Selasa, 19 Juni 2012

Si Mas Kecil Berbaju Melayu

Hari Sabtu tanggal 16 juni kemarin, sekolah Zidane mengadakan acara perpisahan untuk anak-anak TK B. Dalam acara itu semua anak-anak TK di wajibkan memakai dress code berupa baju adat atau baju daerah Nusantara. Tadinya Zidane di minta oleh gurunya untuk mengenakan baju adat dari Jawa, namun dari beberapa pasang baju adat Jawa yang sudah di sewa oleh pihak sekolah ternyata nggak ada satupun yang muat di badan Zidane, ukurannya kekecilan semua.

Akhirnya batal deh pake baju Jawa, sebagai penggantinya di sediakan baju adat Melayu. Ini dia penampakan si mas kecil berbaju Melayu.


kalo sudah begini, sebutannya bukan lagi mas zidane tapi jadi abang zidane...hehe


Menurut guru Zidane, baju melayu yang di kenakan oleh Zidane adalah baju melayu bengkalis, Riau. Baju melayu  memang ada banyak macamnya, di antaranya adalah : 
  • Baju melayu Tanjung pinang
  • Baju melayu  Batam 
  • Baju melayu Indragiri Riau 
  • Baju melayu Siak Riau 
Masing-masing daerah di kepulauan riau memang  punya ciri khas sendiri-sendiri dalam tiap baju melayu mereka. Meskipun baju inti nya sih tetep sama, yaitu berupa baju atasan dan bawahan tertutup dan menggunakan sarung lilit kecil di bagian bawahannya. Yang membedakannya adalah motif kain, aksesoris dan tutup kepala yang di pakai.

Aku sendiri sebagai orang asli Jawa yang numpang tinggal di Batam, sebenarnya tak terlalu mengetahui seluk-beluk baju melayu ini. Aku baru tahu tentang macam-macam baju melayu ini juga setelah ngobrol-ngobrol dengan guru zidane yang kebetulan memang orang melayu asli.

Baju melayu adalah baju adat daerah yang berasal dari daerah Riau daratan dan Riau kepulauan. Di daerah Batam sendiri penggunaan baju melayu bukan hanya di pakai saat ada acara adat saja lho. Pemerintah daerah Batam punya cara unik dalam melestarikan pemakaian baju melayu ini. Jadi setiap hari jum'at semua siswa-siswi sekolah dari TK sampai SMU dan semua pegawai instansi pemerintah di wajibkan untuk mengenakan  seragam berupa baju melayu.

Baju melayu yang di kenakan untuk para siswa-siswi sekolah dan para pegawai pemerintah bentuknya mirip dengan  baju yang di pake zidane, namun biasanya jenis kainnya tidak seperti itu. Jenis kainnya biasanya lebih tipis dan lembut, serta di pakai tanpa sarung ataupun tutup kepala. 

Yang lebih menarik baju melayu yang biasa di pake oleh anak-anak sekolah biasanya memakai warna-warna yang sangat ngejreng alias colourfull lho....masing-masing sekolah punya pilihan warna sendiri-sendiri. Pilihan warnanya di antaranya adalah : ungu, hijau terang, biru terang, kuning terang, putih ataupun oranye.

Baju melayu pria bentuknya mirip dengan baju koko/ baju muslim laki-laki. Sementara baju melayu perempuan bentuknya adalah baju kurung ( rok panjang dan atasan panjang selutut ).

Aku tadinya sempat membayangkan, di acara perpisahan nanti kayaknya lucu ya  kalo Zidane memakai baju adat jawa berupa atasan beskap dan kain batik lengkap dengan blangkon nya. Tapi, karena sesuatu hal akhirnya si mas kecil ini malah ganti haluan dan harus memakai baju adat melayu. Namun, ternyata bergaya dengan baju melayu tak kalah indahnya kok dengan baju jawa yang sering kulihat selama ini.

Baju adat daerah nusantara memang semuanya indah dan punya keunikan sendiri-sendiri ya. sebuah warisan budaya yang perlu di lestarikan keberadaannya. Bagaimana menurut para sahabat...?




105 komentar:

  1. Abang Zidane jadi kelihatan ganteng banget mbak hehhehee...

    Sarungnya mirip songket palembang ya mbak?

    BalasHapus
  2. Abang Zidane-nya ganteng. :D

    BalasHapus
  3. Aeehh,,, ponakan ante ganteng pisan euy si abang Zidane :D udah ada pasangannye belum bang? sini ante temenin...:)

    Kalo bukan kite yg melestarikan budaye sendiri sape lagi? jgn sampe budaye kite di akui ame negare laen =.=

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ada pasangannya nih ante...masih jojoba....hihi

      Hapus
  4. Keren dan cakep... Jadi pangling sama Abang Zidane. Ini nih bentuk penghargaan dan pelestarian budaya, biar budaya kita tdk diambil alih oleh bangsa lain ya, Mami.

    BalasHapus
  5. Adat melayu macam2 ya Mbak ..

