Sabtu, 21 Juli 2012

Kolak Pisang

Maaf ya pagi-pagi udah ngomongin kolak pisang, bukan karena lagi ngiler kolak pisang lho...asli bukaan....! hehe...

Hanya sekedar lagi inget aja dengan si kolak pisang, teman-teman semua pastinya udah tahu kan, bahwa si kolak pisang ini merupakan sebuah hidangan yang biasanya banyak tersaji saat bulan puasa seperti ini. Apalagi di rumah ibu saya di kampung, sajian ini di pastikan akan selalu hadir setiap hari di meja makan selama sebulan penuh, tanpa absen sehari pun.

Kenapa bisa begitu ? apakah semua keluarga besar saya di kampung memang hobi banget makan kolak pisang ? ataukah ibu saya memang jualan kolak pisang ? hehehe....sayangnya dugaan -dugaan itu semuanya salah. Ibu saya bukannya jualan kolak pisang, keluarga besar saya di kampung juga tidak semuanya suka dengan kolak pisang. Lantas kenapa hidangan ini bisa setiap hari nongkrong di meja makan selama ramadhan, tanpa absen sehari pun ?

gambar minjem dari sini

Jawabannya adalah karena sang kepala keluarga yang punya kebiasaan wajib untuk selalu berbuka puasa menggunakan kolak pisang. Sang kepala keluarga itu tak lain tak bukan adalah bapak saya sendiri alias mbah kakungnya Zidane. Buat bapak saya, buka puasa tak kan afdol bila tanpa semangkok kolak pisang buatan ibu. Tak pernah ada kata bosan bagi bapak untuk menyantap hidangan ini selama bulan ramadhan. Disaat anggota keluarga yang lain sudah mulai bosan dengan si kolak pisang, bapak tetap setia dengan pedoman makannya. Bahwa buka puasa memang harus selalu di awali dengan menikmati kolak pisang. Yah, sebuah kebiasaan yang cukup unik menurut saya. akhirnya sampe sekarang kalo lihat kolak pisang pasti saya langsung teringat bapak di kampung......hehehe...bapak...I miss U.....

Nah, berhubung sedari kecil saya ini sering banget melihat penampakkan si kolak pisang, eh akhirnya saya kok jadi punya perasaan yang agak-agak gimana gitu dengan makanan ini. Sampai sekarang saya kok malah jadi enggan untuk menyantapnya....hehe...entahlah, mungkin ini yang di sebut dengan rasa bosan yang sangat akut. Bener lho, melihat wujud kolak pisang di jual di pinggir jalan aja saya udah ilfil duluan lho. Padahal sebenarnya kalo pun saya harus memakannya ya nggak papa sih, tapi ya paling hanya sesendok dua sendok aja...hehe...bener deh, melihat wujudnya aja kadang rasanya udah kenyang duluan ....:)

Itulah mengapa di bulan ramadhan seperti sekarang ini saya nggak pernah kepikiran untuk memasaknya di rumah saya sendiri. Jadi kebalikan dengan di rumah ibu di kampung. Di rumah ibu saya  kolak pisang jadi menu yang wajib ada di meja makan. Tapi kalo di rumah saya di batam, bisa di pastikan hidangan ini nggak akan pernah saya sajikan di meja makan. Kalopun suami kepengen makan kolak pisang, mendingan beli di luar aja deh. Jangan minta aku memasaknya ya  ayah....hehe

Setiap keluarga mungkin memang punya menu wajib sendiri-sendiri ya setiap ramadhan begini. Kalo bagi keluarga kecilku di sini, nggak pernah ada menu wajib sih. Pengennya setiap hari malah ganti-ganti menu biar nggak bosan. Tapi sebenarnya ada satu sajian yang selalu hadir menemani saat berbuka, bukan makanan tapi minuman. Segelas teh manis hangat merupakan minuman wajib bagiku dan suami setiap berbuka puasa. Meskipun nantinya akan ada minuman-minuman lain, semacam es cendol atau es buah, teh manis hangat tetap harus tersedia di meja makanku. Maklum... sudah tradisi...hehe..

Sahabat punya menu wajib atau minuman wajib saat berbuka ? atau ada sahabat yang suka sekali dengan kolak pisang ? semua sah-sah aja ya. Yang penting tetap di ingat, makan apapun saat berbuka puasa sebaiknya jangan berlebihan.  Yang sedang-sedang aja rasanya jauh lebih nikmat kan....hehe

Selamat berpuasa kawan....





99 komentar:

  1. salam kenal mami zidane :D

    wahh kolak pisangnya bagi kesini donk, untuk buka nanti :D pasti ajib banget dimakan campur es batu :D

    kalo ibu chika suka ngebuatnya bareng kolang kaling atau ubi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga chika, terimakasih sudah mampir kemari.

      Hapus
  2. huwaaa sumpahhh ngilerrr....tanggung jawabbbb

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...berarti nggak tahan godaan nih....:)

      Hapus
  3. addoohh klo gk kuat iman bisa berantakan nih mah.. hehehe

    BalasHapus
  4. Kalau mami gak mau, kirim buat aku aja mi...pasti habisss buat ntar buka puasa hihihihi..

    BalasHapus
  5. Kolek pisang itu kalau di Arab ibarat kurma buat buka puasa mbak. jadi kolak pisan = kurmo jowo haha


    Zidane udah latihan puasa mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurmo jowo....hehe....bisa jadi memang begitu ya...

      zidane puasa tapi cuma sampe jam 8 pagi uncle....hehe....

      Hapus
    2. begh itu mah sarapan Zidaneeee.. ampun deh hehehe

      Hapus
  6. waduh..., rasanya sudah ga sabar menunggu maghrib....

    BalasHapus
  7. alhamdulilah lihat gambar doank cukup membuat kenyang da ngiler...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti kalo beduk magrib mampir ke sini lagi ya....hehehe

      Hapus
  8. hmmmmm wanginya udah sampai kesini loh mbak kolak pisangnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe....mungkin tetangga mbak lid ada yang lagi masak kolak pisang tuh...)

      Hapus
  9. Kolak pisangnya enak klo buat buka puasa.
    Met puasa...
    Udah lama aku gk kesini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. met puasa juga zevin, terimakasih sudah mampir kemari

      Hapus
  10. Kangen makan kolak pisang. Pesan anter ke malang bisa? sedihnya jadi anak kos, hiks....

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tahu gimana rasanya jadi anak kos...hehe

      Hapus
  11. di depan rumah setiap ramadhan selalu ramai penjual aneka lauk dan jajanan dan nggak ketinggalan aneka kolak, tinggal pilih tinggal bayar.saya sendiri penyuka aneka bentuk olahan pisang, hanya saja tidak terlalu kayak Mbah Kung

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti enak ya pak, nggak perlu capek2 masak, tinggal beli aja, lebih praktis ya.

      Hapus
  12. kolek paporitku.. hehe..
    met berbuka puasa ibu yang baik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kolek bukan favorut saya...hehe...selamat berpuasa juga ya...

      Hapus
    2. hehehe.. ^_^
      baik..
      met menjalang tidur ibu.. :)

      Hapus
  13. Kalau teh manis mah mana bosen hehe...
    Itu bapaknya Mami kok bisa nggak bosen gitu sih...
    Aku sih nggak gitu suka kolak, makan nek kepengen tenan thok :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya un, aku sendiri nggak tahu apa sebabnya. Mungkin karena udah jadi prinsip hidup kali ya...hehe

      Hapus
  14. bikin ngeces..heheheee, kalau saya juga sudah bosan mungkin karena saya lagi mengurangi makanan manis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah, jangan ngeces donk mas...hehe

      Hapus
  15. sedap bangat ni..kat malaysia panggilnya pengat pisang

    BalasHapus
    Balasan
    1. di malaysia ada kolak juga ya kak..?

      Hapus
  16. saya masih suka kangen sama sensasi manisnya si kolak pisang ini. tapi gak jadi menu wajib buka puasa si. kalo lagi pengen aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. manisnya bikin saya kenyang sebelum makan mbak...hehe

      Hapus
  17. Kalo saya kolak pisang cuma diambil kuahnya doang. Manis bgt. Hehehe.

    BalasHapus
  18. duahh.. Harusnya saya Tau post Ini sahur tadi ya.. Kalo sekrang lagi Puasa Omah,, Kalo sahur tadi tau post ini udah saya Cari kolak di luar..hihi

    BalasHapus
  19. kalau di kampung kolak pisang sama es dawet, tapi kalau di perantauan, es buah pastinya he..he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi tetep ada ES nya ya mas...

      Hapus
  20. Aaah jadi pengen kolak pisang,hehe...
    Saya dan suami jg suka bgt sama kolak pisang, diluar bulan puasa kami juga masak kolak pisang kalo lagi pengen, tapi ya gak tiap hari supaya gak bosen :)

    Btw Selamat berpuasa Mbak, semoga lancar puasanya dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, aamiin yra :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang harusnya ngggak terlalu sering makannya mbak, biar nggak bosen kayak saya...hehe

      Hapus
  21. aku juga suka sama kolak pisang, mba. tapi biasanya habis buka makan nasi dulu, hehe :D baru kolaknya abis shalat magrib :D

    happy ramadhan ya, mba. maaf lahir batin. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho, kolaknya malah jadi nomer dua to...hehe

      happy ramadhan juga Ila...

      Hapus
  22. kolaknya bikin ngiler di siang hari puasa

    BalasHapus
  23. waktu almarhum mama masih ada, kolak pisang adalah salah satu menu andalannya saat berbuka puasa....nikmat..apalagi kolak pisangnya pake gula aren...hmmm :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pake gula aren pasti manis banget ya...hehe

      Hapus
  24. Waduh nikmat nya Santapannya itu, jadi kepengen Ibu. Nice Share

    BalasHapus
  25. Waah tadinya saya kira mami Zidane rajin bikin kolak pisang di rumah :D

    Setelah baca itu .... waaah saya juga bakal eneg kali mbak :)

    Oya maaf ya baru main ke sini, lagi susah BW, inetnya ngembekan terus.

