Sabtu, 11 Agustus 2012

Dilema Gigi Bungsu

Beberapa tahun lalu aku pernah menjalani operasi gigi geraham bungsu. Gigi geraham bungsu bawahku baik yang kanan ataupun yang kiri memang tumbuhnya nggak lurus ke atas, tapi agak miring ke samping. Inilah yang menyebabkan gusi belakang jadi sangat sakit setiap kali si gigi bertumbuh besar. Dokter gigi pun menyarankan agar gigi geraham bungsuku segera di operasi saja agar tak terus-terusan menimbulkan rasa sakit.

Operasi gigi berbeda dengan cabut gigi biasa. Cabut gigi biasanya di lakukan untuk mengambil gigi yang keseluruhan bagian gigi sudah tumbuh secara menyeluruh di gusi. Sementara operasi gigi adalah mengangkat bagian gigi yang sebagian permukaanya masih terpendam di dalam gusi.

gambar minjem dari sini

Dulu, dokter gigi sudah mengatakan bahwa kedua gigi geraham bungsu bawah ku baik yang kanan atau yang kiri harus di angkat semuanya. Namun, tentu saja waktunya nggak bisa di lakukan bersamaan sekaligus. Berhubung waktu itu yang kurasakan paling sakit adalah bagian kiri, jadi aku minta ke dokternya untuk mengoperasi yang kiri dulu. Rencananya, nanti beberapa bulan lagi baru deh yang kanan.

Akhirnya operasi pengambilan gigi bungsu bagian kiripun di lakukan. Bagiku, ini sebuah proses yang sangat tidak nyaman. Bayangkan saja, hampir 1 jam mulut kita di haruskan terbuka lebar. Bagian gigi yang belum sepenuhnya keluar di gali dan di angkat, sebagian tulang rawan tempat tumbuhnya si gigi pun di sayat dan di potong, kemudian gusinya pun di jahit. Memang prosesnya sih nggak menyakitkan, wong kita di bius kok. Yang justru menyakitkan dan merepotkan adalah masa-masa pemulihan setelah operasi. Biasanya 3-7 hari setelah operasi gusi bagian belakang akan mengalami pembengkakan, rasanya lumayan sakit. Apalagi mulutpun jadi nggak bisa di buka lebar. Jadi selama proses itu kita akan sedikit mengalami kesulitan saat makan.

Gara-gara prosesnya sangat tidak nyaman itulah aku jadi trauma. Niatku yang dulu ingin mengoperasi gigi bagian kanan pun jadi kuurungkan. Sampai hari ini gigi bungsu yang kanan belum juga di angkat. Padahal gusi belakang bagian kanan juga sudah berkali-kali kurasakan sakitnya.

Seperti beberapa minggu terakhir ini rasa sakitnya pun seringkali datang. Levelnya sebenarnya sudah pada tahap mengganggu sekali. Namun, ajakan suami untuk datang ke dokter gigipun masih saja kutolak. Sungguh, aku masih takut kalo harus mengalami operasi gigi lagi. Kalo hanya cabut gigi biasa, aku sih berani. Tapi kalo operasi gigi.....hmmm...kayaknya aku harus menata hati lagi untuk bisa menghadapinya. Mungkin kesannya aku ini penakut banget ya....tapi itulah yang ku rasakan.

Dilema...di satu sisi rasa sakit ini sangat menganggu dan amat sangat tidak nyaman. Tapi di sisi lain aku juga takut kalo harus mengalami masa-masa setelah operasi gigi itu. Ah, seandainya saja ada obat untuk menghilangkan rasa takut ini.


88 komentar:

  1. wah emang kalau sakit gigi itu rasane minta ampun mbak..

    Hmm.. semoga ada cara terbaik deh buat kesembuhan gusinya.. andai aja saya pak Tarno mungkin udah saya sulap tuh mbak, gigi geraham bungsunya langsung hilang tanpa operasi.

    “Bin sala bin, jadi apa, prok, prok, prok …”

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas...senut-senut aduhai....

      mungkin saya harus nyari pak tarno dulu ya....hehe

      Hapus
  2. Jaman saya SD saya termasuk agak takut sama yang namanya dokter gigi. Namun seiring waktu berlalu sejak SD itulah saya jadi berani

    BalasHapus
  3. Mamih kok sama sih nasibnya? Kata dokter dua gigi bungsuku gak tumbuh keluar, tapi malah 'tidur' di dlm gusi. Dan memang begitu mmmelihat hasil rontgen demikian.Disarankan di opersi 22nya. Tapi sampai sekarang gak punya keberanian mih..alhasil menanggung derita cenut cenut

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...cenut-cenut tapi tetep di tahan ya mbak...

      Hapus
  4. aku belom pernah berurusan sama yg satu ini bun dan moga ngk yah bun hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga jangan ya aii...ngeriiii...

      Hapus
  5. waduh satu jam mbuka mulut tentu bukan kondisi uang nyaman. Kalo saua pernah myabut gigi, begitu tengah malam terjadi pendarahan serius, mo kembali ke doktet udah tutup. Semaleman nahan sakit dan darah yg keluar

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh...pendarahan setelah cabut gigi ngeri juga ya pak.

      Hapus
  6. saya pernah tuh mbak, awalnya rahang gak bisa ditutup, mangap terus. Sampe di opname dgn diagnosa stroke ringan. Tapi tensi gak terlalu tinggi, hasil scan kepala juga ngga apa2. Dokter syaraf menyarankan untuk ke dokter gigi. Katanya sih gigi bungsu yang tumbuh ke samping dan harus di operasi.
    Akhirnya, dua gigi langsung diambil dgn cara dioperasi. Ih, ngilu deh kalo inget....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bu...emang ngilu setiap kali mengingatnya ya...

      Hapus
  7. berarti sakit gigi itu tidak enak ya mbak :) lagu sakit gigi lebih baik dari sakit hati gak bener dong ya hehehe. semoga cepat sembuh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bikin lagu pasti belum pernah sakit gigi ya mbak..:)

      Hapus
  8. sampe sekarang aku belum pernah berurusan dengan dokter gigi
    bukan karena giginya sehat
    tapi karena bolong bolong takut dikomplen
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...kebanyakan makan permen ya mas...

      Hapus
  9. aduuuuhhh nyut2an mbak sy kalo berurusan sm dr gigi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bun....mendingan berurusan sama panci di dapur ya....hehe

      Hapus
  10. Ternyata gigi ada yg bungsu juga ya :)
    Hehehe...

    BalasHapus
  11. lebih baik sakit hati deh, kalo sakit gigi gak bisa makan, heheheheh

    BalasHapus
  12. ngeri sy baca ceritanya. sy paling ngeri kalok nyebut2 operasi, apalagi operasi gigi. gmna rasanya tuw???

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang mengalaminya lebih ngeri lagi mas....hehe

      Hapus
  13. Aku pernah Operasi gigi geraham bungsu juga Mami..
    Operasi yang pertama langsung 2 gigi..
    dan kedua 2 gigi juga..
    Saking ga kuat tuh, sering sakit gigi, ternyata bekas gigi yang copot masih ada akarnya, gigi gerahamku dah abis di operasi in Mami..

    Memang rasa sakitnya hanya sesaat saja, ..
    Bener kata Om Meggy Z, Mendingan sakit gigi dari pada sakit hatii hiks..

    Dan aku ga pernah sakit *jangan lah*, cuma ada sakit matuh ya sakit gigi, rugi bo abis operasi ga pernah ada yang nengok kalo sakit gigi mah..ckckc..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, berarti udah mengalami 2 kali ya mbak....saya baru sekali aja langsung trauma lho...

      Hapus
  14. paling males ke dokter gigi, dulu pertama kali ke dokter gigi, dokter mau main cabut aja gigiku yang berlubang iiiihhhh ngeri. jangankan cabut gigi lait suntiknya aja aku dah gemeteran. sampai sekarang aku gak pernah periksa gigi takut....

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti gigi yang bolong belum di cabut sampe sekarang ya mbak...?

      Hapus
  15. duhhh koq sama sih mba problemnya gigi geraham bungsu. aku jg pernah operasi gigi, tp krn gusinya ga membuka sempurna sementara si gigi udh semakin besar, jd gusinya tuh nutupin gigi geraham yg ukurannya udh sama spt geraham yg lain, alhasil jd sering sakit gigi deh krn infeksi dr makanan yg masuk ke gusi. jadilah tuh gusi disobek dan dibuang. Ihh beneran pegel ya mulutnya mangap terus hehe...

    Apa ga ada solusi lain dr dokter giginya mba? siapa tau ada jalan lain, yg bikin ga mesti operasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang nggak ada jalan lain kecuali di operasi mbak...tapi saya masih takuut...

