Kamis, 18 Juli 2013

Cincau Hitam

Selama bulan puasa cincau hitam bisa dengan mudah kita dapatkan di berbagai pasar tradisional ataupun di supermarket. Cincau hitam biasanya di manfaatkan untuk membuat es campur, es doger, capuccino cincau dan masih banyak lagi jenis minuman lain.

Aku dan suami sebenarnya juga suka cincau hitam. Dulu, tiap bulan puasa cincau hitam ini jadi salah satu bahan pangan yang sering ku beli. Tapi semenjak nonton acara liputan investigasi di salah satu tv swasta, aku kok jadi geli deh kalo harus beli cincau hitam jadi yang ada di pasar maupun di supermarket.

Di liputan investigasi yang ku tonton di gambarkan step by step pembuatannya. Bahan-bahan nya, peralatan yang di gunakan, bahan kimia yang di tambahkan....yaa...pokoknya semuanya deh. Dan semua yang ku tonton kala itu, sukses membuat bulu kudukku merinding...!

Sejak hari itu, aku pun bertekad tak mau lagi membeli cincau hitam yang sudah jadi. Meskipun nih ya, tentu tak setiap pembuat cincau hitam berlaku curang ya...aku yakin masih ada beberapa pembuat cincau yang tetap jujur dan baik. Tapi kalo aku sih, rasanya tetep khawatir kalo harus beli lagi...hehe.

Hingga suatu seketika, saat aku lagi belanja di minimarket....eh... nggak sengaja ternyata ketemu sesuatu yang cukup menarik buatku. Apa itu ? cincau powder !


Ternyata cincau ada yang di buat jadi serbuk instan seperti bubuk agar-agar ya. Karena penasaran, ku ambil satu sachet deh, bolak balik kubaca keterangan produk yang ada di bungkusnya. Hmm....ada keterangan " tanpa bahan tambahan dan pengawet".....wuiih...boleh di coba nih, aku pikir cincau powder seperti ini pasti lebih terjamin daripada cincau yang sudah jadi itu kan. Akhirnya iseng aku beli satu.

Di rumah, aku baca baik- baik petunjuk pembuatannya dan langsung aku masak si cincau powder ini.


harus di dinginkan dulu sampai mengental dan padat sebelum di konsumsi

Setelah beberapa jam, si cincau yang tadinya cair pun berubah bentuk menjadi padat seperti jelly. Siap di potong-potong dan di buat minuman. Ini dia salah satu bentuk minuman dari cincau yang ku buat. 


tinggal separuh gelas, udah keburu di sruput zidane....hehe

Cara bikin es cincau ini gampang banget lho.....bahan-bahannya cuma cincau, sirup cocopandan, air putih, susu cair ataupun susu kental manis, plus es batu (bila suka ). Caranya...taruh cincau di gelas, beri sedikit air, tambahkan sirup dan susu cair sesuai selera. Jadi deh.....dan rasanya.....segeeer....!

Cincau hitam yang di jual dalam bentuk jadi aku memang tak mau, tapi kalo cincau powder kayaknya lain waktu harus beli lagi nih....:)

Ada yang mau coba...?


49 komentar:

  1. bikin cincau hijau aja yuk, ntar aku kasih daun cincaunya .. hehe

    BalasHapus
  2. bu dey : wah..saya mau donk daun cincaunya...cincau hijau saya juga suka lho.

    BalasHapus
  3. lebih higienis yaa bu, bikin sendiri jadi lebih ngerti bahan2 yang dipakai /:D

    ennak tuh rasanya, mauu :D

    BalasHapus
  4. hmm nikmatnya ..
    aku suka banget ma cingcau item niy..
    ohh ada tho yang powdenya< selama ini aku beli yang udah jadi ..
    langsung potong2 aja :P

    #membayangkan siang bolong nyeruput cingcau

    BalasHapus
  5. saya baru tahu ada cincau powder, sepertinya enak ya.. saya belum pernah nyoba.

    BalasHapus
  6. kalau ditempat saya namanya bukan cincau hitan bunda, tapi namanya "janggelan" seger banget waktu diminum pas buka puasa

    BalasHapus
  7. oalah cincau ini toh.. kalau di kampung saya namanya "Cao", kenyil-kenyil gimana gitu

    BalasHapus
  8. Boleh juga tuh, buat takjil nanti berbuka puasa. kayaknya seger

    BalasHapus
  9. sepertinya pasar sudah tak aman untuk membeli bahan makanan, karena sudah dicampur macam2 demi mengeruk keuntungan semata....tapi es cincaunya bikin ngiler dech :-)

    BalasHapus
  10. wew... bisa buat jualan nih... suwer... mampir mah...

    BalasHapus
  11. aku sudah lama banget ga nemu cincau
    waktu kecil sih sering bikin sendiri nyolong daun cincau di kebon :D

    BalasHapus
  12. ternyata ada yang berbentuk serbuk ya

    BalasHapus
  13. Pernah bikin yg dari nutrijell kalo gak salah, enak jg sih tapi berhubung saya dan suami bkn penggemar cincau hitam makanya gak pernah bikin lagi. hehehe..

