Kamis, 13 September 2012

Radang Amandel

Sekitar seminggu yang lalu, saat baru saja bangun pagi tiba-tiba saja zidane muntah-muntah berkali-kali.. Saat itu, saya langsung yakin pasti ada yang tidak beres dengan zidane. Dugaan awal saya, zidane masuk angin. Saya suruh dia rebahan di tempat tidur lagi. Kemudian saya buatkan teh manis hangat untuknya. Teh manis hangat di minumnya setengah gelas,  tapi tak sampai 5 menit ternyata zidane muntah lagi. Saya jadi cemas, sakit apa zidane ini. Saya raba dahinya, tidak panas sama sekali. Trus kenapa ya dia muntah-muntah begitu...?

Karena berkali-kali muntah, zidane terlihat lemas dan pucat. Akhirnya saya putuskan kalo hari itu dia nggak ke sekolah. Saya langsung minta tolong ke suami untuk menelpon ke guru zidane di sekolah, minta ijin karena zidane nggak bisa masuk hari itu.

Sekitar 2 jam kemudian, saya buatkan segelas susu untuk zidane. Setelah minum susu saya suruh dia istirahat lagi di tempat tidur. Eh nggak sampe 10 menit ternyata zidane muntah-muntah lagi, dan kali ini lebih banyak. Masya allah....paniklah saya. Selama ini zidane nggak pernah muntah-muntah separah ini.

Langsung saya telpon suami di kantor, minta agar suami pulang dan mengantar kami ke dokter. Sebenarnya di rumah ada motor, tapi melihat keadaan zidane yang lemah begitu nggak mungkin juga kalo saya bawa dia ke dokter dengan naik motor. Beruntung kantor suami hanya sekitar 10 menit perjalanan dari rumah. Kami langsung membawa zidane ke rumah sakit awal bros batam.

Sampai di rumah sakit alhamdulillah dokter umum antriannya nggak banyak. Kami hanya menunggu sekitar 10 menit untuk masuk ke ruang dokter. Kemudian zidane di periksa. Dokter mengatakan ternyata amandel zidane radang, bengkak dan merah, makanya zidane muntah-muntah. Saya sedikit nggak percaya ( maklum..saya termasuk pasien yang rewel), saya tanya lagi ke dokternya, emang amandel bengkak bisa bikin muntah-muntah ya..?. Dokternya tersenyum sambil menjelaskan bahwa anak-anak biasanya memang lebih sensitif. Jadi ketika amandelnya bengkak pastinya jadi lebih gampang muntah. Hmm...begitu ya. asli baru tahu sekarang..!


gambar di ambil dari sini

Akhirnya dokter meresepkan 2 macam obat. Yang pertama adalah vometa sirup untuk mualnya, yang kedua antibiotik renasistin untuk amandelnya yang bengkak. Sampai di rumah saya minumkan obatnya. Alhamdulillah sore harinya muntah-muntahnya sudah berhenti dan sudah bisa makan meskipun baru beberapa suap saja.

Awalnya ketika zidane muntah-muntah saya menduga karena masuk angin atau karena salah makan. Eh, ternyata bukan. Muntah-muntahnya zidane rupanya karena radang amandel alias tonsilitis.

Nggak tahu ada hubungannya atau tidak, seingat saya sebelum kejadian ini zidane memang jajannya sedikit tak terkontrol. Dia makan banyak permen, minuman dingin, dan mie g*l*s di sekolah. Saya jadi merasa bersalah karena sudah mengabaikan hal-hal seperti itu.

Jadi pelajaran berharga lagi nih buat saya untuk lebih menjaga apa saja yang di makan oleh zidane. Terkadang saya memang nggak konsisten dengan peraturan yang sudah saya buat untuk zidane. Niatnya sih tidak ingin banyak melarang ini itu ke anak, tapi akhirnya kok malah jadi begini ya.

Ya sudahlah, semoga dari kejadian ini bisa di ambil hikmahnya. Bagaimanapun yang namanya kesehatan itu adalah sesuatu yang sangat berharga, Jadi insya allah mulai saat ini ingin berusaha menjaga dan mempertahankannya. Ayo nak...jangan jajan sembarangan lagi ya...:)


63 komentar:

  1. Zidaannnn cepat sembuh yaaa...
    Jangan ampe kayak aku, tonsilnya dah diambil hihihi...
    Meski katanya njuk bisa makan eskrim sepuasnya tetep aja kaga enak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ihhh jelekkkk...
      Kayaknya cerewetan kamu jauh dehhh mas fufufu...

      Hapus
    2. dimana ada una disitu juga ada mas vai....#kabooor...#

      Hapus
  2. amandel itu harus dioperasi ga Bund?
    btw..mie g*l*s bukannya bergizi kata iklannya? hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masih bisa di obati biasanya sih nggak perlu di operasi mbak..

      iklannya sih bergizi...tapi MSG nya kan buanyaak bangeeet mbak...:)

      Hapus
  3. ya, setelah ini jangan jajan sembarangan
    --> istri saya dioperasi amandelnya sejak TK

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya allah nggak jajan sembarangan lagi mas...

      Hapus
  4. yang penting, kalau sakit sikit2 cepat2 ketemu doktor, supaya sakitnya tidak berlarutan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul KY, terimakasih kunjungannya ya...

      Hapus
  5. aq juga sering jwe amandel.
    kalo kebanyakan es biasanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. esnya di bagi ke saya..jadi nggak kebanyakan to....hehe

      Hapus
    2. nie juga ge radang bu'
      wah wah.
      kayaknya aq kuwalat sama sampeyan bu'

      Hapus
  6. Semoga lekas sembuh ya ZIdane :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih uncle lozz....kalo zidane udah sembuh ajarin lompat papan ya....hehe

      Hapus
  7. semoga zidane cepet sembuh yah ^_^

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. makasih mbak...pascal sudah sembuh mbak..?