      Hapus
  16. Ikutan menyimak dan meramaikan... :)
    Hadir selalu di mari, share : MP3 Inspiratif Bag. XIX, mohon direview Sob, Salam bLogger... :)

    BalasHapus
  17. Emang sakit gigi ngalah2in sakit hati ya mbak :D
    Semoga akhirnya kuat untuk operasi mbak, dari pada kambuh2an sakitnya hehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas...lagi berusaha menyiapkan hati untuk datang ke dokter gigi nih...

      Hapus
  18. Huaaa mami juga bermasalah dengan gigi OW OW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik sakit hati, daripada sakit gigi ini

      Hapus
  19. Bagaimana jika rasa sakit itu dinikmati ? saya belum pernah mencoba tapi siapa tahu bisa lebih enakan. Waktu melahirkan kan juga sakit tapi ada unsur bahagianya disitu ya mam.

    Saya juga punya tabungan 2 gigi yang harus saya cabut nich.

    Jeng, jangan lupa ikut kuis gampang pwol di http://mondasiregar.com

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap meluncur ke TKP pakdhe...terimakasih ya....

      Hapus
  20. obat anti galau...banyak.
    kalau anti takut sich..hanya satu, yaitu "audzubillahiminasyaitonirojim" :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. plus bismillahirahmanirrahiim....

      Hapus
  21. mesti banyak2 syukur ya Mbak, punya gigi yang sehat :)

    Tapi kalau satu2nya jalan operasi, gpp mbak, yakin aja, bismillah...

    semoga segera sehat yaaa...

    BalasHapus
  22. obat takut hanya dengan pasang niat untu memberanikan diri mbak, dan yakin semua akan baik-baik saja.

    BalasHapus
  23. Sama mbak, aku jg pernah operasi gigi bungsu yg bikin trauma sampe skrg. Dokter yg pertama aku datangi rekomendasikan aku ke dokter gigi lain, dan gak dibilang akan dioperasi. Jadi aku pede aja dateng, eh ternyata di operasi sejam gitu. Yg paling bikin sesek dada tagihannya 500rb, total dgn cabut benang dan kontrol ke dokter sebelumnya jadi 750rb. Aduh buat kami yg bukan pegawai ini rasanya pengen nangis dpt tagihan semahal itu apalagi gak ada pemberitahuan sebelumnya kalo akan dioperasi. Eh kok jadi curcol ya? hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di batam biaya operasi gigi malah lebih mahal mbak, operasinya aja sampe 1,5 juta belum termasuk obat-obatan plus biaya kontrol.

      memang yang namanya kesehatan mahal harganya ya mbak.

      Hapus
    2. operasinya dimana di Batam ?

      Hapus
  24. aduuh serem juga ya mba..aku jadi merinding kalo inget kata operasi gigi.

    Gigi calingku yang atas harusnya juga diangkat dengan cara operasi. Karna sigigi udah mati dan ga bisa numbuh.

    Masih maju mundur aku mba. Takut bin ngeri. Tapi so far Alhamdulillah, ga ada keluhan sakit atau yang gimana.

    Abisnya udah ngeri duluan ngebayanginnya..takuuutttt.. :,(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kayak saya mbak, masih maju mundur juga....

      Hapus
  25. agak serem kalau bahas soal gigi :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..lebih serem daripada film horor ya....hehe

      Hapus
  26. wah rasanya nyeri kalau sakit gigi, bawaannya mau marah terus....tapi ke dokter takut di suntik...

    BalasHapus
  27. sakit gigi itu nyiksa mending sakit hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Alloh...yang bener? mendingan ga dua-duanya kalee...

      Hapus
    2. betul kata mbak popi, mending gak dua-duanya ah...

      Hapus
  28. kalo lagi sakit...ingat saya aja bund...kali aja langsung hilang takutnya.huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...bisa aja zul...oke deh nanti ku coba ya...:)

      Hapus
  29. Penakut untuk dioperasi itu wajar mba, tanya aja semua orang, pasti kalau dioperasi takut sekalipun operasi itu, operasi gigi.

    orang pasti sudah membayangkan apa rasanya dioperasi. hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, fahmi juga takut kan..?

      Hapus
    2. hahahaa aku ya pasti takut tho mba :p

      Hapus
  30. ya lebih baik dioperasi saja mbak paling-palin sakitnya seketika bahkan tidak sakit waktu operai karena akan dibius lokal, seminggu kurang lebih sudah sembuh, dari pada jika tidak dioperasi derita sakitnya berkepanjangan, iya kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak, insya allah mau di operasi aja, daripada sakit terus-terusan.

