Selasa, 04 September 2012

Makanan khas

Yang di sebut dengan makanan khas adalah makanan yang berasal dari suatu daerah tertentu, dan terkadang hanya bisa di temukan di daerah tersebut saja. Meskipun pada kenyataannya sekarang, makanan khas suatu daerah tertentu juga sudah banyak yang bisa di temukan di tempat lain di seluruh penjuru negeri ini, tak hanya ada di daerah asalnya saja.

Makanan khas suatu daerah biasanya selalu menjadi incaran para pendatang yang sedang mengunjungi tempat tersebut. Aneka macam sajian kuliner itu bisa jadi tampak istimewa di mata para wisatawan. Padahal, untuk para warga asli daerah tersebut bisa jadi makanan itu hanya di anggap biasa-biasa saja.

Kita ambil contoh saja gudeg jogja ataupun rujak cingur surabaya. Buat yang asli dari daerah tersebut bisa jadi tak ada yang istimewa dengan makanan itu. Tapi buat para pendatang/wisatawan sebaliknya, mampir ke sana tanpa mencicipi kuliner tersebut pastilah akan di anggap kurang afdol.

Begitu juga dengan yang terjadi di batam. Batam punya beberapa sajian kuliner yang sering di buru oleh para pendatang. Berikut ini adalah beberapa sajian kuliner yang kerap di anggap istimewa oleh mereka.

Yang pertama adalah mie lendir kuah kacang. Dulu, ketika saya masih baru -baru tinggal di batam saya sempat penasaran juga dengan makanan yang satu ini, karena namanya agak aneh sih...hehe. Kebetulan di dekat kantor suami ada sebuah kedai yang menjual mie lendir dan lumayan banyak pengunjungnya. Setiap hari minggu pagi saya lihat tempat itu selalu saja ramai di kunjungi orang yang ingin sarapan pagi. Berhubung penasaran, akhirnya suatu waktu saya sempatkan juga kesana untuk mencicip mie lendir ini.

 gambar minjem dari sini

Mie lendir adalah sajian berupa mie kuning yang di rebus bersama tauge. Kemudian disiram kuah kacang kental, disajikan dengan telur rebus sebagai pelengkap dan irisan cabe rawit sebagai sambalnya. Kesan pertama saya saat mencicip kuliner ini adalah " rasanya aneh"...bener saya nggak bohong...

Entahlah....mungkin karena baru pertama kali mencoba atau karena lidah jawa saya yang nggak bisa menerima makanan baru. Pokoknya Itulah kali pertama dan terakhir saya mencoba mie lendir. Karena setelah itu saya memang tak ingin mencobanya lagi...hehe.

Sajian kuliner selanjutnya adalah gonggong. Gonggong adalah sejenis siput laut yang hidup hanya di wilayah perairan batam. Biasanya gonggong di olah dengan cara di rebus dan di sajikan bersama sambal khusus.



Di mata para wisatawan, siput gonggong jadi idola. Tapi, sungguh sampai detik ini saya justru sama sekali nggak kepengen nyobain lho....kalo yang ini alasannya sih karena saya memang nggak terlalu suka dengan kerang-kerangan.

Berikutnya adalah Sop ikan. Sop ikan biasanya di olah dari ikan kakap/tenggiri, cumi ataupun udang di masak dengan kuah bening, rasanya asam segar. Kalo yang ini saya lumayan suka. Kadang-kadang saya juga masak sendiri di rumah.

Gambar dari sini

Itulah beberapa kuliner khas kota batam yang sering di anggap istimewa oleh para pendatang. Jika ada yang penasaran, silahkan di buru saat bertandang ke kota batam..:)

Negeri ini memang memiliki makanan khas daerah yang sangat beragam dan masing-masing punya keunikan tersendiri ya.

So, apa kuliner khas dari daerah kalian...?



65 komentar:

  1. saya ingin tanya tentang mie lendir kuah kacang bunda

    kuah kacangnya kayak gmna ya?? apa kayak sambel pecel begitu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan kayak sambel pecel, agak encer dan rasanya asin gurih

      Hapus
  2. jenis mienya apa mbak?besar2 ya sepertinya enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mie nya mie kuning biasa mbak, memang jenisnya agak besar dari biasanya.

      Hapus
  3. Kayanya mantaff tu bun ?? hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...makasih kunjungannya ya..

      Hapus
  4. ditempat saya siput lautnya dimasak dengan simple tapi tidak menghilangkan rasa maknyosnya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, disini juga hanya di rebus biasa aja.

      Hapus
  5. sop ikan batam biasanya seger rasanya ya..

    BalasHapus
  6. Sop Ikan Batam banyak yang jual di sini tapi gak pernah coba aku...
    Kalau mie lendir, hmmm kok namanya agak gimana gitu ya, hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah iihihihii,. Dari urusan Pisang muntah sampei lendir. Lucu aja ieihiehiehiehiehieiee

      Hapus
    2. Namanya memang agak ekstrim ya un..hehe

      Hapus
  7. Saya pengen yang sop ikan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dimasak sendiri dirumah lho mas

      Hapus
  8. mie lendir ... -_-" namanya itu lho :D
    kalo saya kebetulan sedang mukim di daerah di mana coto dan konro adalah makanan khasnya. tapi saya pribadi malah jarang mengonsumsi menu itu. inget lemak plus kolesterolnya sih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya agak2 horor ya mbak...hehe

      Hapus
  9. Mie lendir kayak Mie celor penampakannya, tapi mungkin beda rasa ya :)

    Siput Gonggong, aku pernah lihat di Belitung. Aku kira khas Belitung, eh ternyata di Batam juga ada yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya agak beda dari mie celor mbak, meskipun penampilannya mirip ya...

