Kamis, 14 Juni 2012

Dahlan Iskan, From Zero To Hero

Dahlan Iskan-From Zero To Hero adalah sebuah judul buku yang aku dapat dari Pakdhe Cholik, tali asih dari kuis tebak model yang di adakan di blogcamp. Bukunya sudah aku terima sekitar seminggu yang lalu, tapi mohon maaf ya pakdhe, baru hari ini aku review bukunya. Soalnya baru kemarin buku ini selesai ku baca....hehe....


Judul buku   : DAHLAN ISKAN, From Zero To Hero
Pengarang    : Yaris Setiabudi
Penerbit       : BUKU PINTAR, Yogyakarta

Yuk, langsung aja kita intip isi bukunya. Buku setebal 196 halaman, berisi tentang perjalanan hidup seorang Dahlan Iskan dari kecil hingga sekarang. Dahlan Iskan, meskipun berasal dari keluarga miskin dan kerap mengalami kesulitan dalam hidupnya namun akhirnya bisa tumbuh menjadi pribadi yang sangat matang seperti sekarang. Mengawali karirnya menjadi seorang jurnalis di Samarinda, sampai kemudian di percaya membangun Jawa pos, hingga di tahun 2009 beliau pun di angkat menjadi dirut PLN. Berkat prestasi-prestasinya yang luar biasa selama 2 tahun di PLN, Dahlan pun akhirnya di angkat oleh presiden sebagai menteri BUMN pada oktober 2011.

Gaya kepemimpinan Dahlan Iskan cukup unik. Beliau adalah sosok pemimpin yang keras tanpa kompromi, jujur, pekerja keras yang tak mengenal waktu, cepat dalam mengambil keputusan, dan kritis terhadap pemerintah, tetapi tidak pernah menempatkan diri  sebagai orang yang berseberangan dengan pemerintah. Beliau juga sosok yang sangat piawai memberikan inspirasi dan memiliki kemampuan berinovasi untuk melakukan suatu hal  kadang di nilai  " tidak biasa " oleh orang lain.

Banyak orang yang menyebut Dahlan sebagai  orang yang cara berpikirnya out of the box, sebutan yang di alamatkan untuk orang yang memiliki keanehan-keanehan  dalam cara berfikir, berpendapat, berkarya, berucap, berpenampilan, berprinsip dan banyak hal lainnya. Banyak tokoh sukses yang memiliki cara berpikir seperti ini. Berpikir out of the box biasanya akan membebaskan kreatifitas, sehingga bisa menghasilkan ide yang gemilang dan brilian.

Selain menuturkan perjalanan karir Dahlan Iskan, buku ini juga mengulas sedikit tentang kehidupan pribadi Dahlan, seperti cerita saat beliau menjalani operasi transplantasi hati di tahun 2007, karena di diagnosis mengalami kanker hati. Kemudian tentang keseharian nya yang cukup bersahaja, meskipun sudah menjadi pejabat negara namun tak menunjukkan kuasa yang berlebihan dan tidak terjebak dalam gaya bos.

Beberapa pelajaran berharga yang bisa kita petik dari buku ini adalah :
  • Bahwa sebuah kesuksesan di peroleh bukan dengan cara yang instant. Kita harus melalui serangkaian perjuangan yang tak mudah, perlu kerja keras dan semangat yang tak kenal menyerah.
  • Sebuah kesederhanaan akan membawa seseorang kepada kehidupan yang mulia, karena kesederhanaan bermanfaat dalam menyeimbangkan energi positif dan negatif dalam diri kita sehingga kita bisa fokus dalam menjalankan sesuatu.
Sebuah buku yang sarat inspirasi dan mengajarkan kita tentang arti sebuah perjuangan dan kerja keras. Buat teman-teman yang tertarik dengan buku ini, monggo, silahkan di cari di toko buku yang ada di kotamu.


81 komentar:

  1. thx review buku ya Bun... *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. DahlanIskan For RI 2014 : Go Dahlan Gooo!!

