Sabtu, 25 Januari 2014

Iwak Pe

Teman-teman tahu apa itu iwak pe ?

Iwak pe adalah sebutan masyarakat di tanah kelahiran saya untuk ikan pari yang sudah di asap. Ikan pari yang bentuknya lebar biasanya di potong tipis memanjang dan di jepit dengan bilah bambu kecil, kemudian di asap. Setelah di asap iwak pe ini bisa di olah menjadi macam-macam hidangan. Yang paling sering sih di buat mangut yaitu di masak menggunakan kuah santan yang pedas. Bisa juga di tumis dengan cabe hijau yang banyak, di tambah kecap.

Iwak pe memiliki aroma khas yang cukup menyengat. Aroma menyengat itu membuat tidak semua orang menyukainya. Tapi kalo saya, berhubung dari kecil ibu saya sering mengolah nya di rumah, jadi saya justru sangat menyukai aroma menyengat iwak pe ini. Apalagi kalo aromanya sudah bercampur dengan bumbu-bumbu masakan...hmmm....perut bisa langsung lapar di buatnya.

Waktu masih tinggal dengan orangtua di kampung, saya cukup sering menikmati olahan dari iwak pe. Namun semenjak menikah dan hijrah ke pulau seberang, otomatis saya tak pernah lagi bisa menikmatinya. Di tempat tinggal saya sekarang, tak pernah saya jumpai ikan pari asap di pasar, kalo ikan pari segar malah banyak. 

Kapan hari, saya justru menemukan ikan pari asap di tukang sayur langganan yang sering lewat di komplek rumah. Si tukang sayur yang kebetulan orang jawa ternyata mengolah sendiri ikan pari segar yang di beli di pasar menjadi iwak pe. Wuaah...girangnya saya kala itu saat menjumpai iwak pe di jual di tukang sayur. Seperti melihat duit segepok.....hahaha.

Langsung saya beli beberapa potong waktu itu dan saya masak.  Hmm...akhirnya....bisa kembali menikmati sedapnya tumis iwak pe cabe ijo. Sayangnya suami dan anak ternyata nggak suka dengan masakan iwak pe itu. Mereka bilang baunya nggak enak. Sudah saya duga, bau iwak pe memang sangat menyengat !

Tak masalah...saya bisa menghabiskannya sendiri kok....hehe

tumis iwak pe cabe ijo

Saya bagi resepnya ya, barangkali ada yang pengen nyoba bikin di rumah.....

Bahan :

Iwak pe/ikan pari asap secukupnya, cuci bersih
Cabe ijo, sesuai selera
Cabe rawit, kalo ingin makin pedes
Bawang merah
Bawang putih
lengkuas
Garam gula, secukupnya
kecap manis, secukupnya.

Cara mengolahnya :
Bawang, cabe semua di iris tipis, di tumis sampai harum
Masukkan iwak pe, lengkuas, garam gula, kecap
Tambahkan sedikit air, masak sebentar dan cicipi.
Angkat dan sajikan dengan nasi putih...:)

 Selamat mencoba.



29 komentar:

  1. Kalau masak sendiri aku belum pernah, seringnya beli ikan pari matang di kantin

    BalasHapus
  2. lihat gambarnya jadi lapar hehe...

    BalasHapus
  3. Biuh..., langsung disergap rasa lapar saya membaca dan melihat fotonya itu, Mbak :)

    BalasHapus
  4. Iwak pe memiliki aroma khas yang cukup menyengat

    BalasHapus
  5. iwak pe bila dipadu dengan lombok ijo dalam sebuah masakan yang bernama tumis, hmm... oke banget...

    hadir lagi

    BalasHapus
  6. koyone ewennak banget mau dong iwak euuyyyyyyyy boleh dong ditransfer

    BalasHapus
  7. Aku suka sih ikan pari mi, gak bau bau amat kok. Apa kalo udah diasap gitu jadi nyengat ya baunya ??
    wuih enak bener tuh

    BalasHapus
  8. hmm....enak lagi kalo dimasak "mangut " mam..
    pake santan....makin sedep, manteebb

    BalasHapus
  9. hehe saya doyan sekali sama iwak pe, apalagi buatan ibu saya hehe. salam iwam. lho?! hehe

    BalasHapus
  10. Sepertinya enak tuh, saya sangat menyukai yg namanya Pare, di tempat saya itu di sebut ''Salai'' pari yg diasepin terus kl udh kering di masak dg kuah... enaak hehe..


    Folback ya Omah Kecil hehe

    BalasHapus
  11. saya suka banget iwak pe
    waktu masih kuliah di surabaya, hampir tiap malammakan sego sambel iwak pe, habis hanya itu yang harganya murah, hehehehee
    jadi kangen iwak pe

    BalasHapus
  12. wah ijin nyoba resepnya, kayaknya enak nih :)

    BalasHapus
  13. wah mantap nih....selera pedas bikin keringetan.hehe

    BalasHapus
  14. Enak aku pernah nyoba sewaktu kuliah di Malang

    BalasHapus
  15. haha mantap nih.. pas kerja di tuban dulu sering banget makan ikan pari ini hihi

    BalasHapus
  16. Wah belum pernah coba makanan yang satu ini.

    BalasHapus
  17. Wadaw jadi pengen coba nih makanannya sepertinya sangat menggugah selera sekali.

    BalasHapus
  18. Saya pernah nyoba ikan pe, di daerah sleman jogja juga disebut dengan ikan pe :)

    BalasHapus
  19. Iwak pe baunya seperti ikan lele, jika dimasak dengan kuah santan pedas.

    BalasHapus
  20. Wah...Ketemu juga yang dicari..Lengkap pula dengan bahan"nya..Makasih kak, langsung bisa dicoba nih..Lezzat

    BalasHapus
  21. Baru tahu kalau iwak pe itu ikan pari. Hehe
    Thanks sharingnya gan :)

    BalasHapus
  22. koyone ewennak banget mau dong iwak euuyyyyyyyy boleh dong ditransfer

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus