Jumat, 15 Februari 2013

Nasi Kuning Tanpa Santan

Beberapa waktu lalu kami dapat hantaran nasi kuning dari salah seorang tetangga di sini. Zidane yang paling sumringah tuh kalo lihat nasi kuning. Biarpun baru saja makan, tapi kalo di depannya ada nasi kuning perutnya bisa mendadak laper lagi tuh....hehe

Kalo hari minggu, kadang zidane ku belikan nasi kuning sebagai sarapan. Tapi, sayangnya nasi kuning yang sering ku beli kelihatan berminyak sekali. Kayaknya sih karena kebanyakan santan saat membuatnya. Lama-lama jadi enek duluan deh sebelum menyantapnya.

Jadi kepikiran, sebenarnya nasi kuning itu bisa nggak sih di buat tanpa santan...?

Langsung ubek-ubek google deh..alhamdulillah nemu resep nasi kuning tanpa santan. Ternyata santan bisa di skip dan di ganti dengan air kaldu ayam ataupun kaldu bubuk instan. Yo wes, nanti kalo lagi ada waktu luang pingin nyoba bikin ah.


Dan kemaren, tanggal 8 februari ayah zidane ulangtahun. Eh, langsung kepikiran pingin praktek bikin nasi kuning tanpa santan. Sayangnya tanggal itu kebetulan pas bukan hari libur, harus antar jemput zidane sekolah, harus nemenin zidane belajar dan bikin PR. Wah...apa sempet ya bikin nasi kuning..?

Agak ragu juga awalnya, takut menyita banyak waktu, karena aku belum pernah bikin sebelumnya. Tapi berhubung udah kebelet banget pengen bikin, ya udah di niatin aja lah , bismillah, mudah-mudahan bisa..hehe.

Daaaan...tak ada yang sulit kalo kita mau berusaha. Di tengah keterbatasan waktu, sambil mondar mandir ke sana-sini, jadilah nasi kuning perdanaku...hehe.



Meskipun tanpa santan, nasi kuning buatanku rasanya tetep gurih lho, dan nggak enek sama sekali..! Aroma daun pandan nya terasa haruuum banget. Tapi lauk pendampingnya kurang lengkap, hanya ada ayam goreng dan dadar suwir plus lalap dan sambal terasi (kering tempe nya nggak sempet di buat karena udah capek...:)

Alhamdulillah Zidane dan ayahnya suka. Zidane malah sampe nambah berkali-kali, katanya " enak mi, besok bikin lagi ya..." hahay...senangnya hatikuuuu..

Berikut resep nasi kuning ala mami zidane :

Bahan :
4 cup beras putih, cuci bersih
2 ruas kunyit, parut, ambil airnya.
1 buah jeruk nipis, ambil airnya ( ini berguna untuk mencerahkan warna nasi kuning )
4 lembar daun pandan
1 sachet royc* rasa ayam
1 sdt garam
Air secukupnya, tergantung jenis berasnya.

Cara membuat :
Campur semua bahan dalam panci. Masak di atas kompor sampai air menyusut dan beras berubah menjadi nasi aron.

Siapkan dandang untuk mengukus, kukus nasi aron selama 30 menit.

Angkat dan sajikan bersama lauk pendamping.

Yang mau nyoba bikin....silakan..agak ribet dikit sih..tapi puas....hehehe...





39 komentar:

  1. enak banget tuh mbak liat dari gambarnya, bisa nerima order nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..boleh..mau order berapa porsi..:D

      Hapus
    2. Meh order tapi harus ke bangka dulu yo mbak hehehehe...

      Hapus
    3. Wah lagi tren nih heiiehieee DI Pontianak juga sudah tradisi saling mengantarkan makanan ke tetangga, dan kita saling bertukar makanan. CUma kadang menu makanan yang diterima ternyata tidak sesuai atau tidak selera.

      Nasi kuning (Safron Rice) saya juga suka, dan biasanya beli di pasar tradisional di sekitar komplek saya.

      Hapus
  2. Wah, bengi2 ngeneki, udan maneh, soyo krucuk2 wetengku mbak hahahha...

    Yen aku isone nggawe mie instan sing pasti warnanya kuning yo mbak :D

    BalasHapus
  3. coba ditambah mentega 1/2 bungkus mba..pasti lbh gurih, mimi klo buat nasi kuning mmg ga prnh pake santan, eneg heheheh

    BalasHapus
  4. Umumnya rasa gurih itu tercipta dari santan kelapa, jadi saya menjadi penasaran dari mana gurih nasi kuning yang didapatkan?. Trus penggunaan pandan apa nggak menambah aroma wangi tuh Mbak ?

    BalasHapus
  5. jadi laper nih, mami zidane :))

    BalasHapus
  6. Kalo ndak pake santan tetep gurih ndak ya? Pengen coba nich :)

    BalasHapus
  7. Bukannya emang nasi kuning itu tanpa santan sob. Kalau nasi uduk ya pakai santan.

    BalasHapus
  8. nyam nyam enak tuh kayaknya gan... ditunggu kunjungan baliknya

    BalasHapus
  9. jadi ngeces nih, jika tidak pakai santan pastinya kurang gurih.

    BalasHapus
  10. Boleh nih dicoba mbak. Saya pernah dapat resep nasi goreng kuning, pake kunyit. Tapi entah nyimpan di mana resepnya, baru sekali saya coba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya, pakai kunyit segar dengan pakai kunyit bubuk, rasanya sama enaknya gak ya mbak?

      Hapus
  11. Kalo nasi kuning di Bali nggak pake santan mbak.
    Cuma kunyit aja...
    Mungkin rasanya kurang gurih, tapi lebih sehat katanya..

    BalasHapus
  12. Mbah Google emang kaya raya ya mba, semua ada sama dia. Mau resep, mau informasi lainnya, semua tersedia. Enaknya hidup dijaman sekarang ini... :)

    Btw, nasi kuningnya itu menggugah selera banget deh. Ntar kapan2 month coba resepnya ah! Makasih udh dishare lho!

    Eh iya, met ultah untuk ayahnya Zidane ya, panjang umur, sehat selalu, sukses dan makin sayang and cinta pada mami and Zidane. :)

    BalasHapus
  13. kl deket saya samperin. pengen nyobain nasi kuningnya :D

    BalasHapus
  14. seringnya sarapan nasi kuning beli deket rumah klo di rumah dah ga da stock makanan... penampakannya sungguh bikin ngiler tu mbak....

    BalasHapus
  15. lebih sehat juga bun kalau tanpa santan

    BalasHapus
  16. jadi inget yach..dulu jualan nasi kuning...

    BalasHapus
  17. saya sukak nasi kuning...bikin ibuk saya, tapi kalau dikrimi nasi kuning resep yang tanpa santan ini...juga sukaaaa...#dasar

    BalasHapus
  18. Biarpun baru saja makan, tapi kalo di depannya ada nasi kuning perutnya bisa mendadak laper lagi tuh

    Hahahahahaha.... namanya juga anak-anak... btw, keren juga Nasi Goreng tanpa santan... penasaran bgmn rasanya...

    BalasHapus
  19. wah...tau aja nih maminya zidane...makanan pavorit saya...
    kalo sy di tawarin....mesti nambah dua piring nih...hehe :)

    BalasHapus
  20. dadar suwir dan nasi kuning sebenarnya padanan yang pas banget, apalagi ada ayamnya..maknyos dech jadinya...,
    btw-meskipun telat, saya turut mengucapkan buat Ayahnya Zidane..selamat hari lahir..semoga sehat bahagia selalu dalam lindungan ALLAH...aaamiiinnn :-)

    BalasHapus
  21. salam kenal mimi
    Kunjungan perdana nih.dari tirana aduka.kalau ada kelapangan jemput mampir yah.

    BalasHapus
  22. Lapeeeer... :) saya pesan 2 ma...

    BalasHapus
  23. Masih ada nasi kuningnya ga Mam..
    #lapeer
    santai di ganti sama air kaldu sama 2 guriih ya !

    BalasHapus
  24. Mamiii...aku maoooo...
    belom pernah sih nyoba naskun tanpa santan..
    nanti aku coba resep nya ya..
    makasih Mami..

    BalasHapus
  25. ihhh, indah banget tuh desain makanannya bikin ngiler aje di lidah mami ane mau tuh ingin nyoba dikit aje

    BalasHapus
  26. coba ach....
    biar sehat, hehehe
    oh y mba...ijo2 disamping timun itu kecipir yo

    BalasHapus
  27. Nasi kuning buatan sendiri emang slalu lebih enak dibanding beli ya mbak, entah lebih harum atau lebih gurih jadi makin semangat makannya. Penampilan nasi kuning buatan Mami Zidane cantik banget, bikin ngiler ;p

    BalasHapus
  28. selamat siang mbk maaf baru berkunjung mbk, . wah triknya mantap mbk ntar aq kasihtaukan pada mbk aq D: biar bikin gituan hehehe

    BalasHapus
  29. jd laper aku...
    nasi kuning, nasi favoriteku sob

    BalasHapus
  30. Wow, bagus juga Mi, kreatip pula gak mesti beli diluar bisa bikin lebih sehat.. Hehe

    BalasHapus
  31. Baru bikin aja udah enak, palagi bikin yang kedua, ketiga, dan seterusnya pasti lebih enak, hihi*MenghayalJadiTetanggaZidane

    BalasHapus
  32. lihat gambarnya jadi laper hehe
    salam kenal

    BalasHapus
  33. salam kenal dan ijin berbagi kata bijak "Laughing is healthy, especially if you laugh about yourself.
    Tertawa itu sehat, lebih-lebih jika mentertawakan diri sendiri." :)

    BalasHapus