Jumat, 18 Mei 2012

Aneka Jenis Tissue Dan Kegunaannya

Tissue merupakan sebuah benda yang tidak bisa di pisahkan dari aktifitas kita sehari-hari, betul kan...? Tissue di gunakan di meja makan, di dapur , di meja rias, bahkan di kamar mandi. Sebagian besar aktifitas kita saat menggunakan tissue berkaitan dengan kebersihan atau higienitas. Kebanyakan orang juga memakai tissue untuk bersentuhan langsung dengan makanan, wajah, dan bagian tubuh yang lain.

Dengan alasan itulah, sebaiknya kita cermat memilih tissue yang akan kita gunakan, pastikan bahwa tissue yang kita beli fungsinya memang cocok dan pas. Tidak semua tissue bisa di gunakan untuk berbagai macam tujuan lho. Seperti halnya tissue toilet tentu tak cocok untuk di pakai di meja makan, sebaliknya tissue makan pun pasti tak cocok untuk membersihkan wajah, karena tekstur nya pasti agak kasar dan bisa mengiritasi kulit wajah.

Apakah teman-teman pernah menjumpai di rumah makan, dimana tissue toilet di taruh di meja makan...? aku sering lho....dan kadang rasanya risih deh kalo ketemu dengan hal seperti ini...hehe...mungkin karena alasan ekonomis yah, jadi ada sebagian pedagang makanan yang menggunakan cara seperti ini.

Tissue yang beredar di pasaran sebenarnya masing-masing di buat berdasar kegunaannya. Ada beberapa macam tissue yang sering kita jumpai di pasaran, yaitu :

1. Facial tissue, biasanya tissue ini bertekstur lembut dan halus, karena fungsinya bersentuhan langsung dengan bagian tubuh yang halus ( wajah). Berguna untuk membersihkan wajah, mulut dan bagian tubuh lain nya dari kotoran dan keringat

2. Toilet tissue, teksturnya mudah hancur apabila terkena cairan, dan tidak cocok untuk membersihkan wajah. Fungsinya sebagai kertas pembersih pengganti air setelah membuang air besar ataupun air kecil dari toilet.

3. Napkin Tissue, teksturnya mudah menyerap minyak dan air, gunanya untuk membersihkan mulut dan tangan setelah makan.

4. Towel tissue, berdaya serap tinggi, lembut dan kuat. Gunanya untuk mengeringkan tangan sesudah mencuci tangan, membersihkan dapur dari tumpahan noda dan pengganti koran untuk meletakkan gorengan agar dapat menyerap minyak.

5. Multi Purpose tissue, bentuknya mirip tissue wajah, cukup lembut, sehingga bisa di gunakan untuk bermacam fungsi membersihkan.

Tissue yang baik adalah tissue yang terbuat dari 100% serat alami dan bukan dari kertas daur ulang. Serat alami akan menghasilkan tissue bertekstur lembut yang aman untuk di gunakan sehari-hari. Setiap membeli tissue pastikan di kemasan tissue terdapat keterangan bahwa tissue di buat tanpa di tambahkan dengan OBA. OBA atau optical brightening agent adalah suatu zat pemutih yang di gunakan untuk memutihkan kertas atau tissue. OBA ini termasuk zat berbahaya yang bisa menyebabkan kanker. Tissue- tissue dari merk ternama di pasaran biasanya akan mencantumkan keterangan yang berkaitan dengan hal seperti ini.

Sebelum menulis artikel ini, aku pernah baca di sebuah media online, sebenarnya ada cara sederhana untuk mengecek apakah sebuah tissue itu mengandung zat pemutih atau tidak. Kita bisa merendam tissue dalam segelas air selama 1 jam, bila air berwarna sangat keruh dan putih bisa di pastikan tissue itu mengandung zat pemutih. Namun, cara seperti itu juga belum seratus persen teruji kebenaran nya.

Untuk lebih amannya sih,  lebih baik baca saja kemasan tissue saat kita membelinya. Kalo aku sih, lebih memilih membeli tissue yang cukup punya nama di pasaran, karena di kemasan tissue itu memang keterangan nya lengkap, jadi rasanya lebih tenang aja saat memakai produk itu. Yang tak kalah penting sih pastikan kita membeli tissue yang cocok dengan fungsi dan kegunaanya ya.

Salam.....





75 komentar:

  1. ohoho ..
    nice info mi :D
    walau aku jarang pake tisue .. hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo cowok biasanya memang jarang bersentuhan dengan tissue ya...:)

      Hapus
  2. mbak ahli juga masalah tisu , aku cuma beli tisu jalanan biasanya hanya tuk ngusap keringat

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...tissue yang di jual di jalanan biasanya termasuk facial tisssue, makasih kunjungan nya ya...

      Hapus
  3. aku ni orang yg paling seneng nangis dalam keadaan apapun jadi pasti tissue selalu dibawa kemana2 bun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...aku juga kemana-mana seringnya bawa tissue kok niz...

      Hapus
  4. sering bgt mbak menemukan tissue toilet fiatas meja rumah makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mbak, padahal sebenarnya kan nggak cocok ya

      Hapus
  5. Tisu makan gak ada ya Mam? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. napkin tissue itu nama lain dari tissue makan ayu...hehe...

      Hapus
  6. baru tau ada berbagai macam jenis tissu.

    ohya mam, belum lama ini saya baru nyobain yang namanya kacang campur di rumah teman. ternyata rasanya sama seperti snack yang dulu sering saya makan. :)

    pas makan, saya langsung inget mami lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, terimakasih ya ummi masih inget aja dengan postingan saya tentang kacang campur2 itu.

      Hapus
  7. Aduh.. malu nih mau komen
    Soalnya saya jarang pake tisu
    seringnya pake gombal yang sudah tidak terpakai
    Maklum..
    tuhan gak nitip duit banyak. jadi nggak bisa beli tisu. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting fungsinya kan sama...hehe...

      Hapus
  8. Sering Mamii...
    dan biasanya di tukang BAso sering aku temuin..hhe..

    Emang jadi ilfil banget ya,..
    Kesannya jorox, lha wong buat di toilet
    di taro di mejaa..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...betul mbak...memang kesan nya jorok ya...

      Hapus
  9. Cukup banyak rumah makan/warung yang memakai tisue gulung lho.Ini memang tidak etis. Walaupun baru, tisue gulung langsung menggiring pikiran kita ke toilet.

    Demikian pula pispot, wlaupun gress kewes-kewes tetap saja tidak elok jika untuk tenmpat sup, bukan.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pakdhe, masing-masing barang kan sudah punya kegunaan sendiri-sendiri ya

      salam hangat untuk pakde dan keluarga

      Hapus
  10. selamat pagi mami Zidaaaane....
    gimana kabarnya Zidane saat ini
    sudah sehatkah...?
    *mudah2an udah sehat*

    iya tuh aq juga sering liat tissue toilet di meja makan
    tapi mungkin krn memang tissue toilet lbh murah ya...?
    btw aq baru tau cara mengecek tissue itu mengandung pemutih atau tdk
    makasih infonya yaaaa......

    semoga long wikennya menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. pagi juga mbak dian, alhamdulillah zidane udah sehat, kemaren kena radang tenggorokan dia mbak.

      semoga rafi nya juga sudah baikan ya mbak, selamat wiken ya...

      Hapus
  11. Bagi kaum Hawa, tissu mungkin bisa jadi kebutuhan primer, ya Mam. Tapi laki-2, termasuk saya, mungkin sangat jarang yang pakai. selamat beraktivitas Mami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas irham, kami kaum wanita memang menganggap tissue ini barang cukup penting yang wajib ada di dekat kita...hehe...

      Hapus
  12. kalo utk hal2 tertentu aku lbh suka pake sapu tangan.
    ternyata tissue itu byk jenisnya ya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sapu tangan malah bisa di cuci dan di pake lagi ya...:)

      Hapus
  13. Iya mbak, kebayankan di warung-warung gitu kan yang penting pilih tisyu yang murah meriah. Sringnya gak merhatiin jika tisyu tersebut utk toilet..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak rie, warung-warung seperti itu memilih tissue toilet mungkin karena di anggap lebih ekonomis harganya ya.

      Hapus
  14. bisa juga tuu sekalian dibikin tangram atau origami sekalian :p hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe....mungkin bisa...terimakasih kunjungan nya ya...

      Hapus
  15. Nay tipe orang yang jarang pake tissue, kalo flu aje lebih suka digosok ke jilbab, hahahha... <--jorok banget ye aye :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...ada-ada saja nay ini...

      Hapus
  16. Tp biasanya kalau udah kepepet Tissue yang ada di WC kantor,aku pakai buat bersihin muka yang kucel mba kalau siang2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..namanya juga lagi kepepet ya...

      Hapus
  17. wah, beraneka ragam ternyata yah. kegunaannya Pun begitu
    jangan sampai salah pakai tisu yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..betul, jadi jangan sampe tertukar fungsinya ya..

      Hapus
  18. Ternyata banyak juga jenis tisue, tau ku mah tisue yang di meja makan restoran.:P
    Aku hanya pakai sapu tangan saja, jika habis makan atau untuk usap keringat wajah :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo cowok biasanya memang jarang pake tissue ya...hehe

      Hapus
  19. saya pakai tisue paling pas lagi makan di luar aja, selebihnya kalau di rumah gak ada tisue hehe ada juga tisue buat wajah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti nggak cukup akrab sama si tissue ini ya...hehe..

      Hapus
  20. Balasan
    1. bukan donk...hanya konsumen setia aja...hehe

      Hapus
  21. Balasan
    1. lensa tisue ? gunanya untuk apa ya...

      Hapus
  22. Ooo... gitu ya mbak caranya, dimasukin air putih ya. Baru tahu saya mbak hehhe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, coba aja di praktekin di rumah ya...

      Hapus
  23. perdana disini..di tunggu kunjungan balik, semua yang mau boleh datang kok..hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungan nya gotafo

      Hapus
  24. saya biasanya tissue toilet malah buat bersihin muka

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..masa sih, padahal tissue toilet kan agak kasar ya

      Hapus
  25. kalo saya beli tissu,,,,buat ngelap tinta printer di cartridge bun, hihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak papa, daripada ngelap pake saputangan...hehe..

      Hapus
  26. kalau sy mam...sering pake saputangan aja....untuk keperluan lap-lap an heheheeee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saputangan malah bisa di pake berulang-ulang tuh mas

      Hapus
  27. jarang juga menggunakan tisu,mungkin cuman pas makan aja..heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. malah lebih hemat donk...hehe..

      Hapus
  28. TFS mbak, jadi ngerti :D

    BalasHapus
  29. coba aaah... rendam tissue di air yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, monggo di coba di rumah.

      Hapus
  30. terima kasih info tissue nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimaksih juga sudah mampir kesini

      Hapus
  31. mamih zidane slam yah dari akuh...pengunjung abru tapi akan setia loh hehee..kalau bule babtanpa tisu ga asyik katanya....sori sori

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga, trimakasih sudah berkunjung ke sini.

      Hapus
  32. tulisannya lumyan bagus mih...a saluut deh

    BalasHapus
  33. ada juga tissue basah juga tissue roti y mam
    hehehe

    BalasHapus
  34. Sesulit apapun masalah yang kita hadapi, ia harus diselesaikan, bukan dihindari.

    BalasHapus
  35. Terima kasih informasinya kunjungi juga berita aneh

    BalasHapus
  36. Bisa dijadikan sumber refensi tulisan kami berikutnya. Terima kasih

    BalasHapus
  37. order,,, tips mendapatkan istri yang baik,,,,,, haha....

    BalasHapus
  38. saya juga menyediakan berbagai Tissu loh yang dijelaskan diatas
    hub : amal/081905980788
    harga murah kualitas nomor satu

    BalasHapus
  39. wetz natural wet wipes itu tisu untuk apa ya (cewe/cowok) soalnya pas saya beli mbak mbaknya bilang "sama ini mas ?"

    BalasHapus
  40. Tisu toilet mudah hancur klau basah? Wah pnemuan gagal brati ya mba? Ha3.. Namanya buang air pastinya berair/basah..pas diseka bkn bersih mah hancur & kotoran kna tangan? Wah,gimana tu ha2

    BalasHapus
  41. BLOG nya menarik sekali jadi yuhu hehe kunjungi yang satu ini yaaa biar kalian ga bingung dalam menentukan masalah GEDGET
    http://zapplerepair.com/iPhone-6-lcd-ada-bayangan-hitam-diganti-baru-juga-sama.html
    http://zapplerepair.com/iPhone-6S-masalah-lcd-display-kadang-mau-muncul-kadang-engga.html
    http://zapplerepair.com/perbedaan-antara-lcd-iPhone-original-sama-iPhone-lcd-ori-kaca-palsu.html

    BalasHapus