kg-an! Tp yg kudu diwaspadai stlh lebaran..biasanya naik selesih 2 dr turunnya! Mknya bagiku yg penting adl pola hidup pasca ramadan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebaran memang masa-masa rawan mbak, karena banyak banget godaan makanan enak ya...hehe

      Hapus
  22. Tahun-tahun kemarin kalau udah puasa berat badan saya statis..Ga naik ataupun turun. Tapi untuk tahun ini Insya Allah bisa turun, soalnya lg nerapin pola makan yang benar.. Makan buah sm sayur,kurangi asupan karbohidrat.

    Salam kenal ya mbak.^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip itu, perbanyak buah dan sayur biar makin sehat ya mbak...

      salam kenal juga...

      Hapus
  23. Menjadi lebih kurus? wow makanya banyak suami yang makin sayang istri pas masuk Ramadhan hihihi

    gak juga tuh, gak ngaruh kok mbak.. puasa atau tidak badan saya tetap aja kurus hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...kira-kira suamiku kayak gitu nggak ya....:)

      uncle sering melek malem jadi BB nya susah naik deh...hehe

      Hapus
  24. makin kurus aku mba pas puasa ini..huhuhu..naekinnya susah nuruninnya gampang baanget..T__T

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting sehat kan mbak...hehe

      Hapus
  25. biasanya sy ngegendutin mbak, tapi tahun ini turun nih BBnya kayaknya.. *jingkrak-jingkrak..

    BalasHapus
  26. wah tetangga saya puasa kok tambah genduk buk hehee selamat berpuasa lama takkesini karena sibuk banget.

    BalasHapus
  27. kalau aku kayanya kebanyakan olah raga deh hehehe ngurus rumah maksudnya

    BalasHapus
  28. kurus sebulan...gendut 11 bln hihihi
    idem ah dg bang zidane geee

    BalasHapus
  29. kaya'nya sih tubuh lbh ringan, berarti lebih kurusan ya.. hehe.. Tp klo diliat sih, ga ada bedanya.. :D

    BalasHapus
  30. kalau berat badan saya sih relatif stabil selama puasa. dan alhamdulillah merasa lebih sehat dibanding sebelum puasa :)

    semoga puasa lancar sampai selesai ramadhan

    BalasHapus
  31. Klo puasa pastinya berkurus donk, klau ada yg gemuk mungkin sja porsi mkanannya yg kelewatan batas ...

    BalasHapus
  32. aku malah nambah berat badan :(

    BalasHapus
  33. saya mah stabilgak gemuk gak kurus :D

    BalasHapus
  34. kalau aku kagak ada perubahan mba,tetap aja kurus padahal mau banget badan agar berisi sedikit biar lebih bugar :D

    BalasHapus
  35. kayaknya sama saja, deh ga kurus dan gemuk hehehe

    BalasHapus
  36. wah keknya aku tergolong yg bakal jd gemuk nih abis puasa... soale tiap buka pake goreng2an sih (kesukaannya ayah shishil), semoga bs kecil lg nanti setelah lebaran :)

    BalasHapus
  37. hadir dimlam hari gan :D

    BalasHapus
  38. kalau saya mau sedikit atau banyak tetep sama mi, kurus lha memang bawaannya gitu

    BalasHapus
  39. saye malah tambah kurus, alhamdulillah

    BalasHapus
  40. Kalaw saya sih makan dikit aja bawaanya udah gemuk. Tapi lumayan sih Alhamdulillah agak kurang turunnya selama bulan Puasa ini. NDa bakat Kurus kali y

    BalasHapus
  41. Verat sy turun 2kg.. Tapi alhamdulillah tetep sehat.. :)
    Salam ya mba :)

    BalasHapus
  42. Kunjungan hari Jumat. Ditunggu artikel terbarunya ya hihihihihi. NgaRep Dot Kom

    BalasHapus
  43. beberapa tahun yang lalu kalau puasa beratku nambah terus, mungkin karena minum manis terlalu banyak, terutama es dan susu.
    tapi dua tahun terakhir aku gak lagi munim es saat berbuka,aku juga gak lagi minum susu dan alhamdulillah barat badan turun meski gak terlalu banyak

    BalasHapus
  44. kalau dulu saya berpuasa malah jadi naik berat badan-ku, bukan karena banyak makan,,tapi karena makanan yang saya makan lebih bergizi untuk menghindari lapar yang cepat datang saat berpuasa...tapi sekarang berpuasa jadi turun berat badan..bukan karena kurang makan..karena memang disengaja ...salam Ramadhan :)

    BalasHapus
  45. aku jadi kurus nih :D haha
    mampir juga ke blog ane ya ? makasih

    BalasHapus
  46. Aku jadi kuruuus Mami..
    Kemaren ngecek baru 2 minggu puasa udah ga ada 2 kg hiks..
    Badan rasanya ringan, mata cekuung, tapi alhamdulillah masih selalu di beri kesehatan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku gemuk dan kurus bisa di stel dari kurangnya jam tiduur, tidur banyak genduut, kurang tiduur langsung kuruus deh..kalo makan mah da tetep aja dikiit, tapi ngemilnya itu loohh..ga berhenti2..hihii..

      Hapus
  47. asik donk mam....
    bisa turun 2-3 kilo...:)

    BalasHapus
  48. Makasihya mbak infonya. Kalo aq biasanya turun 1-3 kg.. Lumayan..
    Tapi karena lebaran kmaren aq jualan kue lebran. Mana yg banyak pesenan tu kastengels,, tiap bikin malemnya comot sana sini.. Alhasil puasa tahun lalu aq naik 3kg. :-D
    Tapi tekad q tahun ini ga boleh gitu lagi.. Kan dah tau mana yg bener dan yg salah..

    BalasHapus
  49. Thanks infonya, kalo saya sih ga keberatan jadi tambah gemuk yang penting tetap jaga kesehatan aja..

    BalasHapus