    BalasHapus
  14. kalau beli jadi kadang banyak bahan pengawetnya.

    BalasHapus
  15. Blognya tambah keran, minta dong cincaunya. biar seger ditenggorokan.

    BalasHapus
  16. hadir kembali menikmati es cincau untuk buka puasa :-)

    BalasHapus
  17. Kok di tempatku belum ada produk seperti ini ya kak.

    BalasHapus
  18. Pilihan bijak untuk di konsumsi oleh keluarga ya mbak... :)

    BalasHapus
  19. Bikin ngiler puasa-puasa gini..... Es cincaunya sedaaaaaaap!

    BalasHapus
  20. sueger rek cincaunya,,jadi kpengen dech..

    BalasHapus
  21. keliatannya seger banget deh.... :Q

    BalasHapus
  22. waktu berbuka masih lama lagi :)
    enakan juga bikin sendiri mba, sensasi lebih seru walaupun hasilnya belum tentu sempurna. Soalnya, aku dulu pernah cobain, dan hasilnya memang lebih enak buatan tangan sendiri, alias tau proses dari awal'a yaitu daun cincau

    BalasHapus
  23. bikin lidah nyes nyes nih pengen ngerasakan cincaunya hehehe

    BalasHapus
  24. seger. Enak juga kl bs bikin sendiri :)

    BalasHapus
  25. Gema Takbir Menyapa Semesta,
    Membesarkan dan Mengagungkan Yang Maha Esa nan Maha Suci,
    Bersihkan Hati Kembali Fitri di Hari Kemenangan,
    Terkadang Mata Salah Melihat dan Mulut Salah Berucap,
    Hati kadang salah menduga serta Sikap Khilaf dalam Berprilaku,
    Bila Ada Salah Kata, Khilaf Perbuatan dan Sikap,
    Bila Ada Salah Baca dan Salah Komentar,
    Mohon Dimaafkan Lahir dan Batin,
    Selamat Merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1434 H

    BalasHapus
  26. cincaunya masih terlihat segar :D

    BalasHapus
  27. bu, itu bubuk cincaunya beli di supermarket mana yah? saya jg lagi cari2 tuh bu :)

    BalasHapus
  28. jg ingat saat puasa..

    lamar gk mampir, blom terlambat tuk ngucapin
    maaf klo ada salah2 kata.. *smile

    “Ƭαqobbαlαllαhu minnαα ωα minkum
    (Semogα Alloh menerimα αmαlku dαn αmαl kαliαn).”

    BalasHapus
  29. salam kenal dari tirana aduka.jemput dtg ke tempat saya jika ada kelapangan. Terima kasih

    BalasHapus
  30. Mohon Maaf Lahir Batin Mami Zidnae, aku doyan makan cincau dengan coklat susu. Mungkin rada ilang keaslian, tapi khasiatnya emang luar biasa bagi tubuh. Zidane doyan kagak ya?

    BalasHapus
  31. belinya dimana mba ? Di jkt ada agennya ga ?

    trima kasih .. pengen dicoba ^_^ / Op

    BalasHapus
  32. cincau segar nya mau dong omah

    BalasHapus
  33. siang - siang begini enak nya minum cincau

    BalasHapus
  34. Jadi pingin coba kesegaran cincau hitamnya :)

    BalasHapus
  35. beli cincau powder d minimaeket apa mih ? sy cari2 d carefour dan pasar g ada...infoin ya...

    BalasHapus
  36. whoah cincau.. akhir2 ini saya lagi suka cincaupucino itu loh. lebih kerasa capucinonya sebenernya dibanding cincaunya :D

    BalasHapus
  37. kalo boleh tau beli bubuknya dimana ya bu? saya di daerah bogor, belum dapat yang menjual bubuk ini

    BalasHapus
  38. @hadi & unknown : di kota saya cincau powder di jual di hampir semua minimarket (FYI : saya tinggal di Batam), kalo di kota lain saya kurang tahu ada atau nggak ..:)

    BalasHapus
  39. Yang butuh bibit & daun cincau bisa hubungi kami 082136712513 atau chasiapro@gmail.com @Trims Prabowo Jogja

    BalasHapus
  40. nama minimarket di batam
    apa ya?

    BalasHapus
  41. Saya mau jual cincau hitam segar siap panen di lahan 1,5 ha, ada yang minat SMS ke 081398902025

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    asianbet77.com

    Download Disini

    BalasHapus
  44. Kalo boleh tau belinya di mana yah bu apa di giant atu carefour gt?

    BalasHapus
  45. cincau hitam (cincau hitam instan) sangat berkhasiat untuk kesehatan, untuk itu kami juga membuat produk berbahan cincau hitam, semoga masyarakat menjadi sadar tentang manfaat mengonsumsi cincau hitam. Http://www.cincaupowder.com atau http://www.blecoo.com

    BalasHapus
  46. Jual Daun cincau hijau ... bisa rutin kirim.
    Hub 0857-9151-8324 (Bp.Arief)

    BalasHapus