    Mohon maaf kalo ada salah2 kata :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya udah bosen sama kolak mbak, jadi sekarang malah nggak mau kalo harus memasaknya di rumah...hehe

      Hapus
  26. hidup teh manis..!! hehehe di keluarga pun juga tradisi teh manis selalu harus ada di meja makan. Rasanya angeet banget di badan, setelah seharian kita berpuasa.. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak...teh manis is the best ya..

      Hapus
  27. sy gak ada makanan khusus mbak.. yg ada aja.. :D

    BalasHapus
  28. ternyataaaa krn parno ya mam..siniin aja kolaknya heee

    BalasHapus
  29. Tidakkkkkk!!!! abis mimpi kolak pisang pas tidur di siang bolong.

    BalasHapus
  30. waaa ngiler liat nya .. ( upss makruh ) xixixix :D

    BalasHapus
  31. ini makanan 1/2 wajib pas puasa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...kalo saya nggak wajib sama sekali mbak...:)

      Hapus
  32. waduh, tutup mata ah.. tar ngiler..
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...terimaksih kunjunganya ya

      Hapus
  33. klo kolak pisang... sepertinya memang menu wajib bulan puasa Mbak, hehehhee
    kayaknya belum puasa tuh kalo belom ketemu kolak pisang

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banged mba Elsa. Kolak pisang sudah menjadi agenda keluarga kami di rumah walau tidak dibuat setiap hari minimal 1 kali dalam seminggu Insya Allah ada kolak pisang.

      Hapus
    2. mbak elsa dan mas asep suka juga dengan kolak pisang to...

      Hapus
  34. wah wah mantap tenan postingane ki. Keren apik tenan Ik. Kolek pisang memang mantaf apalagi ditambah pake susu pake es juga. Wihhh mertua lewat depan rumah tidak perduli hehehehehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah, kasihan mertuanya donk mas...

      Hapus
  35. wah pas baca ini pas deket2 mau Buka Puasa, jd ga terlalu gimana gituuu hehehe xD

    pengen kolak pisang lgggg buar buka puasa enak kali ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..terimaksih kunjungannya ya..

      Hapus
  36. aku hadir kembali bu..
    untuk silaturrahmi :)

    BalasHapus
  37. kalo aku suka banget tuh dengan kolak pisang mba, tapi jangan setiap hari donk, ntar ikutan bosan akut spt dirimu dweh... hehe

    di keluargaku, sama spt keluargamu jg mba, ga ada menu wajib/khusus, biasanya bervariasi setiap harinya, untuk minumnya, kita sama lagi deh tuh....
    teh manis hangat harus itu mah. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udah bosan akut bahaya tuh mbak, susah di hilangkan...hehe

      Hapus
  38. abis puasa kalo ga minum kolak pisang serasa garam tanpa sayur hehe

    selain kolak pisang biasanya saya juga dibuatin sama ibu kolak waluh, hmm mantap deh ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kolak waluh ? saya malah belum pernah nyobain tuh...

      Hapus
  39. jauh amat di batam.

    minuman wajib di rumah baik ramadhan atau bukan tetap saja teh manis.

    kalau kolak pisang, dihidangkan tiap hari juga oke buat saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. batam nggak jauh kok mas, kan masih di indonesia....hehe

      Hapus
  40. KOlak pisang di campur ubi atau singkong...itu kebiasaan di rumah dulu..hemm jd kangen puasa di rumah lagi:(

    BalasHapus
  41. waduh jg kangen ama kolak pisang buatan ibuku.. *ngiler*. Soalnya aku ga bs bikin sndri.. hihi.. Mau beli jg ga ada yg semaknyus buatan ibuk.. huhuu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikinnya kan gampang mbak, tinggal cemplung-cemplung doank....hehe

      Hapus
  42. waha, enak sih Mi, kolak ..
    tapi kalo yang berkuah" gitu aku lebih suka blewah, sekalian aja buat minum .. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo es blewah aku juga suka tuh sra...:)

      Hapus
  43. Saya juga penggemar kolak pisang atau kacang ijo, rasanya memang sip.
    Saya buka puasa dengan kolak pisang dulu, setelah sholat tarawih baru makan nasi jeng. Dengan cara itu kalau sholat tarawih tak keberatan perut he he he.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  44. kolek pisang itu jangan di sajikan terus, bisa bisa sakit perut tuhhh

    BalasHapus
  45. dari pada kolek pisang mending kolek salangaren ba itu lebih mantaf.

    BalasHapus
  46. nunggu postingan baru nih. :D

    BalasHapus
  47. nunggu postingan baru nih. :D

    BalasHapus