    BalasHapus
  6. abang zidane jadi kelihatan keren kok. :D

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. kayak shirley ya lucunya...hihi

      Hapus
  8. engga hanya anak2, orang dewasa pun kalo lagi pake baju adat kesannya keren dan bangga-in!

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak popi, baju adat kalo di pake kesannya gimanaaa gitu ya...

      Hapus
    2. iya. apalagi kalo pas acara nikahan. waduh..mewah banget kesannya ditambah pake acara adat!

      Hapus
  9. gantengE bang zidane....:)
    hehhe

    BalasHapus
  10. Wehehehe. Punya anak gemuk sepertinya menyenangkan tapi juga merepotkan. Gak kebayang kalau zidane pake baju jawa. Pati lebih terkesan keren dan juga adem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untung gak gemuk-gemuk amat kok mas....

      Hapus
    2. Iya. hehehe. Tapi apapun bentuk tuuhnya yang penting bersyukur mam

      Hapus
  11. keren nih abang zidane.. :)
    emang baju aderah itu unik2 ya, aku juga paling seneng kalo ada yang pake baju daerah gitu. Kayak waktu kartinian kemaren, pas aku ke bank man**** semua teller sampe staffnya juga pake baju daerah, hihiihi bagus deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mbak, baju daerah emang enak di lihat ya...

      Hapus
  12. Bajunya mirip dengan adat Palembang ya, ahhaaa iya masih serumpun :)

    Abang Zidane, terlihat makin tampan dan gagah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...iya mbak, masih serumpun kan...?

      Hapus
  13. Wooo, ternyata baju Melayu beda-beda macamnya. Baru tahu saya. *malu*

    BalasHapus
  14. unyu terus ganteng dek zidane nya :)
    sini zi, dicubit bentar pipinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cubitnya jangan keras-keras mbak aii....

      Hapus
  15. lucunya...
    muga kelak jadi anak yang berguna bagi nusa bangsa negara
    berbakti ma orang tua...

    BalasHapus
  16. Zidaaaaane.....
    ganteng amat siiiih.....
    badannya seneng banget liatnya
    *ngebandingin sm badan Rafi yg kecil*
    Zidane berapa kilo mam...?

    baju adat emang kalau dipakai menambah kecantikan dan ketampanan ya....
    kayak kalau kita pakai baju kebaya
    terlihat lebih anggun dan cantik kan...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. zidane 30 kg mbak....rafi biar kecil tetep ganteng kok mbak.

      Hapus
  17. Budaya harus dilestarikan jangan sampai nanti diakui milik negara orang.Ada sebagian orang menganggap aneh/lucu alias kuno jika ada yang memakai pakain budaya lokal, bahkan ditertawakan. Seperti saya ini jika kemana mana pakai blankon heheheee....
    Budaya sendiri terasa asing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, siapa lagi yang melestarikan kalo bukan kita sendiri ya.

      Hapus
  18. Mas Zidane dipakein baju Melayu tetep ganteng kok, boleh cubit pipinya? hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak asty, cubit boleh tapi jangan keras-keras ya...:)

      Hapus
  19. iiih gemesin deh abang zidane...

    BalasHapus
  20. Zidan badannya besar ya sp gak ada yg muat.. Tp tetep ganteng kok pk baju adat melayu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, sampe susah kalo milih baju...hehe

      Hapus
  21. ahay..melayu asli-lah nampak-nya paras si kecil :)

    BalasHapus
  22. Mas Zidane cakepp euy :)
    aya 2 tahun lebih tinggal di Pekanbaru belum pernah liat orang pakai baju Melayu di sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya lihat orang pake baju melayu juga pas di batam mbak...

      Hapus
    2. Baru nonton Ipin Upin yang ditonton anak2 tadi, ada cerita mereka berbaju Melayu di situ. Sy ingatnya "di Malaysia, ada hari-hari anak-anak harus berbaju Melayu".

      Aih, baru ingat sekarang, rupanya baca di sini yang anak2 sekolah pake baju Melayu, bukannya baca ttg Malaysia. Payah deh ingatan emak2 ini. Hehehe

      Hapus
  23. baju adat banjar juga keren......tapi cuma biasa dipakai waktu orang kawinan...huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. baju daerah nusantara emang keren -keren semua ya...

      Hapus
  24. kunjungan perdana
    fotonya cakep

    salam kenal n sekalian izin follow ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kunjungannya....salam kenal balik...monggo,jika ingin follow

      Hapus
  25. Abang Zidane cakep dengan baju kuning adat melayu-nya.. :D

    BalasHapus
  26. Terima kasih atas artikelnya.
    o iya selama saya jelajah mencari ilmu dengan blogwalking, menurut saya anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada waktu saya akan berkunjung lagi.



    #Semoga sehat selalu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih untuk kunjungannya...