      Hapus
  2. berkunjung pagi gan
    bagus artikelnya
    sukses selalu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kunjungannya ya....

      Hapus
  3. Wow, Buku Pintar makin pintar saja menerbitkan buku dengan tema2 yg bernas. Boleh aku bilang, ini adalh penerbit dahsyat dgn produk2 penerbitan yg mantap serta dg penjualan yg trus melesat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di jogja ternyata banyak penerbit dahsyat ya mas...

      Hapus
  4. Tokoh yang sangat inspiratif ya Mbak :)

    *boleh pinjem bukunya ndak Mbak? heheeee...

    BalasHapus
  5. Aku juga salah satu penggemar pak dahlan bun, ni skg mau nyari juga buku ini. mksih infonya bun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo, sebelum kehabisan niz...:)

      Hapus
  6. semua harus dilalui dengan kerja keras ya, kayanya buku ini best seller ya ditoko buku

    BalasHapus
  7. Nice review , jempol buat Mami Zidane. Satu lagi artikel yang bagus, bisa membangkitkan motivasi dalam diri agar menjadi jiwa yang besar, tegar dan punya banyak ide untuk membuat semua jadi lancar.
    Terimakasih

    BalasHapus
  8. sepertinya buku tentang Dahlan Iskan sedang 'booming' di beberapa toko buku, salah satunya di Gramedia. Saat jalan-jalan ke sana beberapa waktu lalu ada beberapa judul tentang beliau, tapi belum satupun yang dibeli ( nunggu dikasih Pakde saja. hehehe )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dahlan Iskan memang tokoh fenomenal ya bi....

      Hapus
  9. from zero to hero.kereeeeen.

    BalasHapus
  10. calon gubernur DkI yaa bun...hmmm

    BalasHapus
  11. Merapat akh bund wkwkwk . . .

    BalasHapus
  12. Intinya kerja keras penuh perjuangan dan kesederhanaan ya mbak, agar sukses dan tidah sombong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, sudah punya bukunya belum...?

      Hapus
  13. hidup penuh perjuangan he hee ...

    BalasHapus
  14. Referensi yang sangat bagus, jadi tertarik untuk mencarinya. Terimakasih, semoga saya mampu menteladaninya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, semoga kita semua bisa meneladaninya.

      Hapus
  15. sy juga dpt buku itu.. Kebetulan sy juga suka sama pak DI.. Dan isi buku itu memang bagus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dahlan iskan memang T.O.P ya mbak...

      Hapus
  16. Dahlan Iskan emang keren ya hihi...
    Kemaren aja dia naik KRL pas aku naik KRL juga wkwk. Tapi sayangnya aku gak tau kalau itu dia... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tahu pasti una udah minta foto bareng ya...hehe

      Hapus
  17. DAhlan Iskak emang Kereen..
    MAsih teringat yang di Tol ituh

    BalasHapus
  18. ini buku yang sama atau bukan ya tentang pak dahlan iskan..

    kok sampulnya agak beda kalo dia sama.. :)

    BalasHapus
  19. mumpung gramed lagi diskon, tar mo ke sana beli ah :D

    tks reviewnya ya jeng

    BalasHapus
  20. Sungguh, aku kepengen banget baca buku ini..., semoga segera dapat dalam waktu dekat ini.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. segera cari ke gramedia mas...hehe

      Hapus
  21. hehehe baru tau aku ada buku tentang pak Dahkan Iskan ini. Jujur aku penasaran banget siapa sosok si bapak satu ini.
    TFS ya mba, aku jadi pengen langsung beli buku ini deh... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo penasaran segera baca bukunya mbak...hehe

      Hapus
  22. kata'a sih emang bagus mba buku tsb,tapi aku dari kemarin lagi nyari buku " Travel In Love " belum ketemu2 juga :(

    BalasHapus
  23. Balasan
    1. terimakasih mbak sudah absen di sini..

