Senin, 14 Mei 2012

Bekal Anak Sekolah

Menyiapkan bekal anak sekolah buatku adalah sesuatu yang gampang-gampang susah. Gampang karena menu bekal biasanya adalah makanan yang pembuatannya sebenarnya cukup praktis namun terkadang juga menuntut kita untuk bisa kreatif dalam pemilihan menu agar anak tak bosan dengan menu yang itu-itu saja.


Beruntungnya, anakku tak pernah pilih-pilih makanan, namun tetap saja pilihan menu yang ku sajikan sebisa mungkin juga jangan monoton. Setiap hari aku usahakan untuk membuatkan menu yang berbeda untuknya. Meskipun nanti dalam seminggu itu terkadang ada satu menu yang di ulang lagi, tapi ini hanya berlaku untuk menu yang memang jadi favorit Zidane.

Bekal anak sekolah sebaiknya di bawakan setiap hari, ini untuk menghindari anak-anak membeli jajanan di luar yang belum tentu sehat. Bekal untuk anak menunya pun harus di sesuaikan dengan jam belajar anak. Untuk anak usia play group atau TK yang hanya belajar sampe jam 10-11,  pilihkan menu yang ringan-ringan saja, menunya bisa berupa roti isi, aneka macam kue-kue kecil, biscuit atau crackers plus susu cair. Sedangkan untuk yang sudah duduk di bangku Sekolah Dasar di mana jam sekolah nya lebih lama, maka bekal anak bisa berupa makanan yang sedikit berat yaitu berupa nasi lengkap dengan lauk-pauknya.

Kalo anak ku kebetulan masih TK, jadi selama ini bekalnya sih lebih sering berupa makanan cemilan saja. Berikut contoh menu bekal zidane selama 5 hari ( zidane bersekolah dari hari senin -jumat) :

Senin  : donat + susu cair

Selasa : roti isi + susu cair

Rabu   : kentang goreng + nugget ayam buatan sendiri

Kamis : bihun goreng lengkap dengan sayuran

Jum'at :  roti bakar + susu cair

Susu cair kebetulan adalah minuman favorit Zidane, jadi aku memang sering membawakan nya ke sekolah. Mungkin menu bekal zidane bukanlah menu yang 4 sehat 5 sempurna ya, karena memang terbentur dengan waktu di pagi hari yang cukup terbatas, jadilah si mami pilih menu-menunya yang super duper praktis begitu....hehe...tapi di waktu-waktu mendatang sih lagi kepengen banget belajar bikin nasi bento untuk Zidane. Mengingat Zidane sebentar lagi juga masuk SD, kayaknya menu nya juga pasti berubah, dan nggak akan sama lagi dengan menu waktu masih play group maupun TK.

Berikut beberapa tips saat menyiapkan bekal anak ke sekolah
  1. Pilihlah menu yang pembuatannya cukup praktis dan mudah agar bisa di buat dengan cepat di pagi hari. Namun, jika ingin membuat menu-menu yang agak rumit sebenarnya juga bisa di akali dengan cara di siapkan bahan-bahan nya di malam hari sebelumnya.
  2. Usahakan jenis makanan selalu bervariasi setiap harinya
  3. Untuk menghindari kerepotan anak, bawakan makanan yang bisa dengan mudah di makan, yaitu makanan kering dan tak berkuah.
  4. Bawakan bekal sesuai porsi makan anak, agar bisa habis dalam sekali makan. Dengan cara ini anak akan terlatih dan terbiasa untuk menghabiskan makanan nya.
  5. Pilihkan kotak makan yang bentuknya unik dan lucu, misalnya kotak makan bergambar karakter kartun kesukaan anak.
  6. Jika anak menyukai buah, bisa juga di selipkan beberapa buah potong di dalam kotak makannya.
Tak perlu lagi menganggap menyiapkan bekal anak adalah sesuatu yang merepotkan. Karena ini adalah salah satu cara menghindarkan anak dari jajanan yang nggak jelas kualitasnya. Jujur, cukup prihatin melihat berita-berita di tivi yang mengungkap aneka macam bahaya yang terkandung dalam jajanan anak sekolah yang di jual di pinggir-pinggir jalan. Rasanya nggak rela deh kalo anak-anak kita harus mengkonsumsi makanan seperti itu.

Ayo, buat para mommies......selalu kreatif dan semangat untuk menyiapkan bekal anak-anak ke sekolah, bayangkan akan ada senyum merekah dari buah hati kita setiap kali membuka kotak bekalnya di sekolah dan dengan bangganya dia akan bilang ke teman-teman nya..." ini buatan Mama ku lho..."...menyenangkan sekali bukan ?

Yuk, ajari anak kita untuk selalu membawa bekal ke sekolah....!




65 komentar:

  1. terima kasih mbak, tuker2an menu bekel ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak, pascal suka bawa bekal juga ya...