      Hapus
  31. belum update lagi ya? saya tunggu sob hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar kawan, jangan maksa, entar pikiran bubar, besuk lebaran nih, buat ketpat dulu..hehe

      Hapus
  32. pasrah sajalah kalau dicabut giginya, daripada mempengaruhi kesehatan yang lain ^_^

    BalasHapus
  33. Huaaa aku juga baru tumbuh nih gerahamnya~
    Alhamdulillah gak sakit... tapi gak tau deh, baru mecungul dikit sih...
    Jadi takut T.T

    BalasHapus
  34. aku juga sakit, rasanya pengen tak iris2 gigiku, soalnya gatal2 sakit linu, giginya gak mau muncul hadduh...

    BalasHapus
  35. Sama yg lg saya rasakan skrg mba,td pagi saya baru operasi gigi bungsu,sakittttttttt.jd takut buat operasi yg satu lagi.buat nelan aja ngak bisa.tersiksa.beneran lbh baik sakit hati drpd sakit gigi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul betul..nelan liur ja ssh..hiks

      Hapus
  36. duhh mbak..untung gigi bungsu ku yg bermasalah cman 1..nih lg masa pemulihan..ampuuunnn..klo 2 gigi nya kyk mbak, aku pun trauma deh mbak..mau makan ja ssh..nyut2an.
    tpi mendingan mbak cpt di operasi biar cpt lwt sakitnya..hahaha

    BalasHapus
  37. saya juga bermasalah dengan gigi bungsu, dan minggu depan rencananya mau operasi, untuk yang pertama, yang kanan yang saya rasakan ngilunya ampuunn, nyampe ke leher.. sebelum operasi niat baca2 cerita kawan2 yang share cerita bedah ringan gigi bungsu,. eh.. hla ya kok saya jadi makin ngiluuuuu :'(
    apalagi tau kalo pake acara jahit-menjahit segalaaa..
    efek yang habis operasi itu, yang katanya pendarahan, ga bisa makan, ngilu, dan apalah lain2.. Tuhan, beri aku kekuatan :'(

    BalasHapus
  38. Salam mbak, saya juga barusn k dokter gigi di tambal yg lepas tambalannya, setelah di tambal.... kata dokter ada gigi saya yang bungsu kiri kanan gak bener numbuhnya miring geser ke dpn, dan harus di operasi kecil dua2nya.....
    Pantesan dulu saya pernah sakit demam trus sulit nelen, beda sma nyeri nelen yg biasa, sakit bgt, kata dokter nya harus ke dokter gigi buat periksa mungkin nyeri nelennya dari gigi. Ternyata mungkin memang penyebabnya dri gigi bungsu ini ya.....
    Ngeliat cerit a yang mbak post saya jd ngeri neh, soalnya blm pernah sekalipun di suntik dan di operasi di daerah gigi..... Mudah2an sakitnya gak terlalu seperti yang di bayangkan..... Mksh infonya, sgt membantuuu....

    BalasHapus
  39. Kmrin aq bru saja operasi gigi di eka hospital memakai 5.4jt. Aq kira awal2 hanya cabut gigi biasa tp setelah aq jlanin. Tambalan pada gigi graham kiri aq dihabiskan dibius. Dibedah. Krn graham bawahqu tumbuh miring sekali tp yg pling aq shock sampai dijahit. Awal selesai selalu mau buang air liur bercampur darah. + susahnya minum air dan mkn. Tiap x mkn cumn bs telen tanpa dikunyah sungguh menyiksa

    BalasHapus
  40. saya juga baru operasi gigi bungsu, karena posisinya tidur kedepan, jadi kalo habis makan selalu slilitan. karena takut bisa merusak gigi depannya, maka aku minta di cabut. sebenernya udah dari th 2005 aku periksa ke dokter gigi, trus dokternya selalu bilang harus janjian dulu. periksa ke beberapa dokter gigi malah. sampai2 terbengkalai dan baru realisasi di awal juli 2013, itupun dengan dokter yang berbeda (udah berapa dokter gigi ya yg aku kunjungi, udah lebih dari 5 yg jelas). nah, bengkaknya terjadi 6 hari. sakitnya masih terjadi sampai skrng. aku minum painkiller sama antibiotik. antibiotik diberikan XX dengan dosis 3x. painkiller diberikan untuk 5 hari. besok aku balik ke RS buat buka jahitan. rasanya gak sakit karena pengaruh obat. tapi kalo pengaruh obatnya hilang, wooooowwww sakitnya bukan kepalang.

    BalasHapus