Minggu, 19 Februari 2012

Bukan Pasien Yang Penurut

Hari sabtu kemaren zidane ku ajak periksa ke dokter, karena sudah 3 hari ini dia terkena batuk pilek. Biasanya kalo cuma pilek ringan aku sih tidak terlalu terburu-buru untuk ke dokter.
Tapi kali ini aku melihat sepertinya frekuensi batuknya lumayan sering nih, jadi akhirnya ku putuskan untuk membawanya ke dokter.

Sesampainya di sana Zidane segera di periksa, dokter kemudian menganjurkan zidane untuk di uap atau di nebulizer karena katanya dahak yang ada di tenggorokannya sangat banyak.
Kemudian proses uap itu pun kami jalani, hanya sekitar 15 menit saja proses itu berlangsung. Zidane sendiri waktu kecil sudah sangat akrab dengan ritual uap ini. Jadi kemaren pun sudah tak ada masalah buat dia saat harus menjalani proses ini.




zidane saat di uap

Aku sendiri merasakan bahwa prosedur itu cukup membantu meringankan batuk Zidane. Biasanya ke esokan hari setelah di uap frekuensi batuknya otomatis langsung berkurang atau minimal kalo pun masih ada batuk-batuk tapi batuknya bisa  lebih ringan karena sebagian dahaknya tak terlalu kental lagi.

Setelah proses uap selesai dokter segera menuliskan resep untuk Zidane, kemudian resep ku serahkan ke apotek dan menunggu antrian obat. Butuh waktu lumayan lama untuk mengantri obat, karena saat itu memang keadaan lumayan ramai.
Setelah setengah jam menunggu akhirnya petugas apotek memanggil dan menyerahkan sejumlah obat padaku.Ada 3 macam obat yang ku dapat. Yang pertama, obat pilek merk Tremenza kemudian obat batuk merk sanadryl dan yang terakhir adalah antibiotik merk Tocef.

Ah, kenapa selalu ada saja antibiotik yang di resepkan oleh dokter. Apakah penyakit batuk pilek seperti anakku memang harus di sembuhkan dengan anti biotik...?

Sebulan yang lalu Zidane juga baru saja terkena radang tenggorokan dan harus minum antibiotik, kemudian selang 2 minggu kemudian zidane terpaksa harus minum antibiotik lagi karena saaat itu zidane jatuh dari sepeda dan mendapatkan sejumlah luka yang cukup banyak di kakinya.
Sekarang dalam rentang waktu yang belum terlalu  lama ternyata dokter sudah meresepkan anti biotik lagi.

Padahal sebenarnya terlalu sering minum antibiotik kan nggak bagus ya untuk anak, sudah banyak di bahas dimana-mana bahwa pemakaian antibiotik yang sembarangan bisa memicu kekebalan bakteri.

Akhirnya, aku punya ide.
Melihat kondisi batuk pilek zidane yang tak terlalu mengkhawatirkan aku bertekad aku tak akan meminumkan antibiotik yang sudah diresepkan oleh dokter.
Bukannya mau sok pintar, sebagai ibu aku tahu lah bagaimana tingkat ke parahan sakitnya Zidane. Masa iya cuma batuk pilek seperti itu kok harus minum antibiotik segala....? kecuali kalo di sertai demam tinggi, mungkin aku akan bertindak lain. Tapi ini kan tidak.

Jadi sesampainya di rumah aku memang hanya meminumkan obat pilek dan batuknya saja.
Alhamdulillah batuk nya Zidane juga udah mulai berkurang. Semalam dia juga sudah bisa tidur nyenyak, walaupun masih batuk sesekali. Antibiotik memang sengaja tak ku berikan, aku kasian kalo anakku terlalu sering meminum obat ini.
Biarlah kali ini aku jadi pasien yang tak menurut. Ini kan demi kebaikan anakku juga.

Sebenarnya bukannya aku anti dengan antibiotik. Kalo memang keadaan mengharuskan harus minum antibiotik aku pun tak kan menghindarinya. Tapi kali ini, aku merasa batuk pilek anakku sepertinya tak terlalu membutuhkan antibiotik, jadi ya terpaksa aku hindari.

