Selasa, 27 Desember 2011

Tips menjernihkan air akuarium

Punya akuarium di rumah?
Sering kesal karena air akuarium cepet sekali kotor dan keruh?

Akuarium yang airnya keruh pasti tampilannya jadi jelek deh, nggak enak diliat, pengennya langsung buru-buru dikuras tuh akuarium dan ganti airnya dengan yang baru...iya kan...?
 Tapi, meski udah sering di ganti, kok tetep aja ya air akuarium tuh nggak bisa bener-bener jernih ya...jadi harus gimanaaa doonk.....?


Penyebab akuarium keruh biasanya karena pemberian makanan  yang berlebihan. Sisa-sisa makanan ikan bercampur dengan kotoran ikan membuat kondisi air jadi tak jernih lagi. Bisa juga karena kualitas air dirumah kita emang nggak bagus.

Untuk menjaga air akuarium tetap jernih, ada triknya lho. Ambil beberapa bongkah arang dan masukkan ke dalam akuarium. Tunggu semalaman, arang akan menyerap semua polutan air, dan dipagi harinya kita akan dibuat tercengang melihat kondisi air yang jadi sangat jernih.....betul-betul jernih.....seperti magic.....!!!!!.....hehehehe

Setelah air jadi jernih, biarkan arang tetap berada di dalam akuarium. Jadi kita nggak perlu terlalu sering menguras akuarium deh.

Masih belum pada percaya.....??  Ah, belum nyoba sih......dicoba dulu to yo....dicoba...!!!!....harus.....!!!! (maksa mode on....hihi...). Tapi, ini kalo dirumah anda ada akuarium lho ya......hehe....kalo nggak ada.....???.......pinjem akuarium tetangga juga boleh.....(hahay....ngaco dot kom...)

70 komentar:

  1. tapi arangnya tak bisa tenggelam...terapung aja di atas permukaan air...

    BalasHapus
    Balasan
    1. agar bisa tenggelam, arang bisa di timbun dengan bebatuan yang ada di dasar kolam akuarium, kalo akuarium nya nggak ada batu2nya, arang bisa di selipkan di bawah pompa akuarium. begitu mas/mbak.

      Hapus
  2. berapa banyak arangnya yang di masukkan ke dalam aquarium

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2-3 bongkah arang sudah cukup, arang bisa berfungsi dengan baik sampe 1 bulan lamanya, setelah itu ganti lagi dengan arang yang baru.

      Hapus
    2. klo arangnya kita ancurin jdi kya tanah ditaruh di dasar akuarium bisa gk???

      Hapus
    3. Gak bisa mas,, dibuat bongkahan seperti batu

      Hapus
  3. kayanya di pasaran dah ada jual.cuman 10.000,-doang harganya bagus lagian pake kemasan kain warna item,praktis bro,....cuman ada masanya ya sekitar 6 bulanan lah atau lebih,karena karbon aktif lama lama jenuh gitu bro infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, ada ya...baru tahu saya...hehe

      Hapus
  4. itu arangnya di cuci dulu apa tidak ...??

    BalasHapus
  5. kang, ini arangnya arang batok apa arang kayu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arang kayu mas...but please don't call me *kang*.......saya kan perempuan...

      Hapus
  6. nanti arang nya di makan sama ikan gmn???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak mungkin donk ah..ikan kan nggak doyan arang

      Hapus
  7. nanti airnya jadi item gk?

    BalasHapus
  8. kemaren saya pakai arang tapi ikannya mati semua,,pada timbul,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. matinya bukan karena arangnya pak, arang itu karbon aktif yang justru bisa menyerap racun dan kotoran yang ada di air

      Hapus
  9. klo diisi arang airnya hitam gak ya? ikannya kan bisa mati?

    BalasHapus
    Balasan
    1. air tak akan berubah hitam, ikan juga nggak akan mati..

      Hapus
  10. Kalo buat ikan louhan gk apa" mba arang'y ?

    BalasHapus
  11. waaaaahhh..ide cemerlang ne..bleh dicoba...

    BalasHapus
  12. informasi yang sangat menarik dan mengagumkan yah utnuk itu salam kenal dari saya dan jangan lupa kunjungan baliknya
    Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

    BalasHapus
  13. lucu-lucu ya... but nice info

    BalasHapus
  14. Coba dulu ah, kalo ikannya pada mati tanggung jwb ya hehehe

    BalasHapus
  15. wah mantap mbak infonya, makasih uda bagi2 pengalamannya
    :D

    BalasHapus
  16. maksih mba,,,,nanti saya coba,

    BalasHapus
  17. kalau kolam minimalis bisa ga ya dan apakah butuh media lain seperti ijuk tks

    BalasHapus
  18. Makasih ya mba atas infonya..