      Hapus
  9. Peluk zidan :D

    Cepet sembuh yaa zidan, eeh iyaa di minum obatnya biar cepet sembuh :D

    BalasHapus
  10. Paling sedih kalau liat anak sakit. Semoga Zidane cepet sembuh yaa

    BalasHapus
  11. Radang amandel ini berbahaya kan?
    salam kenal
    komentarin artikl ini ya

    http://www.timkomte.com/2012/09/traffic-pengunjung-rumahku-turun.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo nggak diobatin pasti bahaya doonk....

      Hapus
  12. anak2ku juga gampang banget radang, mba. sampe2 mereka udah hapal sama pantangan jajanannya. dan alhamdulillah sekarang udah paham sendiri jadi aku ga perlu terlalu susah melarang2.

    semoga zidane segera sembuh ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. daya tahan tubuh anak-anak memang belum sekuat kita ya mbak...jadinya gampang kena radang gitu.

      Hapus
  13. lekas sembuh ya mba buat putra nya :)

    BalasHapus
  14. BEntar mbak. Kok gambarnya mirip2 Una ya Mbak hehehe...

    Buat pengalaman juga ya Mbak, harus memperhatikan makanan anak disekolah. Untung cepat ke dokter mbak, kalau kebanyakan muntah kan bisa dehidrasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..mosok to....?

      iya mas, kalo muntah terus takutnya memang bisa dehidrasi.

      Hapus
  15. Mampir Gan.. kunjungan perdana :-) Nice Blog.
    ,
    silahkan mampir juga ke blog saya & tinggalkan komentarnya :-)

    BalasHapus
  16. Wah asyiknya membaca ini, terima kasih sudah berbagi tips menjaga kesehatan anak. Amandel ya. Ini juga dialami oleh putra pertama kami, Abbie (umurnya hampir 5 tahun) sekarang. Dulu pernah mengalami muntah muntah seperti Zidane, dan setelah diperiksa Dokter umum juga, ternyata dipastikanm penyebabnya juga Amandel

    Anak saya juga seperti Batuk yang tidak ada habis habisnya juga karena Amandel itu tadi. Kata Dokter salah satu biang keladinya adalah asupan makanan ringan (snack) jajanan anak anak yang banyak mengandung MSG. Itu yang buat batuk batuk anak saya. Terima kasih sudah berbagi tips merawat anak. Salam kami sekeluarga di Pontianak

    BalasHapus
    Balasan
    1. trus bagaimana amandelnya abbie sekarang pak...masih sering kambuh nggak..?

      salam untuk semua keluarga di pontianak ya...

      Hapus
  17. Benar sekali, kesehatan baru terasa pentingnya ketika kita sakit. Kalau yang sakit itu anak kita sendiri, kasihan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, makasih kunjungannya ya...

      Hapus
  18. semoga jadi pelajaran jg ni buat Ibu2 yg lain...

    selamat berakhir pekan ya.. *smile

    BalasHapus
  19. wah gawat nih..? saya masih sering jajan sembarangan...hehehehe nice post mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi nggak kena radang amandel to...?

      Hapus
  20. Semoga cepat sembuh. jika kena amandel bawaannya gantuk aja, dulu saya juga pernah mengalami. Selamat atas tampilan blog barunya.

    BalasHapus
  21. harus hati-hati membeli jajanan di masa sekarang, karena tidak terjamin tentang kandungan bahannya..sehat atau tidak,
    semoga Zidane cepat sehat kembali ya :)

    BalasHapus
  22. Semoga saja cepat sembuh penyakitnya ya mba..amien.

    BalasHapus
  23. Zidan semoga cpt sembuh ya.. :)

    BalasHapus
  24. zidane cepat sembuh dan jangan jajan sembarangan lagi yah :) ibumu khawatir sekali jadinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya allah nggak jajan sembarangan lagi mas...

      Hapus
  25. oo gitu ya..aku juga baru tau kalo radang amandel bisa bikin anak muntah2..
    cepet sembuh ya Zidane..peluk dari radit disini..;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang malah bisa demam juga mbak...masing2 orang biasanya gejalanya lain-lain mbak.

      Hapus
  26. Kok bisa sampai muntah-muntah gitu ya. Kakak aku padahal punya penyakit amandel, pas amandel-nya kumat, dia gk muntah2 tuh, paling dia ngeluh kalo buat nelen mknan tu sakit.

    Tp gk tahu juga sih, soalnya aku gk pnya penyakit amandel dan jgn sampai punya amandel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena anak-anak biasanya lebih sensitif, jadi gampang muntah.

      Hapus
  27. oh, aku punya temen juga dulu amandelan, kayaknya gak enak banget, kasian ya zidane apalagi masih kecil..
    emang minuman dan makan mie semacam itu aku dilarang juga ama nyokap Mi..
    semoga zidane cepet sembuh, dan kurangin makan gituan ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sra, emang kasihan banget kalo lagi radang begitu.

      insya allah mulai sekarang nggak makan-makan yang kek gitu lagi sra, repot kalo sakit lagi.

      Hapus
  28. ayo.. zidane , jangan jajan sembarangan ya....
    ** kayak lagu aja**
    hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh ada lagunya to mbak..kok saya nggak tahu ya....hehe

      Hapus
  29. Zidane udah sembuh kan sekarang?

    Wah amandel bisa diawali muntah-muntah juga ya....

    BalasHapus
  30. oooo gituya buk barungerti.hehe trim infonya.

    BalasHapus

Teman-Temanku