      Hapus
  10. besok klo ke batam beliin ya....

    BalasHapus
  11. aku mau mie lendirr nya haha :D

    BalasHapus
  12. Kalau Mie lendir rasanya kayak Mie Celor berarti saya sudah pernah nyoba Mbak.
    Dan rasanya memang aneh,hehehhe
    Yang tertarik sama siput dan sop ikannya
    Hmm, sampek netes aku nulis komennya Mbak.
    Oh ya, maaf lahir batin ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya nggak seperti mie celor mbak.
      Maaf lahir batin juga mbak...

      Hapus
  13. Wah boleh juga saya order nih. Kalaw order bisa kirim ke Pontianak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Basi donk kalo dikirim ke pontianak.....:)

      Hapus
  14. kalau aku suka makanan tradisional aceh yaitu mie aceh & makanan khas jogja mba yaitu gudeg
    itu makanan daerah yang sering aku buru rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah nggak terlalu suka sama gudeg....manis banget...:)

      Hapus
  15. Wah Mbak Mami Zidan bener2 berlidah jawa tulen nih, sampai gak suka makanan khas batam ya mbak hahahha..
    Kalau saya suka pekmpek mbak. Termasuk khas batam gak ya mbak?
    Dah lama gak makan rujak cingur suroboyoan euy :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga suka pekmpek mas, di batam juga banyak yang jual...

      Hapus
  16. malem malem gini mendadak laper :( hiks

    BalasHapus
  17. kalo diliat sekilas, mie lendir mirip mie aceh ya..mienya besar2..

    kapan2 di post ya mba..resep sop ikannya. Keliatannya seger :D

    BalasHapus
  18. foto mie lendirnya keliatan yummy ya... tapi rasanya aneh ya mbak... penasaraaaan... pecinta mie sejati nih daku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bagi saya emang rada aneh bun....tapi banyak yang bilang enak sih...hehe

      Hapus
  19. DI batam sudah ada mi lendir besuk di jawa ane tak bikin mi getah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...saya pesen satu mie getahnya ya mas....:)

      Hapus
  20. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    jujur dalam segala hal tidak akan mengubah duniamu menjadi buruk ,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
  21. Mie lendir? Hihihi dari namanya saja sudah geli kita ya mbak...
    Wkt di Pekanbaru, pertama kali saya coba sate Padang, agak aneh karena gak biasa tapi lama2 koq suka :)
    Sy blm pernah malah nyobain makanan khas orang Riau. Sate Padang dan makanan Padang lain sering karena kan di sana banyak orang Padang ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, dipekanbaru emang banyak orang padang, makanya rumah makan juga kebanyakan jualnya nasi padang atau nasi kapau

      Hapus
  22. nama mienya kog aneh banget...wah enak ya bisa kuliner ke daerah lain..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya aneh, rasanya juga aneh mbak...hehe

      Hapus
  23. kalau disini, makanan utama nasi dagang...uuu..sedap heee

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasi dagang itu nasi lemak bukan ya mbak...?

      Hapus
  24. namanya aneh2 ya mba. :D
    Kalo di cilegon makanan khasnya apa yaa... sate bandeg sama kue gipang kayanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sate bandeng saya pernah makan juga tuh mbak...enak ya..:)

      Hapus
  25. Gonggong kayaknya enak banget tuh. Jadi pengen nyoba.

    BalasHapus
  26. waduh dah banyak ketinggalan nih sob maaf baru bisa berkunjung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak papa..terimakasih ya sudah mampir kemari

      Hapus
  27. sop ikannya sepertinya segar sekali...pingin segera mencobanya :)

    BalasHapus
  28. Mie lendir dan gonggong kayaknya enak tuh. Tp namanya agak gimana gitu, soalnya ''Lendir''. Aku mikirnya jd yg engga-engga stlh baca kata ''Lendir''. Hehe..

    Makanan khas tmpt tinggalku yaitu mendoan tempe dan sate bebek Tambak. Soalnya aku kie wong Banyumas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh..jadi kangen mendoan nih...hehe

      Hapus
  29. penasaran sama gonggong nya tuh mba.. hehe..apalagi cuma ada di batam aja ya.. :)
    cos sy penggemar makanan seafood :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak yang bilang enak tuh mas, kalo saya sih agak geli kalo harus mencobanya...hehe

      Hapus
  30. Saya suka krupuk mbak.. gak ada ya disini.. Kok ikan aja kulinernya hehehe

    salam kangen buat Zidane ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. di rumah saya banyak kerupuk mas...kami sekeluarga juga hobi makan krupuk...:)

      kulinernya ikan semua karena di batam memang gudangnya makanan laut mas.

      salam balik dari zidane mas.

      Hapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Waduh....aku maniak ma gado-gado,gudeg,kredok,pempek, dan....dan...pokoknya banyak dehh...dan mayoritas lidah ini penyuka makanan khas daerah Indonesia.Pokoknya Indonesia...Kuliner Indonesia Ruarr...Biasa....

    BalasHapus