    BalasHapus
  19. lebih bagus arang batok kelapa

    BalasHapus
  20. arang yang buat bakar jagung? ikan? ayam? bisa?

    BalasHapus
  21. Kalo ikan sya mati tanggung jwb yah

    BalasHapus
  22. Klw untuk aquascape gpp ya dikasih arang.apa ga ngaruh ke tanaman nya gak

    BalasHapus
  23. bu kan q pnya ikan koki nanti arang nya di makan g soalnya batu yg kecil jga mo di makan

    da q arang nya yang lmayan bubuk

    BalasHapus
  24. airnya jernih tp lama2 jd agak kehitaman padahal arangnya cuma 1.

    BalasHapus
  25. tak bahaya untuk ikan ke aranag tu...

    BalasHapus
  26. Bisa untuk kolam lele terpal gak bos.tapi untuk pembenihan brooo

    BalasHapus
  27. makasih mbak, bingung juga kok bisa mendadak keruh airnya

    BalasHapus
  28. thanx ya infonya non...kebetulan aku lg sering kesel sm aquariumku yg cepet keruh,

    BalasHapus
  29. Aku udah coba mbak, tpi kok airnya nggak brsih.
    Ap ad hubungannya sama kualitas lem wktu kita bkin aquarium nggak!!!!!

    BalasHapus
  30. aquarium punya.q pake air laut ..,
    kira kira bisa ega pke arang ???

    BalasHapus
  31. bagaimana kalau arang ny ter-apung

    itu ngak apa2 kan

    BalasHapus
  32. tak cobanya semalam,dari kemarin air keruh mungkin itu penyebab ikan pada mati

    BalasHapus
  33. tak cobanya semalam,dari kemarin air keruh mungkin itu penyebab ikan pada mati

    BalasHapus
  34. tak cobanya semalam,dari kemarin air keruh mungkin itu penyebab ikan pada mati

    BalasHapus
  35. tak cobanya semalam,dari kemarin air keruh mungkin itu penyebab ikan pada mati

    BalasHapus
  36. tak cobanya semalam,dari kemarin air keruh mungkin itu penyebab ikan pada mati

    BalasHapus
  37. tak cobanya semalam,dari kemarin air keruh mungkin itu penyebab ikan pada mati

    BalasHapus
  38. tak cobanya semalam,dari kemarin air keruh mungkin itu penyebab ikan pada mati

    BalasHapus
  39. tak cobanya semalam,dari kemarin air keruh mungkin itu penyebab ikan pada mati

    BalasHapus
  40. tak cobanya semalam,dari kemarin air keruh mungkin itu penyebab ikan pada mati

    BalasHapus
  41. tak cobanya semalam,dari kemarin air keruh mungkin itu penyebab ikan pada mati

    BalasHapus
  42. tak cobanya semalam,dari kemarin air keruh mungkin itu penyebab ikan pada mati

    BalasHapus
  43. tak cobanya semalam,dari kemarin air keruh mungkin itu penyebab ikan pada mati

    BalasHapus
  44. tak cobanya semalam,dari kemarin air keruh mungkin itu penyebab ikan pada mati

    BalasHapus
  45. tak cobanya semalam,dari kemarin air keruh mungkin itu penyebab ikan pada mati

    BalasHapus
  46. tak cobanya semalam,dari kemarin air keruh mungkin itu penyebab ikan pada mati

    BalasHapus
  47. tak cobanya semalam,dari kemarin air keruh mungkin itu penyebab ikan pada mati

    BalasHapus
  48. tak cobanya semalam,dari kemarin air keruh mungkin itu penyebab ikan pada mati

    BalasHapus
  49. Ok2 klo buat aquarium kura2 bisa kkan.

    BalasHapus
  50. Ok2 klo buat aquarium kura2 bisa kkan.

    BalasHapus
  51. Mau tanya,, saya punya arang bentuknya tipis tapi panjang, yg mw sy tny, cara meletakan arangnya didalam air itu apakah arangnya didirikan atau dibaringkan ? Mohon infony

    BalasHapus
  52. sekedar info..bro sis...jgn langsung masukkan arang yg baru dibeli..coz arang kan bisa jadi membakarnya pakai minyak tanah...jadi adakalanya masih berbau..pngalaman sya bgitu..jd lebih baik direndam dulu smalaman..biar bau minyaknya ilang..gitu..tnk u

    BalasHapus
  53. arang nya pake arang yang kayak buat bakar sate gitu kan? langsung dimasukin akuarium enggak papa kan? enggak usah di cuci dulu. makasih.

    BalasHapus

Teman-Temanku