Mohon maaf ya dokter, kali ini saya bandel...hihi...tapi kebandelanku kali ini bukan tanpa alasan lho.


31 komentar:

  1. Ya syukur alhamdulilah kalo zidan udah sembuh..

    Bener juga, olive kalo batuk pilek masih bisa di obati obat dari apotek,kalo panas udah nyerah deh kudu ke dokter ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, zidane kalo batuk pileknya ringan juga nggak ku bawa ke dokter, tapi kemaren itu batuknya lumayan sering jadi ya ke dokter biar sekalian di uap.

      Hapus
  2. wah anak saya yang nomer 2 juga pernah melakukan upa nebuliser, saat itu 4 dokter berbeda menyatakan ada flek paru. AKhirnya kami melakukan tes mantoux, dan alhamdulillah hasilnya negatif.
    Saya setuju, kenapa orang begitu gampang memberikan antibiotik untuk penyakit-penyakit bisa, kan malah nggak baik untuk sistem kekebalan tubuh

    BalasHapus
  3. wah anak saya yang nomer 2 juga pernah melakukan upa nebuliser, saat itu 4 dokter berbeda menyatakan ada flek paru. AKhirnya kami melakukan tes mantoux, dan alhamdulillah hasilnya negatif.
    Saya setuju, kenapa orang begitu gampang memberikan antibiotik untuk penyakit-penyakit bisa, kan malah nggak baik untuk sistem kekebalan tubuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pak, keseringan minum antibiotik memang nggak bagus buat anak-anak.

      putranya sekarang sudah sehat to pak..

      Hapus
  4. tos bun, aku juga kalau gak penting banget gak bakal dikasihkan antibiotiknya, bahkan gak aku tebus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. siip lah mbak...demi kebaikan anak juga kan...?

      Hapus
  5. Balasan
    1. oke deh aiinizza......makasih kunjungannya ya...

      Hapus
    2. iya bun, sama2 :)
      ditunggu lg crta2 slnjutnya ya bu di blognya...

      Hapus
  6. Hihihi kebanyakan antibiotik ntar malah kebal yah...
    Eh baru tau lho ada begituan, diuap uap gitu @_@

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya un, besok kalo una punya anak jangan terlalu sering minum antibiotik tuh, kecuali keadaan mendesak ya...( ups bukannya menggurui lho un...hehe...)
      Kata Zidane kalo lagi di uap gitu keren kayak di film ben ten...hehe...

      Hapus
  7. gapapa mba, saya dukung

    saya malah sering nebus resep tapi gak diminum. buat jaga2 aja oba-
    tny-a

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..kok sama ummi, di kulkas aja sampe numpuk banyak obat2 an yang udah di tebus tapi gak di minum tuh...

      Hapus
  8. Sama mbak. Sulung saya, Affiq sejak kecil sekali kalo sakit, dokter meresepkan antibiotik. Awalnya saya minumkan. Lama2 tdk, masak setiap sakit mesti minum antibiotik? Dia sering sekali radang tenggorokan, jadi tiap tahun adalah sakit beberapa kali, kadang2 tiap bulan atau tiap 2 bulan. Susahnya orgtua sy latar belakangnya medis. Bbrp kali saya beli antibiotik tp tdk sy minumkan, sy buang sedikit2 biar ayah sy sangka sy meminumkannya. Soalnya beliau bisa merasa dibantah jika sy menolak memberikan antibiotik (pernah ada kejadian serupa itu, beliau merasa disepelekan krn sy mencoba menjalankan pendapat sy).

    Sy hny mencoba meningkatkan dy tahan tubuhnya dgn suplemen/vitamin. Alhamdulillah hampir 7 thn ini ia tak perlu minum antibiotik (sekarang usianya 10,5 tahun).

    Teman sy di Australia pnh cerita, wk anaknya lahir di Indonesia sampai usia 2 thn setiap sakit dkasih antibiotik. Setibanya di Australia, dokter anak di sana tdk pernah memberikan antibiotik. Alhamdulillah anaknya gak kenapa2 tuh.