      Hapus
  2. ni kok aku sama dek zidane seneng sama mkanan yg sama yah? memang doyan makan bner ni kita berdua :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pantesan pipinya sama2 chubby ya.....hehe

      Hapus
  3. Balasan
    1. sama2, makasih kunjungannya ya

      Hapus
  4. makasih ilmunya moga jadi pahala...amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, terimakasih ya sudah mampir kesini

      Hapus
  5. Balasan
    1. salam kenal juga mbak dewi...terimakasih sudah mampir kesini

      Hapus
  6. Iya bun, jajanan sekarang bikin bergidik ngerii karna bahannye kagak sesuai >.<

    bundaa... cobain makanan buatan bunda dong...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya naya jangan jajan sembarangan ya...hehe

      Hapus
  7. Kirai fotonya emang buatanmu mba :). Jadi mengingatkanku pada saat TK :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum bisa bikin bento zal...hehe...

      Hapus
    2. Belajar dong mba :)) waktu sal kelas 1 smk kebetulan ikut eskul jepang. Ada lah sedikitnya pengalaman bekel all about. Walau ga tau2 banyak :)) pernah buat bento *lah ko malah curhat* :p

      Hapus
    3. rencana nya memang pengen belajar juga nih, mo cari buku nya dulu di gramedia

      Hapus
    4. Ahahah, sekalian cariin aku novel yah mba. Terus kirimin ke rumahku :)) #ngarepdehgue

      Hapus
  8. tooooss...
    aq juga termasuk yg rajin ngebawain bekal makan untuk Rafi *pulang sklh sampai jam stgh 2*
    walaupun Rafi makannya lama dan seringnya gak habis tapi setiap hari pasti sll dibekelin nasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sampe jam setengah 2 memang sebaiknya di bawain nasi mbak.

      Hapus
  9. TFS mba buat tipsnya ;)
    Meskipun radit blom sekolah, aku udah mulai ngumpulin loh resep2 buat bekel anak sekolah hihihihi...

    BalasHapus
  10. beruntung banget deh Zidane punya mami yang kreatif, menyiapkan bekal dengan menu yang tidak membosankan....

    untung Intan udah besar ya mba, jadi ga repot menyiapkan bekal untuknya lagi, hehe, apalagi di sekolahnya juga disiapkan makan siang dan orang tua diwajibkan membayar di awal bulan berikutnya. (Ya iyalah, masak gratis. hehe).

    Tapi terkadang Intan suka minta dibuatkan penganan untuk dibawa ke skul juga tuh mba, alasannya terlalu pagi untuk dikonsumsi di rumah sebagai sarapan.

    Tapi jujur lho mba, menyiapkan bekal anak ke sekolah itu merupakan hal yang menyenangkan lho. :) Ya toh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sudah seumuran intan kayaknya malah udah nggak mau lagi bawa bekal dari rumah ya mbak...lagian kan udah di sedian di sekolah juga ya...malah lebih praktis.

      betul mbak, menyiapkan bekal anak itu menyenangkan juga kok.

      Hapus
  11. Hihihi asik banget cemilannya. :D
    Dulu aku juga suka bawa kentang goreng tapi pas SMA hihi.
    Pas TK gak dibawain sangu makanannn @_@ Sukanya jajan wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...jaman kecil una ternyata suka jajan ya...:)

      Hapus
  12. Yang laki2nya menyimak aja ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh....mau ikutan belajar bikin bekal juga boleh lho....

      Hapus
  13. Mba,mau nanya dunk..kalo anak disklh cm mkn mknn ringan,lalu kpn mkn mknn beratnya?kl setelah plng sklh jam 11,apa anak tdk keburu cape ato msh kenyang untuk mkn mknn berat?
    Anak kembar saya biasa mkn mknn berat jam 9..tp krn taun ini msk tk,saya jadi bingung mengatur jdwl mknnya.mohon bantuannya y mba.trmksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo anak saya, sebelum berangkat sekolah biasanya sudah sarapan nasi tapi hanya sedikit. makanan ringan yang di bawa ke sekolah biasanya akan di makan sekitar jam 9. Jam 11 pulang sekolah. dan baru saya kasih makan siang sekitar jam 12.30.

      untuk putra/putri pepian yang terbiasa sarapan jam 9, sebenarnya perubahan jam makan nya bisa di ubah pelan-pelan kok, misalnya sebelum berangkat sekolah berikan saja sarapan ringan, misalnya segelas susu atau sereal. dan bekal sekolahnya bisa tetap di bawakan makanan berat, namun mungkin porsinya bisa di kurangi sedikit, karena mereka kan sudah sarapan ringan di pagi hari.

      begitu menurut saya, mohon maaf jika ada yang kurang berkenan, dan terimakasih sudah mampir di blog saya...salam...