      Hapus
  27. sangat setujuuuu
    dan sepertinya perlu didaftarkan semua ke unesco supaya ga diklaim sembarangan lagi oleh oranglain hehehehe

    BalasHapus
  28. Mas zidane jadi abang zidane nih. Baju adat memang bermacam-macam dan punya keunikan sendiri. Ada kebanggaan tersendiri jika memakai baju adat. karena biasanya memakai baju adat pasa acara ceremony yang sakral gitu deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, baju adat memang punya tempat tersendiri di hati para pemakainya ya.

      Hapus
  29. Sepertinya kebiasaan memakai baju adat perlu dilestarikan ya Mbak, kalau sudah dilestarikan dan setiap jumat dipakai dan masih ada saja negara lain mengklaim itu miliknya, tinggal dijitak aja hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kita jitak rame-rame mbak...hehe

      Hapus
  30. wah keren nich abang kecil..

    BalasHapus
  31. Jempol untuk Pemerintah Daerah Riau karena menanamkan kecintaan daerah dimulai sejak usia dini, apalagi Riau dekat sekali dengan Malaysia yang suka ngaku-ngaku ragam budaya asli Indonesia.
    Mungkin akan lebih menarik lagi kalo sekalian pakai topi seperti itu tiap hari jum'atnya. Keren abis jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak, tapi mungkin karena di anggap ribet jadi topinya nggak di pake....hehe

      Hapus
  32. abang zidane ganteng deh,seru ya acara perpusahannya pakai baju adat

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi mirip acara kartinian ya mbak...hehe

      Hapus
  33. Mampir lagi sob. Met beraktifitas aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih yuyud. selamat beraktifitas juga ya.

      Hapus
  34. eh Abang Zidane makin guanteng aja pakai baju Melayu.. besok pakai baju adat Jawa Timuran ya.. biar Uncle panggil Cak Zidane :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. cak Zidane..? hehe...nanti deh kapan-kapan ya uncle...

      Hapus
  35. hai.... gantengnya anak mami....eseme lho jan.... manis tenan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...eseme kayak gula jawa ya mbak...

      Hapus
  36. kalo ada acara yang pakai baju adat lagi jadi mas zidane lagi nih ya, mbak? hehe
    event ngeblog: menulis di blog dapet android, ikutan yuk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo baju melayunya udah di lepas ya balik jadi mas zidane lagi to...hihi

      Hapus
  37. warna backgroun dan warna baju terlihat pas banget bun.., silauuuu, btw si masx pake kacamata ya.., sejak kapan tuh..?? *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambah silau karena fotonya di bawah matahari...hehe

      anak saya pake kacamata dari umur 5 tahun mas.

      Hapus
  38. Kunjungan pagi sob. Met beraktifitas di awal liburan.

    BalasHapus
  39. masih kecil saja sudah pantes jadi raja, bagaimana kalau sudah besar...bisa jadi raja beneran nih...
    sukses untuk siMas kecil...

    BalasHapus
  40. wah ganteng ya mas Zidane, semoga menjadi anak yg sholeh, cerdas dan menjadi penentram hati,,,
    bagus bajunya mba,, senang saya lihatnya,,

    BalasHapus
  41. yaham, si abang zidane kegendutan ya :P
    gpp mi, zidane keren kok pake baju melayunya ..
    lestarikan baju adat begini :) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sra, zidane nya sedikit kegendutan....hehe

      Hapus
  42. memang baju adat dan budaya2 bangsa kita musti di perkenalkan pada anak2 sejak dini.. supaya ia menanamkan rasa cintanya terhadap budaya,, semoga seni dan budaya indonesia akann terus dicintai generasi yg akan datang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas didin. semoga anak2 jaman sekarang bisa lebih mencintai budaya indonesia ya.

      Hapus
  43. mau abang zidane atau mas zidane tetep ganteng koq mi :)

    salam kenal mi... ijin tukeran link ya :)

    BalasHapus
  44. Mas Zidane kereeennnn

    soalnya bajunya KUNING!

    Hihihihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya mbak elsa juga suka kuning kan...hehe

      Hapus
  45. baju melayu ternyata macam macam ya Tante...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul dija, dija pernah pake baju adat nggak nih...?

      Hapus
  46. kalau aku dari dulu suka sama baju adat betawi mba,soalnya kagak ribet,kagak perlu nyewa & kagak perlu di make up jadi selalu jadi favorit :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti baaju betawi cukup praktis ya mas.

      Hapus
  47. Abang Zidane ganteeeeng pake kuning, Mi. Kakak boleh naksir nggak huhihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...boleh banget kak wury...

      Hapus
  48. Abang Zidane senyumnya mengalihkan duniaku... hehe

    salam kenal, ditunggu ya kunjungan baliknya, maksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...terimaksih kunjungannya ya.

      Hapus
  49. jgn sampai di klaim malaysialan si melayu pemalas berdarah campur hina.
    salam dari budak melayu jambi

    BalasHapus
  50. aku dulu pernah pake baju melayu waktu kecil karna nenek ku melayu gtu

    BalasHapus