      Hapus
  24. wew ..
    menarik juga mi .
    aku pernah nonton tentang bapak dahlan di tipi, dia katanya pernah sakit dan sebagainya ..
    mungkin itu zeronya ya .. ?
    Hero nya ya sekarang pas udah sukses jadi pejabat yang baik hati ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. zero nya itu waktu belum jadi siapa-siapa sra, hero nya ketika dia mulai membangun jawa pos, kemudian di PLN dan saat ini saat dia sudah jadi menteri.

      Hapus
  25. Banyak yg pro dan kontra sama pak DI utamanya ketika jadi DIRUT PLN.
    Tp bagi saya Indonesia jarang memiliki anak bangsa spt ini yg apa adanya, lugas dan tegas.
    Beliau menanamkan sifat disiplin dan mementing bekerja..bekerja dan terus bekerja sebelum berbicara

    BalasHapus
    Balasan
    1. pro dan kontra memang sudah biasa ya...

      Hapus
  26. aq suka dan kagum dgn sosok Dahlan Iskan
    dimasa skrg ini jarang ditemui orang yg mempunyai kepribadian seperti beliau
    berani melawan arus
    mudah2an konsisten terus ya paaa.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, semoga beliau terus konsisten ya...

      Hapus
  27. benar. kesuksesan itu tidak diperoleh secara instan, butuh perjuangan

    BalasHapus
  28. Saya suka dengan Pak Dahlan, orangnya apa adanya dan sangat idealis. Tapi sayangnya di negara ini org2 seperti Pak Dahlan dgn mudah bisa disingkirkan jika dianggap "mengganggu".

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an sih pak dahlan tidak di anggap "menganggu" ya mbak...

      Hapus
  29. aku baru mulai baca nih,,,baru beberapa lembar,
    sama dapat dari pak de juga mam

    BalasHapus
  30. dari jawa pos ke pak menteri ini,..

    :)

    BalasHapus
  31. Balasan
    1. sama-sama, makasih juga atas kunjungannya ya

      Hapus
  32. Balasan
    1. lho...saya ini "ibu" lho...bukan "bapak"....hehe

      Hapus
  33. mbak.. kirim ke Jember ya kalau selesai mbacanya hehe.

    saya mau belajar nih dari pa Dahlan.. yah sapa tahu dari penjaga warnet bisa menjadi bos Google hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...boleh...tapi pinjemnya sebentar aja ya uncle...

      Hapus
  34. saya sangat suka sekali dng sosok beliau..jujur dan tegas.

    BalasHapus
  35. Beliau memang sosok teladan ya sob.

    BalasHapus
  36. Saya suka kesederhanaan pak dahlan.. beliau bisa jadi inspirasi buat saya.. dengan kesederhanaannya hanya pak dahlan iskan seorang menteri BUMN yang ke kantor naik ojek,, dan selalu pake sepatu santai serta kemeja putihnya... semoga banyak terlahir dahlan2 yang lain di indonesia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. beliau memang sosok yang bersahaja dan sederhana pak...

      Hapus
  37. Wah kayaknya bagus juga ini buku. Tapi kalau buku seperti ini biasanya madjongke bacanya lebih seminggu baru selesai. Oya mam. Mami zidane ini secara tidak langsung terlihat lebih akrab seoalah kita kita ini suami atau anaknya mami Zidane. Soalnya manggilya kan "Mam". hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukunya nggak terlalu tebal kok...

      lha gimana ya...wong saya memang mami nya zidane je....hehe

      Hapus
  38. Boleh dong bun, pinjem bukunya :D

    BalasHapus
  39. Mampir lagi sob. Ditunggu postingan barunya.

    BalasHapus
  40. bagus bukunya ya Bun? aku juga berharap menteri2 yang lain bisa bercermin dari Pak Dahlan

    BalasHapus
    Balasan
    1. setujuuuu
      seandaiya para pemimpin kita seperti Pak Dahlan ya

      Hapus
  41. iya, ada buku baru "Si Anak Singkong" juga kan saat ini. kira-kira ada yang mau beliin ane bukunya gak??

    makasih, ditunggu Sob kunjungan baliknya.

    BalasHapus