      Hapus
  14. Ducchhh itu hiasan kotak bekalnya lucu ya Mbak, anak2 pasti suka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kotak bekal yang lucu memang bisa memancing selera makan anak ya mbak...

      Hapus
  15. itu tanda mama sayang anak, :))
    hebat euy !
    jajanan anak di depan sekolah biasanya kurang gizi, penampilan dan warnanya aja yang menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul,warna dan penampilannya sih menarik tapi banyak tambahan zat berbahaya yang nggak jelas juga ya...

      Hapus
  16. sp skrg sy masih kasih bekel utk anak2 sy.. gak sy biasain ksh uang jajan sih mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus itu mbak, kan lebih sehat makan bekal dari rumah daripada jajan

      Hapus
  17. Wah, jadi ga sabar pengen lihat anakku mulai sekolah (PAUD). Biar bisa ikut bantuin bundanya nyiapin menunya di sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...bundanya pasti senang nih kalo si ayah ikut bantuin siapin bekal anak-anak

      Hapus
  18. Favoritku sama dong kayak Zidane. Susu cair. Tapi sayang banget, Mi, aku nggak boleh sering-sering minum susu, katanya bisa nambah jrawat gitu hiks.

    Memang ya, Mi, membiasakan anak membawa bekal dari rumah itu sangat bagus. Setuju kata Mami, bisa menghindarkan anak dari jajan yang kurang sehat. Lanjutkeun, Mi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya udah, susunya buat zidane aja wur...hehe...

      siap di lanjutkeun wur...

      Hapus
  19. pasti anaknya senang dengan ibu yg rajin siapi sarapan

    BalasHapus
  20. setuju Mbak,,,
    membawa bekal ke sekolah selain lebih bersih dan terjamin gizinya.. juga bisa menghemat uang jajan yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak elsa, uang jajan nya jadi bisa di tabung....:)

      Hapus
  21. Sip mbak, sehat dan bergizi
    saya aja masih bawa bekal kalo ke kantor :)

    kunjungan perdana nih )

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kunjungannya mbak esty, salam kenal...

      Hapus
  22. Waah senangnya Zidane, maminya rajin masakin ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. mami nya juga senang, karena bekalnya selalu habis setiap hari...hehe

      Hapus
  23. Mami..maapkan aku baru mampiirr..ehheh..

    Waah jadi teringat waktu Olive TK,..
    Aku paling seneng bekelin kaya gambar di atas,..
    Dan aku ga pernah merasa repot, sudah kewajiban sebagai Mama memberikan bekal yang sehat untuk anak *daripada jajan*

    Sama suka pake jadwal juga, biar emaknya ga pusiingg..
    *kangen ngbekelin Olive, sekarang mah dah kelas 3 ga mau* hhee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udah kelas 3 udah pinter milih jajanan ya mbak....

      Hapus
  24. Malah bagus buat anak, kalau sejak kecil diajarin bawa bekal sekolah. Bisa rajin menabung, kesehatan anak juga terjaga kan?

    BalasHapus
  25. Kalau di Jepang, disebutnya Bentō :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, betul, makasih kunjungan nya ya...

      Hapus
  26. wahhhh asyik makanannya....pngen catering sama omah niii.....tapi gratis yooooo...hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe....jangan gratis donk..:)

      Hapus
  27. widih, bagus nih tipsnya kalo dah punya anak entar ,
    hehehe
    pantes ya Zidane endit, hobinya minum susu .. :D

    BalasHapus
  28. eh, endut mksudny .. hhahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo esra suka minum susu nggak tuh....hehe...

      Hapus
  29. Bekal sekolah buatan mama tentu lebih sehat daripada jajan di sekolah. Maklum makanan2 sekarang dicurigai memakai bahan2 yang mungkin tak sehat.

    Mama kayaknya pintar membuat bekal untuk si jagoan yaaa.

    Terima kasih tipsnya

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pakdhe, jajanan anak sekolah jaman sekarang memang kadang mengkhawatirkan, makanya saya selalu bawakan makanan dari rumah untuk anak

      terimakasih juga sudah mampir ke sini pakdhe...salam hangat untuk pakde dan keluarga di surabaya.

      Hapus
  30. mami aku mau dong sekoalh kaya begitu bekalny ahehe...akau mah duluga pernah bawea bekel

    BalasHapus
  31. wah thxs nih tips nya, soalnya suka bgg mw bikinin bekal apa ^^

    www.momsandlovelykids.blogspot.com

    BalasHapus
  32. HAri ini Azriel baru masuk TK A,,,, jadi bingung mau di bekalin apa untuk kesekolahnya. bagi tipsnya ya moms :) Thx

    BalasHapus
  33. Tips yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  34. waaah sangat bermamfaat,,terimakasih mami udah share,,

    BalasHapus

Teman-Temanku