    Eh komen sy kepanjangan yah .. soalnya semangat kalo cerita ttg ini hehehe. Nice posting Mami Zidane ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, ternyata bukan dokter saya aja yang sering meresepkan antibiotik ya...dokter nya mbak niar gitu juga ya.

      saya juga berusaha menjaga daya tahan tubuh anak dengan rutin memberinya madu mbak.

      Hapus
  9. iya budhe kmrn affan jg dikasih antibiotik terus...tp daripada ga sembuh2 tek minumin..dech...adem jg ga panas lg,padahal sblmnya minum penurun panas ga turun2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar nggak gampang sakit coba affan rutin di kasih madu, tapi harus madu yang asli ya.

      Hapus
  10. Saleum,
    hehehe.... kali ini betul2 pasiennya gak bisa diatur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...untung dokternya nggak tau tuh bang...kalo sampe tau mungkin saya bakalan di marahi habis2an....hehe..

      Hapus
  11. salam kenal mami zidane ...
    saya juga berusaha menjaga tidak sering minum anti biotik ke anak2 maupun ke saya sendiri. kalo batuk pilek segera minum madu Alhamdulilah cepet sembuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mbak elok..memang madu sudah terbukti meningkatkan daya tahan tubuh ya...makasih kunjungannya ya..

      Hapus
  12. dengar-dengar keseringan diuap katanya juga tidak bagus lho mbak antibiotik apalagi, lantas yang bagus apa ya tentu menjaga kesehatan dengan ekstra hati-hati lebih dianjurkan apalagi dimusim penghujan seperti ini ya mbak bisa juga dengan pemberian suplemen berupa vitamin yang amam bagi anak barangkali ya mbak, maaf jika salah! salam di kunjungan perdana

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bagus tentu yang alami aja mas, misalkan obat2an herbal......makasih kunjungannya ya..

      Hapus
  13. Mungkin yang ada dalam pikiran dokter, segala macam sakit yang mengandung luka cara pencegahan agar tidak parah adalah dengan pemberian anti biotik. Apalagi kalau sering berganti2 dokter, selalu saja anti biotik terus yang di resepkan.
    Ada baiknya dokternya yang sudah familiar dengan kita dan sering kita kunjungi. Jadi dia punya riwayat pemberian obatnya.

    Salam hangat serta jabat erta selalu dari Tabanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu sebenarnya dokter langganan kami juga lho mas...riwayat pasien dan pemberian obat juga pasti ada sama dokter itu. tapi entahlah, kenapa begitu seringnya dokter meresepkan antibiotik
      Makasih kunjungannya ya...

      Hapus
  14. itu bukan sok tau mbak, memang sebagai pasien qta jg hrs jd pasien yg cerdas.. lebih baik lg ditanyakan ketika masih di ruang dokter, obat apa sj yg diresepkan, fungsinya apa dan seberapa perlu...

    mnrt aku klo cuma batpil nggak perlu pake antibiotik.. makan sayur dan buah aja dibanyakin kan tubuh berperang melawan virus, sedang antibiotik itu utk bakteri (gak nyambung kan)

    kalo aku pribadi, kalo vania batpil paling aku kasih madu dan propolis (propolis ini Antibiotik alami dr yg kubaca).. tp kalo gak biasa minum propolis, madu aja kali mbak...

    semoga sehat selalu ya Zidane.. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bu dokter thia malah jarang kasih obat kimia ke vania ya....hehe...memang lebih bagus kasih yang alami -alami aja ya mbak...semisal madu atau perbanyak sayur dan buah ya.....sayangnya dokter di sini kadang begitu mudahnya meresepkan antibiotik mbak....tapi serin2nya saya agak bandel, jadi antibiotik yang udah di beli kadang saya biarkan begitu aja dan nggak saya minum mbak.

      Hapus
  15. kasihan memang
    kalo anak anak kebanyakan antibiotik

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, takutnya malah tubuh anak jadi lebih rentan penyakit.

      Hapus
  16. Iya saya juga kenal sama 1 orang dokter yang herannya penyakit apa aja mesti dikasih antibiotik. Akhirnya saya tidak pernah ke situ lagi.

    BalasHapus